UNTUK INDONESIA
Gejala Cabin Fever yang Kerap Terjadi Selama Corona
Di tengah pandemi virus Corona, masyarakat harus waspada terhadap cabin fever yang kerap terjadi akibat terlalu lama berada di dalam rumah.
Ilustrasi cabin fever akibat terlalu lama berdiam diri di rumah. (Foto: Pixabay/Free-Photos)

Jakarta - Di tengah pandemi virus Corona atau Covid-19, masyarakat kerap mengalami cabin fever akibat terlalu lama berada di dalam rumah. Cabin fever merupakan emosi atau perasaan sedih yang muncul disebabkan karena terlalu lama terisolasi di dalam rumah atau tempat tertentu, bahkan merasa terputus dari dunia luar.

Sebaiknya, masyarakat harus lebih berhati-hati dengan cabin fever selama masa pandemi virus Corona. Sebab, tak sedikit orang yang harus tinggal di rumah sampai waktu yang belum ditentukan untuk meminimalisir risiko penyebaran Covid-19.

Gejala Cabin Fever

Para ahli mengimbau kepada semua masyarakat untuk lebih waspada terhadap cabin fever terutama selama menghadapi wabah virus Corona. Ini karena jika tidak ditangani dengan tepat, gejala cabin fever bisa sulit dikontrol.

Gejala dari cabin fever lebih serius dibanding dengan rasa bosan hingga jenuh. Gejala tersebut bisa menimbulkan kekhawatiran bagi mereka yang mengalaminya dan ini sangat mengganggu kehidupan sehari-hari. 

Berikut sejumlah gejala cabin fever yang harus diketahui dan diwaspadai selama pandemi Covid-19.

  • Kegelisahan
  • Mudah tersinggung
  • Mudah putus asa
  • Turunnya motivasi
  • Sulit berkonsentrasi
  • Pola tidur tidak teratur
  • Sulit bangun tidur
  • Lemah dan lesu
  • Tidak sabaran
  • Sulit percaya pada orang sekitar
  • Merasa sedih dan depresi dalam jangka waktu lama

Sejumlah orang yang menemukan pengalihan atau distraksi tepat di dalam rumah, mungkin mampu menghindari gejala cabin fever tersebut. Namun, sebagian orang tetap akan merasa sulit menjalani hidup di rumah selama gejala cabin fever masih mengintai.

Tips Cegah Cabin Fever Selama Pandemi Corona

Pergi ke luar rumah merupakan cara ampuh untuk mencegah cabin fever. Namun, mengingat virus corona masih mewabah, beranjak dari rumah bukanlah pilihan yang tepat.

Berikut beberapa pilihan yang bisa dicoba untuk mencegah cabin fever di rumah.

1. Membawa Dunia Luar ke Dalam Rumah

Meski belum bisa bepergian ke luar rumah, tetapi ada ada beberapa cara untuk mencegah dan mengatasi cabin fever. Anda bisa mencoba bawa dunia luar ke dalam rumah, seperti:

  • Membuka jendela untuk menghirup udara luar
  • Menanam bunga yang bisa membawa aroma harum dunia luar ke dalam rumah
  • Memberi makan hewan di luar rumah seperti kucing, burung, atau anjing liar yang suka datang ke halaman rumah
  • Bercocok tanam di dalam rumah

Cara sederhana di atas bisa dicoba agar cabin fever bisa segera ditangani. Dengan cara tersebut, Anda bisa mengobati perasaan kangen dunia luar lantaran terhalang pandemi virus Corona yang belum usai.

2. Buat Rutinitas

atau bekerja dari rumah bukanlah alasan untuk jadi bermalas-malasan. Sebaiknya, cobalah buat rutinitas yang bisa menjaga jadwal sehari-hari.Work from home atau bekerja dari rumah bukanlah alasan untuk jadi bermalas-malasan. Sebaiknya, cobalah buat rutinitas yang bisa menjaga jadwal sehari-hari.

Misalnya, tetap bangun atau mandi saat pagi hari agar tubuh dan pikiran tetap terjaga. Kemudian, bekerjalah di depan laptop seperti sedang berada di kantor, namun tetap jangan melewatkan jam istirahat.

3. Menjaga Komunikasi

Badan Kesehatan Dunia (WHO) mengingatkan pentingnya komunikasi di tengah pandemi virus Corona. Tersedianya internet dan teknologi, Anda masih bisa berkomunikasi dan bertatap muka dengan keluarga, sahabat, hingga kekasih. 

Jangan remehkan hal ini, sebab menjaga silaturahmi di tengah kecemasan seperti sekarang ini bisa terhindar dari rasa kesepian. Dengan berbicara atau berkomunikasi dengan teman hingga keluarga dianggap sebagai cara ampuh untuk mencari solusi dari segala masalah yang dihadapi.

4. Ekspresikan Sisi Kreatif

Cobalah ekspresikan atau tuangkan sisi kreatif yang Anda punya, seperti membuat lagu, melukis, atau hanya memasak resep terbaru yang selama ini diinginkan. Dengan menjaga otak agar tetap kreatif, membuat Anda mampu melawan rasa bosan dan kegelisahan akibat cabin fever yang mungkin dialami selama berdiam diri di rumah.

5. Berolahraga

Berolahraga memang salah satu cara yang ampuh untuk mencegah cabin fever. Sebab, olahraga bisa membantu tubuh melepas hormon endorfin yang mampu meningkatkan suasana hati.

Mencegah cabin fever, Anda masih bisa melakukan berbagai jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah selama masa pandemi Covid-19 seperti push up, plank, dan squat jump.

Hingga kini, para peneliti di seluruh dunia belum mengetahui kapan berakhirnya pandemi virus Corona. Namun yang terpenting sekarang ini, Anda harus tetap bersemangat dan optimis dalam menghadapi virus tersebut dan pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan, serta sebisa mungkin beraktivitas dari rumah. []

Baca Juga:

Berita terkait
Seberapa Ampuh Hand Sanitizer Membasmi Virus Corona?
Hand sanitizer kerap digunakan sebagai alternatif untuk menjaga kebersihan tangan, lantas apakah cairan ini ampuh basmi Corona? Ini penjelasannya.
Pasien Kanker Berisiko Besar Terinfeksi Covid-19?
Covid-19 disebut mudah menyerang orang yang memiliki imun yang lemah, lantas bagaimana dengan penderita kanker? Berikut penjelasannya.
Peneliti: Masker Ampuh Cegah Corona Hingga 40 Persen
Penggunaan masker ampuh mengurangi tingkat penyebaran virus Corona hingga 40 persen. Inilah sebabnya pemerintah mengimbau masyarakat pakai masker.
0
Gejala Cabin Fever yang Kerap Terjadi Selama Corona
Di tengah pandemi virus Corona, masyarakat harus waspada terhadap cabin fever yang kerap terjadi akibat terlalu lama berada di dalam rumah.