UNTUK INDONESIA
Dzulmi Eldin Segera Diadili di PN Tipikor Medan
Kasus Wali Kota Medan nonaktif Dzulmi Eldin segera disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.
Wali Kota Medan Dzulmi Eldin (tengah) digiring petugas setibanya di gedung KPK, Jakarta, Rabu, 16 Oktober 2019. Dzulmi Eldin terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK terkait dugaan suap dari dinas-dinas di lingkungan Pemerintah Kota Medan. (Foto: Antara/Dhemas Reviyanto)

Medan - Kasus Wali Kota Medan nonaktif Dzulmi Eldin segera disidangkan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Medan pada awal Maret 2020.

Terungkap setelah Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melimpahkan berkas perkara dalam kasus dugaan suap dan jabatan ke Pengadilan Tipikor Medan.

Hal itu dibenarkan Panitera Muda Pengadilan Tipikor Medan, Junain Arief, Selasa 25 Februari 2020. Dia mengatakan, berkas perkara telah diterima dan dilakukan register.

Pengadilan Tipikor Medan menjadwalkan sidang suap Wali Kota Medan nonaktif, akan digelar pada Kamis, 5 Maret

Ketua Pengadilan Negeri (PN) Medan bahkan sudah menunjuk Abdul Azis sebagai ketua majelis, sedangkan Ahmad Sayuti dan Elias Silalahi sebagai hakim anggota.

"Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Medan menjadwalkan sidang suap Wali Kota Medan nonaktif, akan digelar pada Kamis, 5 Maret 2020," ujar Arief, dikutip dari Antara.

Untuk kasus Kepala Bagian Protokoler Pemko Medan, SFS sidangnya digelar pada Senin, 2 Maret 2020, juga di Pengadilan Tipikor Medan.

Sebelumnya, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan berinisial IA, 47 tahun, dituntut hukuman 2 tahun 6 bulan (2,5 tahun) di Pengadilan Tipikor Medan, karena menyuap Dzulmi Eldin.

JPU dari KPK Zainal Abidin, dalam tuntutannya di Pengadilan Tipikor Medan, Senin, 3 Febrauri 2020, menyebutkan IA juga dituntut membayar denda sebesar Rp 250 juta atau subsider enam bulan kurungan.

Jaksa menyebutkan, IA memberi uang sebesar yakni Rp 530 juta kepada Dzulmi Eldin. []

Berita terkait
KPK Rekonstruksi Kasus Dzulmi Eldin di Medan
KPK melakukan rekonstruksi kasus suap dengan tersangka Dzulmi Eldin, Wali Kota Medan nonaktif.
7 Pejabat Pemko Medan Diperiksa KPK Kasus Dzulmi Eldin
Mereka diperiksa di kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sumatera Utara, Jalan AH Nasution, Medan, Jumat 1 November 2019.
KPK Tetapkan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin Tersangka
KPK menetapkan Wali Kota Medan Dzulmi Eldin sebagai tersangka pasca operasi tangkap tangan (OTT) pada Rabu 16 Oktober 2019.
0
KPK Berpeluang Menangkan Kasasi Kasus Rommy di MA
Pakar hukum tata negara Muhammad Fauzan menilai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berpeluang menang kasasi di tingkat MA atas Romahurmuziy.