UNTUK INDONESIA
Lewat Twitter, Jokowi Puji Masakan Kuliner Aceh
Jokowi pernah bermukim di Aceh, tepatnya di kawasan Rembele, Kabupaten Bener Meriah.
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo memuji masakan kuliner Aceh di media sosial milik pribadinya. (Foto: Tagar/ Twitter Jokowi)

Banda Aceh - Presiden Joko Widodo memang tak dapat dipisahkan dengan Aceh. Di beberapa kesempatan saat kunjungan kerja ke provinsi ini, ia kerap kali mengaku memiliki hubungan emosional dengan daerah yang dijuluki Serambi Mekkah itu.

Jokowi memang pernah bermukim di Aceh, tepatnya di kawasan Rembele, Kabupaten Bener Meriah. Dulu, di dataran tinggi Gayo itu, Jokowi bekerja di sebuah perusahaan pengolahan kayu.

Kecintaannya terhadap Aceh memang tak mudah pudar. Jokowi bahkan kerap mempromosikan Aceh di beberapa kesempatan lainnya, bahkan di media sosial sekalipun, seperti yang ditulis di akun twitternya pada Sabtu, 18 Januari 2020.

Di Banda Aceh ada banyak warung makan dengan sajian yang khas. Saya pernah menikmati enaknya kari kambing dan ayam goreng.

Di akun twitter @jokowi, ia menyebutkan bahwa Kota Banda Aceh memiliki banyak warung makan dengan sajian yang khas. Jokowi bahkan mengaku pernah menikmati sejumlah makanan tersebut, seperti kari kambing dan ayam goreng Rumah Makan Lem Bakrie dan Mie Razali.

“Di Banda Aceh ada banyak warung makan dengan sajian yang khas. Saya pernah menikmati enaknya kari kambing dan ayam goreng Rumah Makan Lem Bakrie dan mie Razali,” tulis akun @jokowi.

Kari kambing dan ayam goreng merupakan salah satu makanan khas yang layak dicicipi jika berkunjung ke Aceh. Kari kambing diracik menggunakan bahan-bahan seperti daging kambing, labu air, cabe merah, ketumbar, bawang merah, jahe, lada hitam, biji cengkeh, biji kapulaga, dan sejumlah bahan lainnya.

Kemudian, bahan-bahan tersebut diaduk dengan santan dan bumbu lainnya, selanjutnya dimasak dan proses penyajian. Sementara ayam goreng disajikan setelah digoreng dan ditambah dengan rempah-rempah lainnya.

Selain dua makanan tersebut, Jokowi juga mengaku menyukai kopi Aceh, ayam dan nasi bebek. Ia bahkan mengaku akan mencoba mencicipinya jika berkunjung ke provinsi tersebut.

“Saya masih akan ke Aceh mencobai aneka makanan dan minuman seperti Kopi Solong, juga ayam dan bebek Bu Si Itiek,” tulis @jokowi.

Di postingan lainnya, Jokowi juga mengajak bagi warga yang berkunjung ke Aceh untuk mencicipi sejumlah kuliner yang dimiliki provinsi paling ujung barat Sumatera ini. Di dua postingan itu, Jokowi turut melampirkan video tentang kuliner yang sedang dibahas.

“Berkunjung ke Banda Aceh, jangan pulang sebelum menikmati lezatnya kari kambing, ayam goreng, mie Aceh, dll kuliner khas yang menggugah selera,” tulisnya lagi.

Kedua postingan itu mendapat ribuan like dan ratusan komentar dari netizen. Postingan tersebut bahkan dibagikan ulang sebanyak seribu-an kali.

Salah seorang pengguna twitter yang ikut mengomentari adalah @kisswoyo. Ia menyebutkan kuliner di Aceh memang sangat enak dan dijamin kehalalannya.

“Kuliner di Aceh paling best... Halalan Thayyiban...,” tulis @kisswoyo. []

Baca juga:

Berita terkait
Pemilik Kapal Yatch yang Terdampar Kunjungi Aceh
Pemilik kapal Yacht yang terdampar kunjungi Aceh untuk melihat langsung kapalnya.
Kisah Waria di Aceh Saat Melayani Syahwat Tamunya
Jasa prostitusi waria di Aceh memang sulit terlacak. Jaringan mereka tersusun rapi dan tersembunyi di balik tembok negeri berlebel Syariat Islam.
Gempa 4,5 SR Guncang Aceh
Gempa bumi berkekuatan 4,5 Skala Richter menguncang wilayah Banda Aceh dan sekitarnya. Masyarakat diminta tidak panik.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.