UNTUK INDONESIA
Enam Tips Agar Mudah Bangun Lebih Pagi
Selain tidur dengan batas waktu yang ideal sebanyak delapan jam, berikut enam tips agar mudah bangun lebih pagi.
Gedung MPR/DPR/DPD di Senayan, Tanahabang, Kota Jakarta Pusat. (Foto: Istimewa)

Jakarta - Bangun pagi selalu menjadi rutinitas yang menjengkelkan bagi Anda yang lebih memilih terjaga ketika malam. Namun, bila bangun pagi suatu keharusan, Anda dipastikan tidak dapat menolaknya. Ada enam tips agar mudah bangun lebih pagi. Bila dilakukan, niscaya membuat tubuh lebih bersemangat dan wajah lebih cerah menatap aktivitas sepanjang hari.

Selain tidur dengan batas waktu yang ideal sebanyak delapan jam, berikut enam tips agar mudah bangun lebih pagi.

1. Pikirkan Tujuan Anda Bangun Pagi

Pertama Anda harus mengubah kebiasaan bangun siang dengan menanamkan niat positif agar mudah bangun pagi. Misalnya, bangun pagi untuk mencapai impian dengan si doi (pacar) melangkah ke jenjang pernikahan. Caranya, dengan mengumpulkan pundi-pundi dari hasil kerja keras setiap hari untuk modal nikah. Anda pun tersadar, bersemangat bangun pagi untuk pergi bekerja demi masa depan yang lebih baik.

Atau, motivasi Anda ingin sehat, maka wajib bangun lebih pagi kemudian olahraga sebelum berangkat ke kantor. Selain itu, tahukah bila rekan Anda di kantor adalah orang profesional di bidangnya. Maka sangat disayangkan bila melewatkan momen bercengkrama dengan mereka selagi bersama dalam satu kantor.  

Jika itu diterapkan, akan menjadi kebiasaan yang baik untuk Anda bangun lebih pagi lagi.

Ilustrasi KerjaIlustrasi berdiskusi dengan rekan kerja. (Foto: Pixabay)

2. Hindari Kopi 

Kebanyakan orang mengetahui efek konsumsi kopi sebelum tidur dapat mencegah kantuk. Pasalnya, kafein yang ada pada kopi dapat membuat jantung lebih cepat berdetak dari biasanya dan memicu enggan tidur.

Bila Anda mengetahui akan bangun lebih pagi, maka 

Ilustrasi KopiKonsumsi Kopi dimalam hari dapat membuat sulit tidur.(Foto: Pixabay)

3. Pasang Alarm

Mayoritas masyarakat saat ini sudah menggunakan ponsel genggam alias smartphone. Jika terlalu ribet untuk menggunakan jam beker yang ada di rumah, gunakanlah alarm yang ada di gadget Anda.

Tidak masalah jika kerasnya suara alarm mengganggu Anda, karena dengan cara seperti itu akan membuat Anda terbiasa bangun cepat.

Selain itu, upayakan untuk menempatkan alarm jauh dari posisi tidur. Pasalnya, dengan suara yang memekakan telinga, Anda jadi beranjak dari tempat tidur guna mematikan bunyi alarm tersebut. Dari situ, Anda enggan berniat untuk melanjutkan tidur.

Ilustrasi AlarmGunakan alarm jam beker dan handphone untuk bangun pagi.(Foto: Pixabay)

4. Matikan Alat Elektronik

Mematikan lampu, televisi dan laptop ketika hendak beristirahat dapat mempermudah Anda bangun lebih pagi. Pasalnya alat-alat elektronik yang menyala dapat membuat Anda terganggu, bahkan menjauhkan dari niat untuk tidur.

Beragam penelitian mengungkapkan suara televisi, penggunaan laptop dan lampu yang menyala dapat membuat mata susah terpejam, yang otomatis membuat jatah tidur Anda makin menipis karena beristirahat hingga larut malam. 

Ilustrasi Barang ElektronikMatikan barang elektronik sebelum tidur.(Foto: Pixabay)

5. Memerhatikan Topik Pembahasan

Topik pembahasan di televisi, radio, dan sejumlah media siar digital dapat membuat Anda cemas, bahkan stres. Maka dari itu hindari topik "berat" sebelum tidur. Begitu juga ketika Anda tidur bersama pasangan, perbincangkan topik yang ringan yang tidak memicu stres agar tidur lebih cepat, bangun lebih pagi.

Ilustrasi PusingHindari diskusi yang membuat risau saat hendak tidur.(Foto: Pixabay)

6. Rapikan Tempat Tidur

Kondisi rapih dan bersih memicu rasa nyaman di manapun. Tak terkecuali di tempat tidur. Oleh karena itu rapikan seprai kasur Anda agar rasa nyaman ketika beristirahat timbul. Pun dapat menghindari serangan nyamuk dengan memasang AC atau kipas angin.

Ilustrasi Tempat TidurBersihkan tempat tidur sebelum tidur.(Foto: Pixabay)

Berita terkait
Manfaat Tidur Tanpa Busana Bagi Kesehatan dan Pasangan
Rata-rata orang tidur dengan pakaian lengkap. Namun, tahukah Anda banyak manfaat kesehatan yang diperoleh ketika tidur tanpa busana?
Lima Makanan Sehat Meredakan Stress
Cara untuk meredakan rasa stres, yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik yang terbukti mampu memberikan dorongan energi.
Tips Merawat Kuku di Rumah Agar Bersih dan Sehat
Perawatan kuku sangat penting untuk penampilan yang baik dan kebersihan pribadi. Tapi, kebanyakan orang cenderung menyepelekan masalah kuku.
0
Empat Pejabat Bantaeng Dilantik
Empat pejabat penting di pemerintahan Kabupaten Bantaeng resmi dilantik. Ini nama-namanya.