Gantikan Doni Monardo, Ganip Warsito Resmi Dilantik Presiden

Presiden Joko Widodo resmi melantik Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menggantikan Doni Monardo.
Presiden Joko Widodo lantik Ganip Warsito sebagai kepala BNPB. (Foto: Tagar/BPMI/Sekretaris Presiden)

Jakarta - Presiden Joko Widodo resmi melantik Letjen TNI Ganip Warsito sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Selasa, 25 Mei 2021, menggantikan Doni Monardo.

Pelantikan tersebut digelar di Istana Negara, Jakarta, selepas pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah.

Pelantikan Kepala BNPB ini digelar berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 79/P Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

Ganip Warsito akan menggantikan Kepala BNPB sebelumnya, Doni Monardo, yang akan memasuki masa pensiun dari dinas TNI pada 1 Juni 2021 mendatang.

“Saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab,” ucap Ganip.


Dalam menjalankan tugas saya akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dengan penuh rasa tanggung jawab.


Acara pelantikan tersebut kemudian diakhiri dengan pemberian ucapan selamat oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin diikuti tamu undangan lainnya.

Hadir secara terbatas dalam pelantikan tersebut antara lain Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Ganip Warsito lahir di Magelang, Jawa Tengah pada 23 November 1963, dia merupakan lulusan akademi militer angkatan 1986.

Dia mulai menyandang bintang di bahu saat ditunjuk sebagai Dirlat Kodiklat TNI AD. Ganip menjabat Pangdam XIII/Merdeka pada 2016. Dua tahun kemudian, ia dipercaya sebagai Asisten Operasi Panglima TNI.

Sebelumnya, dia juga pernah menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III yang meliputi wilayah Kepulauan Maluku serta Papua periode 2019-2021 lalu. Sebelum diangkat menjadi Kepala BNPB, Ganip menjabat sebagai Kepala Staf Umum TNI sejak Januari 2021.

Dalam beberapa kali kesempatan dia terlibat dalam penanganan pandemi Covid-19 di Tanah Air, seperti yang terjadi pada Kamis, 11 Februari 2021.

Dia turut serta melepas tenaga kesehatan Polri yang bertindak sebagai vaksinator dan tracer, kegiatan itu juga dihadiri Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. [] 

Berita terkait
Banjir Bandang di Flores, BNPB: Sementara Ada 23 Orang Tewas
BNPB melaporkan banjir bandang di FLores yang terjadi sejak Minggu dini hari, 4 April 2021, telah memakan 23 orang meninggal dunia.
BNPB Rilis Ratusan Warga Desa Ngetos Mengungsi Usia Longsor
Balai Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) merilis sejumlah ratusan warga Desa NGetos mengungsi usai diterjang bencana tanah longsor.
BNPB: Banjir Bandang NTT dan NTB Telan 119 Korban Jiwa
BNPB mencatat banjir bandang dan longsor yang terjadi di NTT dan NTB hingga saat ini telah memakan korban jiwa sebanyak 119 orang.
0
DPR RI: Indonesia Tak Dapat Kuota Haji 2021
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan Indonesia tidak mendapat kuota haji 2021 dari Pemerintah Arab Saudi.