UNTUK INDONESIA

Tips Memilih Sampo dengan Bahan Sesuai Jenis Rambut

Berikut tips memilih bahan-bahan dalam sampo yang dibutuhkan oleh jenis rambut tertentu, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline.
Ilustrasi keramas menggunakan sampo. (Foto: Freepik)

Jakarta - Di pasaran, terdapat banyak sampo dengan merk dan fungsi berbeda yang ditawarkan untuk dipilih oleh pembeli. Beberapa berfungsi untuk menghaluskan rambut, mengurangi kerontokan, menghilangkan ketombe, merawat rambut rusak, dan lain-lain.

Selain itu, di kemasannya pun terdapat daftar panjang yang penuh dengan nama-nama bahan yang sulit diucapkan. Hal ini membuat kita kesulitan untuk mengetahui apa yang sebenarnya diaplikasikan ke rambut.

Ini merupakan sesuatu yang penting untuk mengetahui bahan-bahan yang digunakan untuk mencuci rambut karena jika salah dapat menyebabkan iritasi di kulit kepala.

Maka dari itu, kenali dengan baik bahan-bahan seperti apa yang dibutuhkan oleh rambut Anda. Baik itu rambut keriting, diwarnai, lurus, atau berminyak, ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Berikut tips memilih bahan-bahan dalam sampo yang dibutuhkan oleh jenis rambut tertentu, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline:

Ilustrasi rambut lepekIlustrasi rambut merawat rambut. (Foto: Pexels/Elemen5Digital)

1. Rambut Rontok dan Tipis

Rambut yang rontok dan kian menipis bisa disebabkan oleh berbagai hal. Ada beberapa bahan sampo yang dibutuhkan tergantung pada sumber masalahnya. Salah satunya adalah Phyto-caffeine karena telah terbukti membantu mengurangi penipisan rambut, terutama untuk masalah kebotakan pada wanita.

Selanjutnya adalah Minoxidil. Bahan ini telah disetujui Food and Drug Administration (BPOMnya Amerika Serikat) untuk pengobatan rambut rontok bila digunakan sebagai larutan topikal 2 persen.

Selain itu ada juga Niacin (vitamin B-3) yang dapat membantu meningkatkan sirkulasi. Hal ini bisa meningkatkan aliran nutrisi ke folikel rambut dan membantu pertumbuhan rambut.

Penelitian pada hewan juga menunjukkan bahwa lavender dan minyak peppermint efektif untuk pertumbuhan rambut, tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih banyak untuk memastikan ini berhasil pada manusia atau tidak.

Terakhir, untuk mencegah kerusakan lingkungan, asam amino histidin bisa menyerap kelebihan tembaga dari rambut yang bisa membantu melindunginya dari kerusakan UVA dan UVB.

rambut keriting dan kusutIlustrasi rambut keriting dan ikal. (Foto: Tagar/naturallycurly.com)

2. Rambut Keriting, Bergelombang, dan Ikal

Bagi kalian yang memiliki rambut keriting atau bergelombang, maka harus mencari sampo yang bisa melembabkan, mengandung bahan pengurang kusut, dan bebas dari surfaktan seperti sulfat. Sedangkan untuk yang berambut ikal, sebaiknya memilih sampo yang menawarkan banyak kelembapan dan hidrasi.

Bahan pertama adalah Gliserin. Ini adalah senyawa alami yang digunakan secara luas dalam produk kosmetik untuk kualitas pelembabnya. Produk ini menarik kelembapan dari udara ke dalam rambut dan dapat mempertahankannya.

Dengan menggunakan sampo yang mengandung gliserin, dapat menghasilkan lebih sedikit rambut kusut. Selain itu juga bisa membuat rambut jadi lebih berkilau.

Minyak dan butter seperti shea butter, minyak jojoba, minyak kelapa, minyak bunga matahari, dan minyak argan juga dapat membantu melembabkan dan menjaga rambut keriting dan bergelombang agar tetap halus dan berkilau.

Selain itu, ada juga minyak yang berasal dari biji-bijian seperti minyak biji Abyssinian, minyak biji anggur, dan minyak jintan hitam. Bahan-bahan ini merupakan minyak yang sangat ringan dan mudah diserap. Mereka dapat membantu mengurai rambut dan juga melembabkan.

Via VallenRambut lurus Via Vallen mirip Lisa Blackpink. (Foto: Instagram/viavallen)

3. Rambut Lurus

Beberapa dari orang-orang yang memiliki rambut lurus ingin menambahkan volume agar terlihat lebih tebal. Maka dari itu, kandungan dalam sampo yang dibutuhkan adalah minyak kelapa, kedelai, almond, dan bunga matahari serta vitamin B5, C, dan E.

Demikian pula, protein seperti polimer anionik dan kationik, beras, dan jagung, dapat menambahkan volume. Bahan bermanfaat lainnya bagi mereka yang memiliki rambut lurus adalah keratin.

Dalam produk rambut, keratin bekerja dengan cara menghaluskan sel-sel yang tumpang tindih pada helai rambut. Saat kutikula rambut menyerap protein, maka akan menghasilkan rambut yang lebih penuh, halus, dan lembut.

Penggunaan keratin juga membuat rambut tidak terlalu kusut dan tampak lebih lurus. Hasil study juga menunjukkan bahwa komponen aktif keratin dapat membuat rambut lebih kuat.

Ilustrasi RambutIlustrasi Rambut. (Foto: Pixabay/RyanMcGuire)

4. Rambut Diwarnai atau Rambut Kering

Mereka yang memiliki rambut diwarnai atau kering dapat mencari sampo dengan bahan pembersih ringan dan kondisioner. Sodium lauryl sulfoacetate adalah salah satu pilihan bahan yang bebas sulfat.

Selain itu, banyak juga sampo two-in-one untuk rambut kering yang bekerja dengan mengganti sebum dengan lapisan silikon tipis untuk membuat batang rambut berkilau dan halus.

Sampo yang mengandung minyak juga dapat membantu menutrisi dan melembabkan rambut, termasuk minyak argan, minyak alpukat, minyak macadamia, minyak kelapa, dan minyak zaitun. Demikian pula gliserin, ini dapat membantu mempertahankan kelembapan.

Gatal di Kulit KepalaGatal di kulit kepala bisa disebabkan ketombe, alergi, atau karena kondisi rambut yang kotor. (Foto: Istimewa)

5. Ketombe

Sampo untuk rambut yang berketombe biasanya mengandung fungisida yang dapat membunuh jamur dan mengurangi helaian-helaiannya yang lepas. Fungisida termasuk ketoconazole, zinc pyrithione, dan selenium disulfide.

Sementara untuk orang-orang yang ingin menghindari fungisida sintetis, carilah bahan-bahan alami seperti minyak pohon teh atau ekstrak herbal.

Ilustrasi Rambut BerketombeIlustrasi Rambut Berminyak. (Foto: Pixabay/Malina_Bogdanovskaya)

6. Kulit Kepala Berminyak

Kulit kepala atau rambut yang berminyak menghasilkan sebum berlebih dari kelenjar sebaceous yang terlalu aktif. Maka, harus menggunakan sampo yang mengandung lauryl sulfates atau sulfosuccinates untuk pembersihan menyeluruh.

Terlalu banyak kondisioner juga harus dihindari karena dapat menyebabkan minyak lebih banyak bahkan setelah dicuci.

Sampo dengan bahan alami seperti minyak pohon teh juga patut dicoba karena bahan sintetis dapat merusak produksi sebum alami kulit kepala dan meningkatkan produksi minyak. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Rambut Anda Tipis? Coba 7 Gaya Ini Agar Terlihat Lebih Tebal⁣
Berikut tujuh tips bagi anda yang rambutnya tipis agar terlihat lebih tebal dan cantik.
Cara Mudah Mengatasi Rambut Keriting dan Kusut
Rambut keritingmu sering kusut? Berikut cara mudah mengatasinya secara alami, bisa kamu terapkan dirumah setiap hari lho.
Dapatkan Rambut Panjang dan Berkilau dengan Jus Kentang
Apa saja manfaat yang jus kentang tawarkan untuk perawatan rambut kita dan bagaimana cara menggunakannya? Simak artikel berikut.
0
Tips Memilih Sampo dengan Bahan Sesuai Jenis Rambut
Berikut tips memilih bahan-bahan dalam sampo yang dibutuhkan oleh jenis rambut tertentu, yang dirangkum Tagar dari laman Healthline.