UNTUK INDONESIA
Lima Makanan Sehat Meredakan Stress
Cara untuk meredakan rasa stres, yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik yang terbukti mampu memberikan dorongan energi.
Ilustrasi stres. (Foto: Pixabay/Mandyme27)

Jakarta - Penatnya aktivitas yang dihadapi, tentu akan membuat kadar hormon stres akan meningkat tajam. Namun, jangan khawatir masih ada cara untuk meredakan rasa stres, yaitu dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi baik yang terbukti mampu memberikan dorongan energi.

Berikut Tagar rangkum cara menghilangkan stres yang nikmat dan sehat:

1. Asparagus

Tanaman ini mengandung asam folat yang dapat menjaga anda untuk tetap tenang dalam keadaan stres. Cara penyajian asparagus yang baik adalah dengan merebusnya sekitar 3-4 menit Anda sudah dapat menikmatinya, atau diolah menjadi sup.

2. Blueberry

Buah ini kaya akan antioksidan. Kandungan antosianin pada blueberry dapat bermanfaat untuk menajamkan kognitif otak sekaligus dapat melindungi jantung. Buah ini juga terbukti dapat mengurangi peradangan, mencegah kolesterol darah teroksidasi, dan membantu menjaga kesehatan pembuluh darah.

Buah ini juga mengandung banyak serat dengan kalori yang terbilang rendah sehingga tak perlu khawatir dengan berat badan akan meningkat jika dimakan dalam jumlah banyak. Itu karena kandungan serat yang ada di dalam buah itu, bisa membuat anda kenyang lebih lama.

3. Jeruk

Jeruk memiliki kandungan vitamin C lebih banyak, dibandingkan dengan jenis buah lainnya. Vitamin C ini bukan hanya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, tetapi juga terbukti ampuh mengurangi efek fisik dan psikologis dari tekanan stres.

Kadar vitamin C paling tinggi dalam tubuh ditemukan secara alami di kelenjar adrenalin, dan penelitian menunjukkan bahwa stres dapat menguras persediaan vitamin C dalam tubuh. Itulah sebabnya orang yang memiliki kadar vitamin C tinggi, tidak menunjukkan tanda stres mental dan fisik.

4. Oatmeal

Karbohidrat kompleks dari oatmeal dapat membantu otak membuat serotonin. Serotonin tidak hanya memiliki sifat antioksidan saja, tetapi juga menciptakan rasa menenangkan. Sehingga membantu mengatasi stres.

Stres dapat menyebabkan gula darah meningkat. Namun, karbohidrat kompleks tidak akan berkontribusi pada potensi Anda mengalami naik-turun gula darah secara mendadak.

5. Kacang Mede

Kacang mede mengandung kadar zinc yang tinggi, per onsnya mencukupi 11 persen kebutuhan harian tubuh anda. Jika kadar zinc pada tubuh rendah, maka kecemasan tinggi dan cenderung depresi.

Karena tubuh tidak memiliki fasilitas untuk menyimpan cadangan kandungan zat ini, maka Anda harus mendapatkan asupannya setiap hari. Kacang mede sebagai makanan penghilang stres, bisa dikonsumsi sebagai camilan ataupun dicampurkan ke dalam tumis sayuran.[] 

Berita terkait
Media Sosial Diblokir, Bisa Stres Berkepanjangan
'Sehari dua hari cincailah media sosial diblokir. Lebih dari itu bisa-bisa stres berkepanjangan,' kata Lena Puspitawati.
Stres Nonton Demo 22 Mei 2019? Ini Solusinya
Dua hari ini media daring dan televisi penuh informasi demonstrasi tanggal 22 Mei 2019 yang rusuh dan menyebabkan cemas dan tegang.
Penelitian: Ngayal Masa Lalu Bikin Stres Hilang
"Para filsuf dan psikolog sepakat bahwa kita adalah apa yang kita ingat," ujar salah satu peneliti.
0
Moeldoko Bocorkan Posisi Jabatan di Kabinet Jokowi
Mantan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyebutkan akan tetap membantu Presiden Jokowi dalam periode 2019-2024.