UNTUK INDONESIA
7 Khasiat Batang Seledri untuk Kesehatan
Batang seledri memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kaya akan kandungan serat, vitamin dan juga kalsium. Mau tau khasiatnya?
7 Khasiat Batang Seledri untuk Kesehatan. (Foto: rumahzakat)

Tangerang - Batang seledri memiliki banyak kandungan yang memiliki manfaat untuk kesehatan. Tumbuhan yang masuk ke dalam sayur-sayuran ini diketahui mengandung serat tinggi, vitamin, dan kalsium.

Berikut manfaat seledri Tagar rangkumkan dari organicfact.

1. Menurunkan Kolesterol

Sebuah penelitian yang dipublikasi Journal of Agricultural and Food Cemstry mengatakan mengkonsumsi seledri setiap hari dapat mengurangi kolesterol penyumbatan arteri atau biasa disebut LDL atau kolesterol jahat.

Selain itu, serat yang terkandung dapat berfungsi untuk mengikis kolesterol keluar dari aliran darah dan membuat pencernaan lancar.  Sehingga dapat meningkatkan kesehatan jantung.

2. Mengurangi Tekanan Darah

Seledri diketahui mengandung phthalides, senyawa kimia organik yang dapat menurunkan tingkat hormon stres dalam darah. Bila melihat dari studi pada tahun 2009, seledri memiliki efek hipolipidemik pada tubuh, memungkinkan pembuluh darah mengembang dan memberikan banyak ruang untuk darah bergerak. Sehingga mengurangi tekanan darah. Nah, keadaan itu yang dapat mengurangi kemungkinan serangan jantung atau stroke.

3. Mencegah Infeksi Saluran Kemih

Seledri dapat membantu penghapusan asam urat, karena digunakan untuk sifat diuretik, berarti dapat merangsang buang air kecil. Khasiat yang sangat baik bagi orang yang memiliki gangguan kandungan kemih, masalah ginjal, dan kondisi serupa lainnya.

4. Menurunkan Radang Sendi, Rematik, dan Asam Urat.

Seledri memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit di sekitar sendi. Batangnya juga berfungsi sebagai diuretik yang membantu menghilangkan asam urat dan dapat meningkatkan pertumbuhan kembali jaringan di sendi yg meradang.

5. Mencegah Kanker

Sebuah penelitian yg dilakukan di Biologi Molekuler dan Program Kanker Paru, Lovelace Respiratory Research Institute, AS, menunjukkan letuolin yang terkandung dalam seledri memiliki sifat melawan kanker.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

Seledri kaya vitamin C dan antioksidan yang bisa berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Mengonsumsi sayuran kaya vitamin C secara teratur dapat mengurangi risiko terkena flu, serta melindungi dari berbagai penyakit lainnya, seperti gejala asma dan jantung.

7. Menurunkan Berat Badan

Meminum jus seledri secara teratur sebelum makan dapat membantu mengurangi berat badan. Dikarenakan seledri sangat rendah kalori dan mengandung serat yang tinggi. Oleh karena itu, khasiat sayuran ini membantu mengurangi makan berlebihan dan menjaga berat badan tanpa merasa lapar. []

Berita terkait
Khasiat Suplemen Vitamin C untuk Kesehatan
Suplemen multivitamin, vitamin C menjadi salah satu perlengkapan yang wajib dibawa saat memasuki era new normal.
Pentingnya Pola Makan Gizi Seimbang saat New Normal
Untuk menghadapi New Normal sangat penting untuk memperhatikan pola makan gizi seimbang. Karena berpengaruh pada daya tahan tubuh atau imunitas.
Lima Manfaat Bunga Telang untuk Kesehatan
Bunga telang yang biasanya tumbuh liar di pekarangan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan. Berikut Tagar rangkumkan.
0
Dokter Epidemiologi UI Kritik Car Free Day Jakarta
Ahli epidemiologi setuju roda ekonomi dijalankan dengan protokol kesehatan selama new normal. Tapi CFD Jakarta belum saatnya dibuka.