UNTUK INDONESIA
Enam Tips Memperpanjang Umur
Masalah umur seseorang tidak dapat diprediksi. Sebagai manusia, hanya bisa menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar sepanjang hari.
Ilustrasi. (Foto: Pixabay/skeeze)

Jakarta - Masalah umur seseorang tidak dapat diprediksi. Sebagai manusia, hanya bisa menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar sepanjang hari. 

Namun, ada cara yang bisa dilakukan agar Anda panjang umur, sehat dan bahagia. Berikut Tagar akan merangkum sejumlah rahasia sederhana agar impian kamu itu bisa terwujud. 

1. Hindari Stres Berlebihan

Dampak stres akan banyak menimbulkan penyakit, seperti jantung, stroke, kanker dan lain sebagainya. Jangan biarkan stres berlarut-larut terjadi dihidup Anda, usahakan kendalikan persoalan tersebut dengan sebaik-baiknya. 

Luangkanlah waktu kamu untuk melakukan kegiatan yang menyenangkan bersama teman, keluarga atau pasangan. Bahkan, saat bekerja di kantor, beristirahatlah sejenak di meja kerja untuk mengistirahatkan otak.  

2. Bijak Memilih Makanan

Bijaklah memilih makanan yang akan dikonsumsi. Makanan sehat, bergizi, dan seimbang memang dapat membantu memperpanjang umur dan meningkatkan kualitas hidup.

Anda bisa mengonsumsi beraneka ragam bahan makanan nabati, seperti buah dan sayuran segar, kacang-kacangan, serta biji-bijian. Kandungan nutrisi dan senyawa antioksidan yang meliputi polifenol, karotenoid, folat, dan vitamin C di dalam bahan makanan ini bisa membantu tubuh terhindar dari penyakit mematikan, seperti penyakit jantung, kanker, hipertensi, dan stroke.

3. Kurangi Gula Mulai Hari

Mulailah mengurangi atau menghindari makanan manis, seperti Cupcake, es krim, permen, brownies. Memang bukan tanpa alasan hal itu dilakukan, asupan gula yang terlalu banyak dapat memicu penyakit diabetes. 

Jika biasanya minum kopi dengan dua sendok gula, kini cobalah hanya satu sendok saja. Setelah terbiasa, kamu bisa menghilangkan asupan gula sama sekali dalam cangkir kopi yang kamu minum.  Daripada makan-makanan manis atau minum kemasan, lebih baik makan buah segar, karena gula yang terkandung tidak sebanyak yang ada dalam minuman atau makanan manis tersebut. 

4. Banyak Minum Air Putih

Kebutuhan cairan tubuh harus bisa terpenuhi setiap hari. Pastikan asupan cairan memenuhi tubuh supaya mencegah dehidrasi. Dengan cara ini, kamu bisa tidak mengonsumsi minuman manis.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois, mereka yang mengonsumsi banyak air secara rutin, biasanya mengonsumsi lebih sedikit kalori. Sehingga, cenderung menghindari minuman manis yang mengandung lemak dan gula. Dengan cara ini, badan Anda dapat lebih terkontrol dan terhindar dari penyakit seperti obesitas dan kencing manis. Tanpa penyakit, tentu membuat umur anda lebih panjang. 

5. Pergi Liburan

Dengan bepergian ke tempat yang belum dikunjungi saat liburan, seperti melihat pemandangan alam yang menakjubkan ataupun menonton atraksi-atraksi unik, dan lain sebagainya, adalah sebagai salah satu cara untuk memperpanjang hidup lebih lama. 

Orang-orang yang tidak stres memiliki sistem imun yang lebih kuat, sehingga tubuhnya lebih gigih untuk melawan penyakit membahayakan. Maka, sesibuk apa pun rutinitas di kantor, sempatkanlah waktu untuk ambil cuti sejenak. Tidak usah liburan mewah ke luar negeri, ke tempat-tempat domestik di Tanah Air juga bisa menjadi pilihan untuk merilekskan tubuh dari kejenuhan. 

6. Sempatkan Olahraga Setiap Hari

Buatlah tubuh Anda aktif bergerak setiap hari. Dengan aktif bergerak, tubuh akan berusaha untuk membakar kalori yang mengendap. Hal ini bisa membantu mengalirkan lebih banyak oksigen ke dalam sel-sel tubuh dan menjaganya tetap sehat. Jadi Tak heran, jika usai berolahraga fisik terasa lebih segar dan bugar. 

Kalau enggan berolahraga sendirian, carilah aktivitas fisik berkelompok dengan jenis latihan yang mirip permainan atau kompetisi, seperti futsal, tenis, bulu tangkis, atau crossfit dan boot camp.Selain membuat badan menjadi fit dan sehat, kamu bisa berinteraksi dengan orang lain selama berolahraga, sehingga dapat menjauhkan anda dari stres.[]  

Baca juga:

Berita terkait
Tujuh Manfaat Madu Hitam Bagi Kesehatan Tubuh
Madu hitam memiliki kandungan yang masih alami. Rasanyapun lebih pahit sehingga sering disebut madu hitam pekat.
Empat Tips Sehat Agar Selalu Awet Muda
Faktor bertambahnya umur bukan menjadi sebuah alasan untuk tidak bisa tampil segar dan awet muda.
Lima Kebiasaan Buruk Bagi Kesehatan Otak
Otak merupakan organ tubuh yang paling kompleks dan memegang peran penting terhadap seluruh fungsi tubuh.
0
Pesta Kemenangan 5 Gol di Laga Club Brugge Vs PSG
Paris Saint-German berpesta saat menang 5-0 di pertandingan Liga Champions melawan Club Brugge, Rabu 23 Oktober 2019 dini hari WIB.