Gempa Magnitudo 5,2 Guncang Aceh, BMKG Beri Penjelasan

Gempa tektonik yang berkekuatan 5,2 magnitudo menguncang wilayah Aceh. Tidak berpotensi terjadinya tsunami.
Penampakan gempa tektonik yang berkekuatan 5,2 magnitudo menguncang wilayah Aceh. (Foto: Tagar/Dok BMKG)

Aceh Barat – Gempa tektonik yang berkekuatan 5,2 magnitudo menguncang wilayah Aceh. Gempa bumi tersebut terjadi pada pukul 11.59 WIB, tidak berpotensi terjadinya tsunami dan masyarakat dimbau untuk tetap tenang serta waspada.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono melalui siaran pers mengatakan, pusat gempa itu berada di koordinat 4,02 LU dan 95,89 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 30 km arah Barat Daya Kota Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh.

“Kedalaman gempa ini mencapai 54 kilometer dan tidak berpotensi terjadi tsunami. Apabila dilihat dari kedalaman hiposenternya, maka gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi,” ujar Rahmat, Kamis, 15 Oktober 2020.

Rahmat menambahkan, hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa, gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan naik atau disebut dengan Thrust Fault, dengan kedalaman 54 kilometer.

Gempa bumi itu juga dirasakan sampai ke wilayah Nagan Raya, Aceh Jaya, Banda Aceh, Aceh Selatan dan Aceh Barat Daya, secara umum dirasakan oleh warga yang berada di dalam rumah.

“Pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah dan benda-benda yang digantung juga ikut bergoyang, hingga sampai saat sekarang ini, kami belum ada menerima laporan tentang kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa itu,” tutur Rahmat.

Baca juga: 

Tambahnya, berdasarkan hasil monitoring yang dilakukan oleh pihaknya hingga sampai pukul 12.30 WIB, maka belum ada menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan atau disebut dengan aftershock.

“Kami imbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa,” kata Rahmat. []

Berita terkait
Selama Corona, 31.618 Pasangan Menikah di Aceh
Kemenag Aceh mencatat sejak Januari-September 2020 sebanyak 31.618 pasangan telah melangsungkan pernikahan di Aceh.
Viral Emak-emak Marahi Polisi saat Razia Masker di Aceh
Video seorang wanita tengah memarahi aparat kepolisian dan Satpol PP saat melakukan razia masker viral di media sosial.
Kronologi Penangkapan 2 Pelaku Penculikan di Pidie, Aceh
Dua pelaku penculikan dan penganiayaan kembali ditangkap di Pidie, Aceh.
0
Deklarasi Partai Prima, Tawarkan Sejumlah Program Kerja
Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) menawarkan sejumlah program kerja reformasi saat resmi dideklarasikan menjadi partai baru Selasa, 1 Mei 2021.