Duh, Bonek Sudah Ada di Yogyakarta Jelang PSS Vs Persebaya

Pertandingan liga bakal tanpa penonton. Namun suporter Persebaya Surabaya, Bonek, sudah berada di Sleman menyambut laga pertama PSS vs Persebaya.
Pertandingan liga bakal tanpa penonton. Namun suporter Persebaya Surabaya, Bonek, sudah berada di Sleman menyambut laga pertama PSS vs Persebaya yang dijadwalkan 1 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Gading Persada)

Sleman - Pertandingan Liga 1 dipastikan tanpa penonton. Namun larangan itu tak membuat suporter tidak datang ke stadion. Laga pembuka PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 1 Oktober 2020, kemungkinan didatangi Bonek, suporter Persebaya. Mereka dikabarkan sudah berada di Sleman.

Larangan untuk tidak datang ke stadion tidak menyurutkan langkah suporter yang bermodal nekat. Bahkan kekhawatiran akan adanya suporter yang mencoba mengintip peluang untuk bisa datang menyaksikan pertandingan di stadion tampaknya bisa menjadi kenyataan.

Ini yang menjadi kewaspadaan tersendiri. Pasalnya kompetisi akan menerapkan protokol yang ketat. Penonton dilarang datang ke stadion. Bahkan sudah ada wacana bila suporter datang, maka tim langsung dinyatakan kalah. 

Semula kami akan berkoordinasi dengan teman-teman Bonek yang ada di Surabaya terkait laga nanti

Kekhawatiran adanya suporter yang nekat datang dirasakan langsung Tri Mulyanta, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Pertandingan PSS. Mbah Mul, biasa dia disapa, mengatakan sudah ada beberapa suporter Persebaya yakni Bonek Mania yang datang ke Yogyakarta.

"Sudah ada beberapa Bonek Mania yang datang ke Yogyakarta. Padahal pertandingan masih awal Oktober dan dipastikan tanpa dihadiri penonton serta suporter di stadion," kata Mbah Mul di Sleman, Sabtu, 26 September 2020.

Panpel Koordinasi dengan Bonek

Meski belum melihat secara langsung dan memastikan ada tidaknya Bonek yang sudah ada di Yogyakarta, namun Mbah Mul mengaku sudah mendapatkan informasi tersebut. Menariknya, dia justru mendapat informasi kedatangan pendukung Persebaya itu dari sejumlah pengurus Bonek yang ada di Surabaya.

"Semula kami akan berkoordinasi dengan teman-teman Bonek yang ada di Surabaya terkait laga nanti. Ternyata mereka malah memberitahu bahwa secara bergelombang sudah ada Bonek yang datang ke Yogya," tutur dia.

Atas dasar itu, Mbah Mul mengaku Panpel PSS bakal bekerja lebih keras agar laga dipastikan tanpa penonton dan suporter yang datang ke stadion. Menurut dia pengamanan akan diperketat di setiap ring dari total 3 ring yang dipasang di sekitar stadion.

"Tentu keamanan akan diperketat. Ini melibatkan personel Polri dari Polres hingga Polda termasuk TNI. Nanti kalau ada (suporter) yang tetap nekat datang dan sudah ada di sekitar stadion, kami akan usir menjauh," ujar dia menegaskan.

Selain itu koordinasi dengan kelompok suporter makin diintensifkan. Tak hanya suporter PSS seperti Slemania dan BCS (Brigatta Curva Sud) saja, namun koordinasi juga dilakukan dengan suporter Persebaya, Bonek dari Surabaya hingga yang ada di Yogyakarta.

Baca juga: 

Ini Kerugian Bentrok Aremania Vs Bonek di Blitar

Khofifah Prihatin Rusuh Aremania Vs Bonek di Blitar

"Koordinasi lebih pada meningkatkan pemahaman kepada mereka bahwa karena pandemi maka setiap laga sepak bola di Indonesia tidak boleh ada penonton dan suporter di stadion. Jadi kami meminta ke mereka untuk ikut mengkampanyekan hal itu ke teman-temannya," papar Mbah Mul.

Terkait wacana regulasi klub dinyatakan kalah jika suporter hadir langsung ke stadion, Mbah Mul mengaku hingga saat ini belum menerima informasi resmi. Bila sudah diresmikan tentu pihaknya akan melakukan sosialisasi ke suporter. []

Berita terkait
Menanti Aksi PSS Sleman Vs Persebaya Tanpa Suporter
Laga PSS Sleman melawan Persebaya Surabaya menjadi pembuka dilaksanakannya kompetisi kasta tertinggi. Laga digelar tanpa kehadiran suporter.
Awas, Slemania Dilarang ke Stadion Dukung PSS di Liga 1
Slemania, salah satu kelompok suporter PSS Sleman, memastikan tidak datang ke stadion saat tim bertanding. Suporter patuhi larangan ke stadion.
Persebaya Surabaya Jadi Lawan Pertama PSS Sleman
PSS Sleman memulai laga di Liga 1 yang tertunda karena Covid-19 dengan menghadapi Persebaya Surabaya. Laga digelar di kandang PSS di Maguwoharjo.
0
Jalan Tol Serpong-Cinere Bayar Rp 11.000 Mulai 2 Juni
Jalan Tol Serpong-Cinere, ruas Seksi I Serpong-Pamulang mulai dikenakan tarif sebesar Rp11.000 untuk golongan 1 mulai Rabu, 2 Juni 2021.