UNTUK INDONESIA
Lima Makanan Khas Thailand yang Mencuri Perhatian
Thailand tidak sekedar memberikan wisata alam yang indah. Negeri gajah putih ini juga memiliki beberapa makanan khas yang mengugah selera.
Lima Makanan Khas Thailand yang Mencuri Perhatian. (Foto: zliving)

Jakarta - Thailand tidak hanya memiliki wisata alam yang indah. Negeri gajah putih ini juga memiliki beberapa makanan khas yang wajib dicicipi saat traveling ke sana.

Berikut Tagar rangkumkan dari berbagai sumber lima makanan khas Thailand yang bakal menggoyang lidah.

1. Kalamae

KalamaeLima Makanan Khas Thailand yang Mencuri Perhatian. (Foto: phantiptravel)

Kalamae salah satu kudapan khas Thailand dengan rasa yang manis dengan tekstur yang lengket. Terbuat dari ketan yang dihaluskan atau tepung ketan, gula palem atau gula pasir, dan santan. 

Biasanya ada dua varian Kalamae, yakni Kalamae berwarna coklat yang menggunakan gula palem dan Kalamae berwarna hijau yang menggunakan gula putih, diberi perwarna hijau dari daun pandan. 

2. Phad Thai

Phad ThaiLima Makanan Khas Thailand yang Mencuri Perhatian. (Foto: schoolofwok)

Makanan ini pertama kali dikenal di Thailand pada masa kerajaan Ayutthaya. Phad Thai diyakini berasal dari Cina atau dari Vietnam

Phad Thai terdiri dari mie yang terbuat dari beras, telur, tahu, asam jawa, saus ikan, bawang putih, cabai, gula palem, dan kacang kedelai. 

Sebagai tambahan bisa juga dimasukkan potongan ayam, udang ataupun kepiting. Di Thailand, makanan ini bisa ditemukan di restoran hingga warung kaki lima.

3. Khao Phad

Khao Phad  ‚ÄčLima Makanan Khas Thailand yang Mencuri Perhatian. (Foto: asianinspirations)

Khao Phad adalah nama yang diberikan orang Thailand untuk nasi goreng. Nasi goreng khas Thailand ini menggunakan bahan-bahan yang terdiri dari nasi, telur, bawang putih, saus tiram, saus kecap, garam dan gula. 

Nasi goreng Thailand ini disajikan dengan beberapa variasi, seperti ditambahkan dengan potongan ayam, potongan daging babi, kepiting ataupun udang. 

Khao phad biasanya tidak berasa pedas sehingga disukai para wisatawan yang tidak terbiasa dengan menu-menu makanan Thailand yang pedas.

4. Mango Sticky Rice

Mango Sticky RiceLima Makanan Khas Thailand yang Mencuri Perhatian. (Foto: zliving)

Mango Sticky Rice tergolong sebagai kombinasi makanan yang unik, terdiri dari ketan, santan dan potongan mangga kuning yang manis. 

Ketan direndam dalam air terlebih dahulu, baru kemudian dikukus sampai matang. Sedangkan santan kelapa dipanaskan tetapi tidak sampai mendidih dan ditambahkan dengan gula dan garam. 

Dalam penyajiannya, sekepal ketan diletakkan di atas piring dan kemudian di atasnya ditambahkan potongan mangga kuning. Selanjutnya santan kelapa disiramkan di permukaannya.  

5.  Gaeng Daeng

Gaeng DaengLima Makanan Khas Thailand yang Mencuri Perhatian. (Foto: in-culinary.blogspot)

Gaeng Daeng atau kari ayam merah memiliki aroma wangi rempah yang menggugah selera. Makanan ini memadukan rasa gurih dari santan kelapa, manisnya gula palem dan rasa asin dari saus ikan

Kari merah ini tak hanya berisi potongan ayam saja tetapi di dalamnya ada pula potongan nanas dan potongan bambu muda. Biasanya disajikan hangat-hangat bersama dengan nasi. []

Berita terkait
Makanan Khas Kendari, Kota Kelahiran Idham Azis
Kota kelahiran Kapolri Jenderal Idham Azis di Kendari, Sulawesi Tenggara memiliki banyak pesona yang menarik, terutama makanan khasnya.
Mengenal Kelezatan Lima Makanan Khas Toraja
Indonesia memang memiliki segudang kuliner khas di setiap daerahnya, tak terkecuali dengan Toraja, Provinsi Sulawesi Selatan, apa sajakah itu?
Enam Makanan Khas Kota Kelahiran Mahfud MD Madura
Kota kelahiran Menteri Menkopolhukam Mahfud MD di Madura memiliki banyak kuliner khas yang wajib dicicipi, apa sajakah jenis makanannya?
0
Rusia Bangun Pangkalan Helikopter di Suriah
Rusia mulai membuat sebuah pangkalan helikopter di bandara sipil di Kota Qamishli di Suriah timur laut.