UNTUK INDONESIA
5 Tips Menghilangkan Rambut di Area Payudara
Rambut pada puting susu acap kali dinilai sebagai sesuatu yang sedikit memalukan, bahkan untuk sekadar dibicarakan, terlebih untuk para wanita.
Selama ini rambut kerap menjadi kebanggan untuk sebagian orang, khususnya kaum wanita. Namun ada beberapa orang yang memiliki rambut yang tumbuh pada area pribadi. (Foto: Ilustrasi/Tagar/Pixabay)

Jakarta – Selama ini rambut kerap menjadi kebanggan untuk sebagian orang, khususnya kaum wanita. Namun ada beberapa orang yang memiliki rambut yang tumbuh pada area payudaranya.

Rambut pada area payudara acap kali dinilai sebagai sesuatu yang sedikit memalukan, bahkan untuk sekadar dibicarakan.

Dilansir Boldsky, penyebab tumbuhnya rambut pada area payudara adalah perubahan hormon.

Kehamilan dan menopause dapat membuat hormon berubah dan menumbuhkan rambut pada puting susu. Penyebab lainnya adalah peningkatan hormon pria yang disebut testosteron yang dapat memicu terjadinya rambut tubuh berlebih. Kulit berminyak, tidak haid, dan rambut rontok adalah tanda-tanda peningkatan testosteron.

Selanjutnya ada PCOS yang menyebabkan ketidakseimbangan hormon dan menyebabkan banyak masalah kesehatan, termasuk pertumbuhan rambut di tempat yang tidak diinginkan seperti di sekitar puting dan dagu.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rambut pada area pribadi tersebut. Salah satunya adalah dengan langsung dicabut.

Tapi dengan cara itu, secara bertahap, kamu akan melihat lebih banyak rambut puting yang tumbuh. Jika mencabut tidak berhasil, beberapa bahan di bawah ini bisa menjadi solusi untuk menghilangkan rambut di area pribadi secara permanen.

1. Lemon, Gula, dan Madu

Madu, bila dipanaskan dengan lemon dan gula membentuk pasta seperti lilin yang bisa digunakan untuk mencabut rambut sensitif.

Sekain itu, madu juga berkhasiat untuk melembapkan, sementara lemon memiliki khasiat sebagai pemutih dan membuat kulit lembut cerah.

Yang kamu butuhkan hanya 1 sendok makan (sdm) lemon, 1 sdm gula, 1 sdm madu, dan Strip waxing.

Masukkan semua bahan ke dalam mangkuk dan aduk rata. Letakkan campuran di atas ketel ganda hingga semua bahan meleleh membentuk campuran cair seperti lilin. Kemudian biarkan campuran menjadi dingin.

Oleskan campuran tersebut pada rambut puting susu searah dengan tumbuhnya rambut. Letakkan strip waxing di atasnya, tekan sedikit dan tarik ke arah berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut.

2. Pepaya dan Kunyit

Kunyit tidak hanya memiliki khasiat antiseptik dan penyembuhan tetapi juga telah digunakan oleh banyak orang untuk membatasi pertumbuhan rambut yang berlebihan. Sementara, pepaya mengandung enzim papain yang terbukti memiliki efek menghilangkan rambut pada folikel rambut sehingga merangsang pencabutan rambut.

Yang kamu butuhkan untuk mencabut rambut hanya 1 pepaya matang 1 sendok teh (sdt) kunyit. Caranya, haluskan pepaya matang menjadi bubur. Tambahkan kunyit ke dalamnya dan aduk rata.

Oleskan campuran tersebut pada rambut di area puting dan pijat dengan lembut area tersebut selama beberapa menit. Ulangi proses ini 2-3 kali dalam seminggu. Setelah beberapa minggu, rambut di area payudara akan berkurang.

3. Putih Telur, Tepung Jagung, dan Gula

Putih telur akan membentuk pasta kental jika dicampur dengan tepung jagung dan gula. Pasta itu sangat berkhasiat untuk menghilangkan bulu tipis di puting susu.

Yang kamu butuhkan hanya 1 putih telur 1 sdm gula ½ sdt tepung jagung. Caranya pecahkan telur dan pisahkan putih telur dalam mangkuk. Tambahkan gula dan tepung jagung ke dalam mangkuk dan kocok hingga menjadi pasta yang halus. Oleskan campuran tersebut ke arah pertumbuhan rambut. Saat pasta mengeras, tarik berlawanan dengan arah pertumbuhan rambut untuk menghilangkan rambut.

4. Tepung Kunyit dan Gram

Tepung gram adalah tepung yang terbuat dari buncis. Tepung ini banyak digunakan dalam formulasi penghilangan rambut yang menghasilkan enzim untuk mencabut akar rambut.

Yang kamu butuhkan hanya 1 sdm kunyit 1 sdm gram tepung minyak wijen sesuai kebutuhan. Cara membuatnya sangat mudah. Cukup ambil kunyit dan tepung gram. Tambahkan minyak wijen secukupnya ke dalam campuran untuk membentuk pasta yang halus dan kental. Oleskan pasta di atas rambut puting. Gosok dengan gerakan memutar selama beberapa menit. Dengan penggunaan mingguan obat ini, dalam beberapa minggu hasilnya akan terlihat.

5. Kunyit dan Susu

Asam laktat yang ada dalam susu bisa mengelupas kulit dan memudahkan kunyit untuk melakukan tugasnya menghilangkan rambut.

Yang kamu butuhkan hanya 1 sdm kunyit 1 sdt susu. Caranya pun cukup mudah. Masukkan kunyit ke dalam mangkuk, tambahkan susu ke dalamnya dan aduk rata hingga halus dan bebas gumpalan.

Selanjutnya, oleskan campuran tersebut pada rambut di area payudara searah dengan tumbuhnya rambut. Biarkan sampai mengering. Basahi jari dan gunakan gerakan melingkar ke arah berlawanan dari pertumbuhan rambut, gosok campuran tersebut. Bilas dengan air yang telah diendapkan. 

Menggunakan obat ini 2-3 kali dalam seminggu selama beberapa minggu akan mengurangi pertumbuhan rambut puting. []

Berita terkait
Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Rambut Berketombe
Ketombe kerap kali menjadi suatu masalah bagi kebanyakan orang baik perempuan atau pria. Berikut ini penyebab dan cara mengatasi ketombe.
Tips Mudah Meremajakan Kulit di Masa Pandemi
Kulit tampak seperti remaja tentu menjadi idaman setiap orang, untuk mewujudkannya ada berbagai cara mudah yang bisa dicoba. Ini penjelasannya.
Tips Menjaga Kesehatan Mental Ibu Hamil Saat Pandemi
kesehatan mental saat pandemi penting dijaga oleh ibu hamil. Sebagai langkah ibu dan janinnya tetap sehat.
0
5 Tips Menghilangkan Rambut di Area Payudara
Rambut pada puting susu acap kali dinilai sebagai sesuatu yang sedikit memalukan, bahkan untuk sekadar dibicarakan, terlebih untuk para wanita.