UNTUK INDONESIA
Kontroversi Jamur Enoki dan Gejala Infeksi Listeria
Jamur enoki sedang menjadi kontroversi, kandungan listeria dapat menyebabkan kematian. Berikut Tagar bagikan gejalanya.
Kontroversi Jamur Enoki dan Gejala Infeksi Listeria. (Foto: Instagram/ariemadione)

Tangerang - Jamur enoki yang mengandung listeria dianggap berbahaya dan menyebabkan kematian. Peristiwa ini pertama kali dilaporkan terjadi di Amerika Serikat.

Jamur ini termasuk favorit di kalangan pecinta drama Korea. Biasanya diolah dan disajikan pada makanan modern ala Jepang atau Korea, sebagai topping atau disajikan dengan gaya ala suki steamboat atau memasak sendiri di atas meja. 

Jamur enoki sangat mudah dikenali dari ciri fisik, yakni berwarna putih dengan batang panjang dan kepala jamur yang berukuran kecil maupun besar. Ketika dimakan teksturnya lembut dan kadang sering menyelip di gigi. 

Gejala Infeksi Listeria yang Mematikan

Infeksi listeria berdampak sangat serius pada ibu hamil, orang berusia di atas 65 tahun, dan orang dengan sistem imun rendah. Bakteri mematikan ini bisa ditemukan pada daging yang tidak dimasak dengan benar dan susu yang tidak di-pasteurisasi.

Orang yang memiliki tubuh sehat jarang menjadi sakit gara-gara infeksi listeria, tetapi pada orang dengan daya tahan tubuh lemah, seperti bayi, janin dalam kandungan, atau lansia, akan berdampak fatal.

Jika seseorang terinfeksi listeria akan timbul gejala berupa demam, nyeri otot dan sendi, pusing, hingga diare. Gejala itu timbul beberapa hari setelah mengonsumsi makanan yang terkontaminasi bakteri, atau bisa juga baru ada gejala setelah 30 hari.

Bila infeksi sudah menyebar sampai ke sistem saraf, harus mewaspadai nyeri kepala, kaku pada leher, pusing dan bingung, kehilangan keseimbangan, serta kejang.

Sementara untuk ibu hamil, infeksi listeria hanya menimbulkan gejala yang ringan, tapi akan berdampak berat pada bayi dalam kandungan. Malah, bisa menyebabkan meninggal sebelum dilahirkan. []

Berita terkait
Empat Khasiat Istimewa Jamur Enoki untuk Tubuh
Jamur enoki memiliki aneka khasiat istimewa untuk kesehatan tubuh. Apa saja? Berikut Tagar bagikan.
Pentingnya Pola Makan Gizi Seimbang saat New Normal
Untuk menghadapi New Normal sangat penting untuk memperhatikan pola makan gizi seimbang. Karena berpengaruh pada daya tahan tubuh atau imunitas.
Jaga Kesehatan Tubuh dengan Immunity Booster Massage
Menjaga kesehatan dan imunitas tubuh menjadi kewajiban saat pemberlakuan PSBB, ada perawatan Immunity Booster Massage untuk menjadi solusi.
0
Liburan Panjang Momentum Ekonomi Yogyakarta Bangkit
Liburan panjang diprediksi wisatawan membanjiri Yogyakarta. Hal itu diharapkan mendongkrak perekonomian DIY yang terpuruk akibat pagebluk.