Gempa Malang, BNPB Catat 1.189 Rumah Rusak

Update BNPB soal musibah gempa di Malang, 8 orang meninggal dunia, Total rumah rusak dengan kategori berbeda berjumlah 1.189 unit.
Rumah warga Jember ambruk akibat gempa Malang. (Foto: Tagar/Yakub Mulyono)

Jakarta - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan update terkini soal musibah gempa yang terjadi di Malang. Berdasarkan catatab BNPB, total delapan orang meninggal dunia akibat gempa magnitudo 6,1 yang sampai terasa di beberapa wilayah Jawa Timur Kemarin, Sabtu, 10 April 2021.

Lima orang korban tewas berada di Kabupaten Lumajang sementara tiga orang di Kabupaten Malang. Selain korban meninggal, tercatat korban luka ringan 36, luka sedang hingga berat tiga orang.

Dampak kerusakan di sektor permukiman, tercatat di 15 kabupaten dan kota di wilayah Jawa Timur. Total rumah rusak dengan kategori berbeda berjumlah 1.189 unit, dengan rincian rusak berat (RB) 85 unit, rusak sedang (RS) 250 dan rusak ringan (RR) 854.

Kerusakan juga dialami fasilitas umum (fasum) dengan total kerusakan sejumlah 150 unit. Dilihat dari peta guncangan dengan skala MMI, Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar mengalami intensitas guncangan pada IV MMI.

BPBD Kabupaten Malang melaporkan, rumah RR 525 unit, RS 114, RB 57. Sedangkan kerusakan pada fasilitas pendidikan 14 unit, delapan fasilitas kesehatan, 26 tempat ibadah 26 dan enam jembatan.

Lerusakan lain, juga dilaporkan oleh beberapa BPBD di Provinsi Jawa Timur. Seperti wilayah Kabupaten Lumajang, Pasuruan, Trenggalek, Probolinggo, Ponorogo, Jember, Tulungagung, Nganjuk, Pacitan, sedangkan wilayah kota yaitu Blitar, Kediri, Malang dan Batu.

BPBD juga melaporkan adanya gempa susulan, pasca Gempa M 6,1 tersebut. Tercatat, delapan gempa susulan, terjadi dengan magnitudo berbeda. Kepala BNPB Doni Monardo, berangkat  ke Malang pada hari ini, Minggu, 11 April 2021. Ia diagendakan melihat dampak kerusakan dan berkoordinasi dengan kepala daerah di wilayah terdampak. []

Berita terkait
BNPB: Banjir Bandang NTT dan NTB Telan 119 Korban Jiwa
BNPB mencatat banjir bandang dan longsor yang terjadi di NTT dan NTB hingga saat ini telah memakan korban jiwa sebanyak 119 orang.
Banjir Bandang di Flores, BNPB: Sementara Ada 23 Orang Tewas
BNPB melaporkan banjir bandang di FLores yang terjadi sejak Minggu dini hari, 4 April 2021, telah memakan 23 orang meninggal dunia.
Gempa Mamuju, BNPB Tambah Masa Tanggap Darurat Dua Pekan
Pasca gempa yang mengguncang di Kabupaten Mamuju dan Majene, Provinsi Sulawesi Barat, BNPB tetapkan masa tanggap darurat ditambah selama dua pekan.
0
Sejumlah Aturan Baru PPDB 2021 untuk SD Hingga SMK
Kemendikbudristek menetapkan delapan aturan baru dalam PPDB 2021 mulai dari perubahan batas usia hingga daya tampung sekolah pada zonasi peserta.