Gubernur DKI: JIS Jadi Babak Baru Persepakbolaan Indonesia

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta International Stadium (JIS) diharapkan akan menjadi babak baru sepak bola di Indonesia.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Tagar/Pemprov DKI)

Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa kisah persepakbolaan belum selesai. Jakarta International Stadium (JIS) diharapkan akan menjadi babak baru bagi kegiatan sepak bola di Indonesia dan Jakarta.

Ia mengatakan JIS akan menjadi stadion terbesar di Indonesia. Dengan kapasitas penonton 82 ribu, nantinya stadion ini diharapkan menjadi kebanggaan masyarakat dan khususnya bagi para pemain sepakbola yang akan bertanding.

“Perlu kita sama-sama sadari bahwa perjalanan ini belum selesai, kisah persepakbolaan di Indonesia dan di Jakarta adalah kisah yang masih terus menerus kita tuliskan catatan sejarahnya,” ujar Anies dalam kegiatan webinar secara virtual, Rabu, 28 Juli 2021. 


Kami membayangkan pemain-pemain Indonesia bukan hanya bisa menjadi tuan rumah tapi kita berharap pemain-pemain Indonesia menjadi pemain profesional di negeri orang.


“Hadirnya Jakarta International Stadium ini mudah-mudahan menjadi babak baru bagi kegiatan persepakbolaan,” ucapnya. 

Sepakbola, kata Anies, bukan hanya sebagai olahraga, tetapi sebagai alat perjuangan dan sebagai pesan tentang nasionalisme, kesetaraan dan harapan bangsa Indonesia.

“Bahwa sepakbola bukan saja sebagai olahraga tapi juga waktu itu menjadi alat perjuangan, alat untuk mengirimkan pesan tentang nasionalisme, pesan tentang kesetaraan, pesan tentang harapan,” katanya. 

Selain itu, Anies berharap bukan hanya stadionnya yang bertaraf internasional, tetapi para pemain sepak bolanya juga yang prestasinya bisa internasional.

“Mudah-mudahan stadion ini nantinya akan memfasilitasi itu juga akan lebih jauh lagi nantinya bukan hanya stadionnya yang bertaraf internasional, tetapi juga kesebelasan yang bermain di stadion itu adalah kesebelasan yang prestasinya bisa internasional,” ucapnya. 

Anies juga berharap JIS bisa menjadi wadah yang menghasilkan pemain kelas internasional. Sehingga para pesepakbola Indonesia bisa berlaga di klub luar negeri.

“Kami membayangkan pemain-pemain Indonesia bukan hanya bisa menjadi tuan rumah, tapi kita berharap pemain-pemain Indonesia menjadi pemain profesional di negeri orang, itu akan membawa nama besar kita, dan harapannya stadion ini akan bisa memfasilitasi untuk itu semua," ujarnya. 

Berita terkait
Anies Diperiksa KPK Atas Kasus Pengadaan Tanah di Munjul
Ketua KPK mengatakan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan diperiksa dalam kasus korupsi pengadaan tanah di Munjul, Jakarta Timur.
Anies Baswedan: Kejaksaan RI Terus Menjaga Integritas
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan selamat Hari Bhakti Adhyaksa ke-61 diharapkan Kejaksaan erus menjaga integritas dan kredibilitas.
Anies: Kita Harus Rayakan Iduladha 2021 Penuh Keterbatasan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan bahwa di tahun 2021, masyarakat kembali merayakan Iduladha dalam masa pandemi dan keterbatasan.
0
Gubernur DKI: JIS Jadi Babak Baru Persepakbolaan Indonesia
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Jakarta International Stadium (JIS) diharapkan akan menjadi babak baru sepak bola di Indonesia.