UNTUK INDONESIA
Eks Camp Vietnam Bakal Dipakai Pasien Virus Corona
Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyiapkan rumah sakit khusus pasien virus corona.
Mendikbud RI, Muhadjir Effendy saat berkunjung ke SMP SMA Kottabarat, Solo. (Foto: Tagar/Reyma Pramista)

Jakarta - Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan eks Camp Vietnam di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, akan dijadikan rumah sakit khusus untuk penanganan penyakit menular, termasuk virus corona.

Dia melanjutkan, nantinya pasien yang dinyatakan positif terjangkit virus corona (Covid-19), akan ditempatkan di rumah sakit khusus itu.

"Karena kasusnya sekarang sedang corona, nanti kalau kasusnya beda, akan kita gunakan beda," kata Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 4 Maret 2020.

Baca juga: Empat Kasus Baru Corona di Thailand, Total Jadi 47

Dulu dipakai menampung pengungsi dari Vietnam, sehingga itu pulau yang sudah siap.

Menurutnya rumah sakit tersebut bukan baru akan dibangun, melainkan sudah siap dipergunakan.

"Pulau Galang itu tak membangun ya, mohon teman-teman dipastikan. Itu tak membangun, itu sudah ada dan akan kita upgrade. Dulu dipakai menampung pengungsi dari Vietnam, sehingga itu pulau yang sudah siap," tutur mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu.

Muhadjir menerangkan, dalam waktu dekat rumah sakit di Pulau Galang akan digunakan para pasien yang terinfeksi virus corona. Hal itu sesuai permintaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Baca juga: Dampak Corona, Bank Apresiasi Pelonggaran Kebijakan

"Tadi bapak Presiden Jokowi memberi pengarahan. Beliau menyampaikan kurang dari sebulan harus sudah siap digunakan, sebagai alternatif. Jadi yang lain tetep, Natuna jadi pilihan, Sebaru jadi pilihan. Nanti mana yang paling mungkin," ucapnya.

Hal senada juga dijelaskan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. 

Dia mengatakan salah satu alasan dipilihnya Pulau Galang di Kepulauan Riau dikarenakan akses menuju lokasi terbilang mudah dibandingkan dengan Pulau Sebaru.

"Mau dibikin di Pulau Galang di Batam. Karena transport itu lebih mudah. Kalau di Sebaru kalau malam atau ombak besar itu susah," ucap Basuki di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 3 Maret 2020. []

Berita terkait
Lima Ciri Seseorang Rentan Kena Virus Corona
Virus Corona memiliki ciri-ciri ketika menyerang manusia. Berikut Tagar berikan ulasannya.
Menkeu Siapkan Lagi Insentif Tangkal Dampak Corona
Pemerintah kembali berencana menggelontorkan insentif fiskal kedua guna mengantisipasi dampak negatif penyebaran virus corona terhadap ekonomi.
Dua Skenario Hadapi Krisis Corona Berdampak Ekonomi
Wabah virus corona membuat Indonesia menghadapi tekanan ekonomi karena ekspor dan impor terutama tujuan Tiongkok menurun.
0
Gigi Hadid Positif Hamil, Ibunda Buka Suara
Ibunda Gigi Hadid, Yolanda Hadid, membenarkan bahwa putrinya itu memang tengah hamil muda.