Gubernur Aceh: Kafilah MTQ di Padang Harus Tampil Lebih Baik

Gubernur Aceh Nova Iriansyah meminta Kafilah MTQ di Padang harus tampil lebih baik dari MTQ sebelumnya di Medan.
Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengunjungi kafilah Aceh yang tampil pada Musabaqah Tilawatil Qur\'an (MTQ) Nasional ke XXVIII. (Foto: Tagar/Istimewa)

Padang - Gubernur Aceh Nova Iriansyah, mengunjungi kafilah Aceh yang tampil pada Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke XXVIII. Kepada kafilah Aceh itu Nova berpesan agar tampil sebaik mungkin, tetap menjaga kesehatan dan jalin silaturahmi dengan kafilah dari provinsi lain.

Pesan itu disampaikan Gubernur Aceh, saat berkunjung ke tempat kafilah Aceh di MTQ ke-28 di Padang, Sumatera Barat, Sabtu, 14 November 2020. Kedatangan Nova sekaligus untuk menghadiri acara pembukaan MTQ yang akan dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada malam itu, di Stadion Sumatera Barat, Padang Pariaman.

Target kita tidak ada, tapi kita harus tampil lebih baik dari MTQ sebelumnya di Medan.

"Hari ini saya mengunjungi kafilah Aceh untuk MTQ di Padang, dan saya telah berpesan kepada peserta, pertama jaga kesehatan, kedua tampil dengan sebaik-baiknya, dan ketiga jalin silaturahim dengan seluruh kafilah," kata Nova.

Namun, ia menambahkan yang paling utama silaturahim dilakukan terhadap kafilah Sumatera Barat. Karena, Aceh memiliki hubungan emosional yang kuat dengan Sumatera Barat, terutama terkait pendidikan dan keagamaan.

"Oleh karenanya, semangat kafilah Aceh untuk tampil di MTQ ke-28 ini luar biasa. Tentu saya berharap prestasinya juga sangat baik," kata Nova.

Nova juga mengucapkan terima kasih kepada panitia penyelenggara MTQ di Padang. Terima kasih juga disampaikan kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno karena sudah menempatkan kafilah Aceh di tempat yang sangat baik.

"Mudah-mudahan dengan akomodasi yang baik ini, kafilah Aceh akan tampil baik dan berprestasi. Target kita tidak ada, tapi kita harus tampil lebih baik dari MTQ sebelumnya di Medan," ujar Nova.

Sementara itu Kepala Dinas Syariat Islam (DSI) Aceh, EMK Alidar mengatakan, Aceh yang membawa peserta bersama officialnya sebanyak 118 orang, akan mulai tampil pada Minggu, 15 November 2020.

"Kita Hadir di Padang dengan komposisi lengkap. Sehingga kita bisa mengikuti seluruh cabang yang diperlombakan pada MTQ ini," katanya.

Namun, ia berharap para peserta dari Aceh yang akan tampil dalam kompetisi ini harus tetap menjaga kesehatan, serta menjaga diri. Sehingga fit pada saat tampil.

Baca juga: Pesan Menyejukkan Jokowi saat Membuka MTQ Nasional 2020

"Insya Allah kita berharap posisi Aceh lebih baik dari MTQ ke-27 di Medan. Dimana pada saat itu, kita berada di posisi tujuh. Kita berharap di Padang ini, meskipun suasana Covid-19 kita bisa meraih lebih baik, bisa masuk rangking enam hingga empat," ujarnya.

Baca juga: Peserta MTQ Nasional 2020 Naik Motor dari Sulteng ke Padang

Adapun, MTQ ke-28 ini, diikuti 1.476 peserta dari 32 provinsi di Indonesia. MTQ nasional ini, sudah berlangsung sejak Kamis 12 November dan berakhir hingga Sabtu 21 November 2020 di Kota Padang dan Kabupaten Padang Pariaman. []

Berita terkait
Peserta MTQ Nasional 2020 Naik Motor dari Sulteng ke Padang
Seorang peserta MTQ dari Kalimanta Tengah menaiki sepeda motor menuju Kota Padang, Sumatera Barat.
5 Ribu Paket Rendang untuk Peserta MTQ Nasional 2020
Panitia MTQ Nasional 2020 menyiapkan rendang sebagai buah tangan untuk para kafilah.
Curhat Pengusaha Bus Sumbar yang Tak Terlibat MTQ Nasional
Pengusaha bus pariwisata di Sumatera Barat mengeluh karena tidak dilibatkan dalam perhelatan MTQ Nasional 2020.
0
KPAI Buka Suara soal Polemik Sinetron Suara Hati Istri
KPAI buka suara terkait polemik sinetron berjudul Suara Hati Istri yang dianggap bertentangan dengan upaya pemerintah mencegah pernikahan dini.