4 Tips Memotret Pemandangan Alam Menggunakan Kamera DSLR

Untuk mengambil foto pemandangan, banyak media yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah menggunakan kamera DSLR.
Foto: Pemandangan Alam (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Memotret pemandangan merupakan salah satu objek yang paling menarik untuk diambil gambarnya. Maka dari itu banyak masyarakat yang ingin mengetahui cara memotret pemandangan dengan indah. 

Untuk mengambil foto pemandangan, banyak media yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah menggunakan kamera DSLR.

Jika menggunakan kamera DSLR, anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Dikarenakan kamera DSLR memiliki fitur yang lengkap sehingga dapat menghasilkan foto yang cantik.

Dengan mempelajari cara memotret pemandangan maka Anda bisa menghasilkan foto pemandangan yang bagus. banyak jenis foto pemandangan yang ada, diantaranya adalah foto pemandangan pantai, gunung, laut, hutan, dan lain-lain.

Berikut adalah tips memotret pemandangan alam.

1. Gunakan Slow Speed!

Dengan menggunakan slow speed, kita dapat mencapai depth of field atau ruang fokus yang lebih besar, sehingga foto kita akan lebih tajam. Selain itu, kita juga bisa mencapai banyak efek2 yang bisa menambah estetika dari gambar tersebut. 

Contoh di bawah ini menggunakan long exposure, agar air dari sungai tersebut menjadi seperti cermin. Air yang sebenarnya agak sedikit berarus menjadi tenang, dan menambah kesan minimalis dari gambar ini. Awan yang ada di background terlihat agak blur karena pergerakannya, dan ini juga membuat foto ini menjadi lebih unik.

2. Jadwalkan foto pada saat sunset

Saya sangat beruntung, karena selalu tinggal di daerah yang menghadap barat. Tempat kelahiran saya, Makassar, langitnya selalu dihiasi oleh sunset yang luar biasa setiap sore. Dan ketika saya di Australia, saya ditempatkan di Perth, Australia Barat. 

Di situ juga saya selalu mendapatkan pemandangan indah dengan tambahan sunset yang begitu menakjubkan menjelang petang. Jika anda berada di posisi timur, maka anda harus bangun pagi untuk mendapatkan efek yang hampir serupa.

Sunset atau matahari terbenam mempunyai konotasi yang dalam dan romantis. Jika anda menambahkannya ke dalam foto pemandangan anda, maka pasti foto anda akan jauh berkesan di mata orang lain. 

Dan juga, beberapa saat sebelum dan sesudah sunset, matahari akan membiasi pemandangan anda dengan cahaya kuningnya yang hangat sehingga anda pasti akan menciptakan sebuah foto yang penuh dengan warna dan nuansa yang menarik. Cahaya matahari juga lebih soft/lembut pada saat “Golden Hour” ini, dan akan mempermudah mendapatkan exposure yang tepat di keseluruhan pemandangan tersebut.

3. Gunakan air sebagai refleksi

Jika anda mengambil gambar pada sebuah lokasi yang mengandung elemen air, seperti sungai ataupun laut, maka carilah angle/sudut di mana anda bisa menggunakannya sebagai cermin. 

Refleksi dari air dapat menambah keindahan pemandangan anda. Teknik ini juga membantu anda mendapatkan sebuah foto yang simetris, dan enak untuk dilihat.

4. Gantilah sudut pandang anda

Seringkali kita terpaku hanya dari satu sudut pandang saja, ketika berada di lokasi pemotretan. Mungkin kita memutuskan untuk memasang tripod kita di suatu tempat hanya karena itu dekat dengan objek yang dibidik, ataupun karena semua orang memotret dari situ. 

Cobalah untuk bereksperimen, dan explore sudut pandang yang lain. Cobalah untuk berjalan beberapa ratus meter dari lokasi pemotretan, dan cobalah dari beragam sudut pemgambilan, sebelum anda meng-setup tripod anda.

Itulah 4 tips memotret pemandangan dengan menggunakan kamera DSLR, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang baru menekuni dunia fotografi.[]

(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Unggah Foto Liburan di Sydney, Syahrini Malah Ramai Dihujat
Belum lama ini Syahrini mengunggah foto liburan di Sydney dengan sang suami, Reino Barack. Unggahn tersebut lantas mendapat hujatan dari netizen.
Momen Foto Coki Pardede Saat Ditangkap Karena Sabu
Coki Pardede ditangkap aparat kepolisian terkait kasus penyalahgunaan narkoba jenis sabu, tadi malam di kediamannya, Tangerang Selatan.
Heboh! Foto Amanda Manopo dan Arya Saloka saat Pemotretan
Amanda dan Arya tampil amat mesra dengan chemistry yang kuat di antara keduanya. Amanda terlihat memeluk mesra Arya dengan gaun seksinya.
0
4 Tips Memotret Pemandangan Alam Menggunakan Kamera DSLR
Untuk mengambil foto pemandangan, banyak media yang bisa Anda gunakan salah satunya adalah menggunakan kamera DSLR.