UNTUK INDONESIA

14 Tips Menjaga Bibir Agar Tetap Sehat

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan sejumlah tips merawat bibir agar tampak lebih sehat.
Ilustrasi merawat bibir. (Foto: Freepik)

Jakarta - Perawatan untuk kulit wajah dan badan memanglah penting. Namun, ada lagi perawatan untuk salah satu bagian tubuh luar yang tidak kalah pentingnya yaitu bibir.

Bibir yang lembut dan tampak penuh mungkin terlihat bagus dan menjadi idaman banyak orang khususnya wanita. Namun, menjaga agar bibir tetap sehat dan terhidrasi adalah yang terpenting. Untuk mendapatkan hasil yang seperti itu, pastinya membutuhkan perawatan.

Namun, perawatan bibir tidak hanya sekadar rajin mengoleskan lip balm setiap hari. Jika tidak memberi perhatian ekstra, jangan berharap bibirmu akan terlihat lembut, pink, dan penuh.

Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan sejumlah tips merawat bibir agar tampak lebih sehat:

Pelembab bibirIllustrasi menggunakan pelembab bibir. (Foto: Tagar/Pexels)

1. Eksfoliasi Bibir

Sebelum tidur di malam hari, oleskan lip balm dengan kualitas baik. Setelah bangun tidur, gunakan waslap lembab atau sikat gigi untuk mengusap lembut kulit mati atau kering di bibir. Ini juga akan meningkatkan sirkulasi ke area tersebut.

2. Bikin Scrub Bibir Sendiri

Dengan mencampurkan minyak almond dan gula pasir, kamu bisa mengelupas kulit mati di bibir.

3. Tetap Terhidrasi

Minum delapan gelas air sehari akan bermanfaat bagi tubuh dalam banyak hal, bibir yang tampak lebih berisi.

4. Periksa Kandungan Lip Balm

Tidak semua produk untuk bibir diciptakan sama. Lip balm yang mengandung shea butter, cocoa butter, dan minyak kelapa dapat memberikan perlindungan alami pada bibir dari panas dan polusi. Namun, bahan lain seperti kapur barus bisa membuat bibir jadi kering.

5. Gunakan Vitamin E

Jika memiliki kapsul vitamin E, kamu cukup membukanya dan oleskan produk tersebut langsung ke bibir karena ini bisa meningkatkan sirkulasi dan membantu menghasilkan sel kulit baru, menjadikan bibir lebih lembut.

Lidah BuayaLidah buaya memiliki beragam manfaat. Salah satunya untuk ibu menyusui. (Foto: Tagar/Pixabay)

6. Gunakan Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki khasiat yang menenangkan, menyembuhkan, dan membantu bibir tampil lebih baik. Cukup dengan gunakan gel lidah buaya murni atau langsung dari ambil dari tanamannya.

7. Gunakan Scrub Bibir Berbahan Dasar Berry

Stroberi kaya akan antioksidan dan vitamin C yang bagus untuk menutrisi kulit bibir. Menghancurkan stroberi dan menambahkannya ke dalam campuran madu dan minyak zaitun adalah resep dasar pengobatan rumahan ini. Kamu juga bisa menggantinya dengan blueberry.

8. Coba dengan Jeruk

Dengan menggosokkan beberapa tetes perasan lemon, kamu bisa membuat bibir tampak lebih cerah dan mengelupas kulit mati. Pastikan bibir sedang tidak pecah-pecah atau sangat kering sebelum menggunakan cara ini karena dapat menyengat dan memperburuk keadaan.

9. Lindungi Bibir dari Sinar Matahari

Tidak hanya kulit, bibirmu juga bisa rusak oleh sinar UV dari paparan sinar matahari. Pastikan kamu menggunakan lip balm yang mengandung SPF.

10. Gunakan Pewarna Alami

Pewarna alami tumbuhan bisa membuat meratakan warna bibir dan membuatnya sedikit lebih kemerahan. Bahan ini juga tidak akan mengiritasi atau mengeringkan bibir seperti lipstik tebal. Jus raspberry atau jus delima yang dioleskan langsung dapat membuat warna bibir menjadi merah muda untuk sementara waktu.

Bibir KeringBibir Kering. (Foto: Tagar/Pixabay)

11. Batasi Paparan Racun

Udara yang tercemar, asap, dan bahan kimia dapat membuat bibir terlihat gelap atau keriput. Hindari kebiasaan seperti merokok (bahkan perokok pasif) karena dapat memperburuk efek ini dan membuat warna bibir tampak pudar.

12. Hapus Riasan Sebelum Tidur

Tidur dengan riasan tidak baik untuk kulit, termasuk bibir. Maka lebih baik untuk membersihkan wajah sebelum tidur.

13. Minyak Peppermint untuk Meningkatkan Sirkulasi

Menggunakan minyak peppermint di bibir dapat meningkatkan sirkulasi ke area tersebut. Ini juga memberikan sensasi sejuk yang bisa menenangkan bibir yang terasa kering.

14. Persiapan Sebelum Menggunakan Lipstik

Meskipun produk pewarna bibir yang kamu gunakan memiliki klaim untuk meminimalisir kerusakan kulit, tetap lapisi bibir dengan primer seperti minyak kelapa atau minyak almond agar bibir tidak mengering sebelum memakai lipstik. []

(Okky Pratiwi)

Berita terkait
Manfaat Buah Naga untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit Wajah
Berikut Tagar rangkumkan lima 5 manfaat buah naga untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah.
Manfaat dan Efek Samping Penggunaan Lemon untuk Kecantikan
Lemon tidak hanya menjadi sumber manfaat, tetapi menggunakan lemon di wajah dapat menyebabkan lebih banyak kerusakan pada kulit daripada kebaikan.
Delapan Tips Cara Merawat Kulit dengan Tipe Kombinasi
Berikut Tagar rangkumkan delapan cara merawat kulit dengan tipe kombinasi.
0
14 Tips Menjaga Bibir Agar Tetap Sehat
Mengutip informasi dari laman Healthline, berikut Tagar rangkumkan sejumlah tips merawat bibir agar tampak lebih sehat.