Fakta Santan Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Bahaya santan untuk kesehatan antara lain meningkatkan LDL atau kolesterol jahat dalam darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.
Santan (Foto: Tagar/Freepik)

Jakarta - Bahaya santan untuk kesehatan antara lain meningkatkan LDL atau kolesterol jahat dalam darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke, memicu kenaikan berat badan, alergi, dan masalah pencernaan.

Namun, sebanyak apapun makanan bersantan yang disajikan, kamu tetap harus waspada. Sebab, ada beragam gangguan kesehatan yang mungkin kamu alami akibat konsumsi santan berlebih. Yuk, simak lima di antaranya berikut ini.

Tekanan Darah Tinggi

Masalah pertama yang akan muncul adalah tekanan darah tinggi (hipertensi). Hal ini disebabkan karena jumlah santan yang berlebih bisa memicu peningkatan kadar trigliserida, yaitu salah satu jenis lemak yang berguna sebagai cadangan energi tubuh. Kondisi ini akan berdampak pada penyumbatan arteri serta pembuluh darah.


Gangguan Jantung

Bahaya lainnya adalah peningkatan risiko gangguan jantung. Ini terjadi karena santan dimasak dalam suhu tinggi dan berulang, sehingga memicu penumpukan lemak jahat dalam santan. Kondisi inilah yang bisa memicu terjadinya gangguan pada jantung.


Asam Lambung Meningkat

Berbuka dengan makanan bersantan bisa meningkatkan asam lambung, terutama jika kamu mengonsumsinya saat perut dalam keadaan kosong. Dampaknya, cairan ini bisa menyulitkan lambung untuk mencerna makanan lain, sehingga rasa nyeri di lambung pun tak terhindarkan.


Kolesterol Meningkat

Kondisi ini terjadi akibat adanya penumpukan lemak jenuh dalam tubuh. Maka dari itu, kamu tidak disarankan untuk mengonsumsi makanan bersantan dalam jumlah banyak, serta memanaskan makanan bersantan secara berulang-ulang.


Berat badan yang bertambah

Semakin kental santan, semakin tinggi pula kandungan lemak dan kalori yang terdapat di dalamnya. Dalam segelas santan saja saja, terkandung lebih dari 550 kalori.

Sementara hidangan bersantan biasanya menggunakan lebih dari secangkir santan. Bayangkan saja apa yang terjadi bila Anda terlalu banyak mengonsumsi makanan bersantan tersebut, dengan kombinasi karbohidrat tinggi dari ketupat atau nasi putih, hal ini tentu bisa memicu lonjakan di angka timbangan Anda.

Bila terus meningkat tanpa terkendali, berat badan berlebih kemudian bisa memicu beragam gangguan kesehatan. Misalnya, kolesterol tinggi, serangan jantung, maupun diabetes tipe 2.

Itulah fakta bahwa mengkonsumsi santan berlebih dapat menimbulkan banyak penyakit, makanlah santan seperlunya. Karena kesehatan adalah sesuatu yang paling penting dalam kehidupan kita.[]

(Erlangga)

Baca Juga:

Berita terkait
Berbahaya, Hindari Makanan Ini Saat Sarapan
Berikut Tagar News rangkum beberapa makanan yang dihindari saat sarapan.
Monitoring Pasar, Ditemukan Sejumlah Makanan Mengandung Zat Berbahaya
Sejumlah makanan yang diduga mengandung formalin diantaranya mie basah, ikan asin, gempol, cincau, klepon. Sedangkan makanan yang diduga mengandung pewarna tekstil rhodamin B adalah cendol warna merah.
5 Dampak Negatif Makanan Berminyak untuk Kesehatan
Sebagian besar makanan yang digoreng atau dimasak dengan minyak berlebih dianggap berbahaya.
0
Fakta Santan Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan
Bahaya santan untuk kesehatan antara lain meningkatkan LDL atau kolesterol jahat dalam darah, sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung.