UNTUK INDONESIA
Empat Tips Sehat Agar Selalu Awet Muda
Faktor bertambahnya umur bukan menjadi sebuah alasan untuk tidak bisa tampil segar dan awet muda.
Ilustrasi. (Foto: Instagram/@amoorea_jakbar2)

Jakarta - Memiliki tubuh sehat dan tampak awet muda adalah dambaan setiap pria dan wanita. Biasanya dalam usia yang tidak lagi muda akan memengaruhi kondisi fisik yang menurun dan terlihat tua.

Faktor bertambahnya umur bukan menjadi sebuah alasan untuk tidak bisa tampil segar dan awet muda.

Dengan diet sehat dan menjaga pola makan teratur, tubuh akan menjadi sehat dan penampilan akan terlihat tampak lebih muda. Berikut Tagar menghimpun empat tips sehat agar selalu awet muda.

1. Konsumsi Sayuran dan Buah

Langkah penting agar tetap sehat dan awet muda adalh dengan rajin mengonsumsi buah dan sayuran. Makanan ini begitu banyak mengandung antioksidan yang begitu melimpah.

Antioksidan berfungsi menetralisir radikal bebas, memperlambat tanda-tanda penuaan, memperbarui sel yang rusak, yang sering dihubungkan sebagai penyebab timbulnya kerutan dan noda hitam.

2. Mengonsumsi Lemak Sehat

Jika ingin tetap awet muda saat tua, kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Misalnya, seperti daging sapi, kambing, susu, keju, es krim, dan masih banyak lagi.

Dan sangat dianjurkan mengonsumsi lemak tak jenuh, asam lemak tak jenuh yang terdapat dalam minyak zaitun, ikan-ikanan, kacang dan biji-bijian telah terbukti bisa menurunkan risiko penyakit yang kerap timbul karena bertambahnya usia.

3. Mengonsumsi Teh Hijau

Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut catechin yang diyakini dapat membuat tubuh sehat dan awet muda. Senyawa, ini dipercaya bisa meningkatkan sistem imun tubuh

Selain itu, dengan meminum tiga cangkir sehari, pagi, siang, dan malam bisa mengurangi risiko menderita tekanan darah tinggi hingga 46 persen.

4. Mengurangi Porsi Makan

Mengurangi porsi makan merupakan cara yang tepat jika ingin sehat dan selalu terlihat awet muda. Mungkin, dengan seiring bertambahnya usia kemampuan tubuh untuk mencerna dan menyerap nutrisi dari makanan pun semakin berkurang.

Mengurangi porsi makan di usia 30-an ke atas, bisa membantu menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya penuaan. []

Berita terkait
Lima Tips Menjaga Kesehatan Otak Bagi Lansia
Salah satu organ yang harus dijaga khususnya bagi orang lanjut usia adalah otak. Karena otak menjalankan peran kesadaran dan kemampuan berfikir.
BPJS Kesehatan Naik, Masyarakat Beralih Asuransi Swasta
Anggota Komisi XI DPR RI menilai apabila BPJS Kesehatan tidak berbenah maka banyak masyarakat yang lari ke asuransi swasta.
Menjaga Kesehatan Bagi yang Suka Begadang
Ada kalanya kegiatan melek sampai pagi harus kita lakukan karena suatu pekerjaan.
0
Bakar Lahan untuk Bertanam Tradisi Petani Sumatera
Kebakaran hutan di Indonesia disebabkan banyak faktor. salah satunya sebagian petani di Sumatera saat bertanam dengan membakar lahan