UNTUK INDONESIA
Spek dan Harga Kamera DSLR Canon EOS 1D X Mark III
Perusahaan Jepang yang memproduksi produk gambar dan optik, Canon Inc, resmi meluncurkan seri flagship kamera DSLR EOS 1D X Mark III.
Canon Luncurkan Kamera Seri 1D Mark III. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Jakarta - Perusahaan Jepang yang memproduksi produk gambar dan optik, Canon Inc, resmi meluncurkan seri flagship kamera DSLR EOS 1D X Mark III di Indonesia pada Jumat, 21 Februari 2020. Penjualan dan pendistribusian akan dilakukan melalui PT Datascrip, selaku distributor tunggal produk pencitraan digital Canon di Indonesia.

Assistant Director Canon Marketing Division PT Datascrip Sintra Wong, mengatakan bahwa kamera itu sangat cocok digunakan untuk memotret aksi cepat seperti olahraga, satwa liar, jurnalistik serta fotografi ekstrem yang membutuhkan perangkat tangguh.

"Canon EOS 1D X Mark III merupakan jawaban bagi fotografer profesional yang menginginkan kamera dengan kualitas gambar. kecepatan dan daya tahan di atas rata-rata," kata Sintra di Jakarta, seperti diberitakan Antara, Jumat, 21 Februari 2020.

Kamera Canon Seri 1D Mark IIICanon EOS 1D X Mark III dijual dengan harga Rp 110 juta. (Foto: Antara/Muhammad Adimaja)

Canon EOS 1D X Mark III merupakan kamera full-frame Canon pertama yang hadir dengan fitur perekam video 5.5K RAW internal. Selain itu, perangkat ini juga dibekali berbagai teknologi prosesor gambar DIGIC X dan sensor CMOS full-frame 20,1 megapixel.

Seri Mark III ini merupakan produk penyempurnaan dari seri sebelumnya Mark II yang mengalami serangkaian perbaikan. Prosesor DIGIC 6+ yang terdapat pada EOS 1D X Mark II akan mengalami peningkatan performa di seri Mark III dengan teknologi DIGIC X.

Proses DIGIC X yang terdapat di EOS 1D X Mark III memungkinkan pengguna untuk memotret objek dengan kecepatan tinggi dengan kualitas gambar yang tetap tinggi. Kamera ini juga dapat mengambil gambar secara continuous dengan kecepatan 16 fps pada mode pemotretan viewfinder dan 20 fps pada mode Live View dengan mode RAW, RAW+, JPEG serta AF/AE tracking.

Kamera ini menggabungkan kombinasi AI Servo AF IV yang dapat meningkatkan sensor AF 40 kali lebih cepat. AF tersebut mampu memberikan kecepatan dan akurasi yang signifikan, sehingga saat membidik subjek yang bergerak cepat, kamera akan tetap fokus.

"Fotografer dapat memanfaatkan fitur Eye Detection AF untuk menjaga fokus pada mata subjek. Kemudian fotografer juga bisa mendapatkan fokus yang sangat akurat hingga 3.869 titik AF pada mode Live View," kata Sintra.

Canon EOS 1D X Mark III juga dapat merekam video dengan resolusi 4K 60p tanpa cropping sekaligus mendukung standar perekaman 4K UHD (3840x2160) dengan rasio 16:9 yang dapat digunakan pada industri penyiaran.

Kamera ini juga dapat digunakan untuk produksi film internasional karena sudah mendukung standar 4K DCI (4096x2160) dengan rasio 17:9. Selain itu juga terdapat teknologi Canon Log yang sudah mendukung codec H.265 HEVC untuk mendapatkan rentang gradasi yang lebih luas dan memiliki warna cerah, namun tetap menjaga ukuran fail yang kecil. Kinerja teknologi ini telah terbukti pada EOS Cinema.

Canon EOS 1D X Mark III memiliki berat bodi 1.530 gram, lebih ringan dibanding seri sebelumnya. PT Datascrip akan menjual kamera ini dengan harga Rp 110 juta, hanya bodinya saja. []

Berita terkait
Spesifikasi Realme X50 5G yang Punya Enam Kamera
Realme X50 5G memiliki enam kamera, dua di depan dan empat di belakang serta menggunakan Snapdragon 765G.
Harga Xiaomi Mi Note 10 Pro Berkamera 108MP
Xiaomi Mi Note 10 Pro adalah ponsel pintar berkamera 108MP pertama di dunia.
Lima Perbedaan Kamera DSLR dan Mirrorless
Kini kamera DSLR semakin digeser oleh kehadiran kamera mirrorless. Berikut, lima perbedaan utama DSLR dengan kamera mirrorless.
0
Pasien Suspek Corona asal Sibolga Meninggal di Medan
Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 asal Kota Sibolga meninggal dunia di Rumah Sakit Martha Friska Medan.