UNTUK INDONESIA
Dubes Amerika Serikat Serahkan Surat Kepercayaan ke Jokowi
Duta Besar (Dubes) baru Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Sung Kim menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Jokowi.
Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia Sung Kim (kiri) menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo (kanan) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (21/10/2020). (foto: Handout Biro Pers Sekretariat Presiden RI).

Jakarta - Duta Besar (Dubes) baru Amerika Serikat untuk Republik Indonesia Sung Kim menyerahkan surat kepercayaan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2020. 

Mengenal negara yang indah ini.

Menurut Kim, antara Amerika Serikat dengan Indonesia memiliki hubungan yang kuat. Dia pun menantikan masa depan dengan lebih banyak lagi kemajuan. 

"Saya berharap untuk dapat bekerja demi kebaikan masyarakat Indonesia dan Amerika, dan mengenal negara yang indah ini," ujar Kim dalam keterangan tertulis Kedubes AS yang diterima wartawan di Jakarta, dikutip Tagar, Rabu, 21 Oktober 2020. 

Baca juga:  LIPI Catat Empat Prestasi Positif Jokowi - Ma'ruf Amin

Dalam keterangan tersebut diterangkan, Dubes Amerika Serikat tiba di Jakarta pada 4 Oktober 2020. Dia telah merampungkan karantina selama 14 hari. 

Duta Besar Sung Kim dipilih sebagai duta besar AS untuk RI pada 16 Oktober 2019. Hal tersebut telah dikonfirmasi oleh semua anggota Senat pada 6 Agustus 2020. 

Kim sebelumnya menjabat sebagai dubes AS untuk Republik Filipina dari November 2016 hingga Oktober 2020. Dia juga pernah menjabat sebagai dubes AS untuk Republik Korea pada 2011-2014. 

Di antara waktu menduduki kedua posisi dubes tersebut, Kim menjabat sebagai Perwakilan Khusus untuk Kebijakan Korea Utara di Washington DC. 

Baca juga: Efek Domino Revisi UU KPK Picu Ketidakpuasan ke Jokowi

Sebelumnya, Dubes Kim memegang posisi sebagai Utusan Khusus Perundingan Enam Negara, dengan tingkatan setara duta besar. Ia juga pernah berdinas di Tokyo, Kuala Lumpur, dan Hong Kong. 

Sebelum bergabung dengan Dinas Luar Negeri, Dubes Kim bekerja sebagai seorang jaksa di Los Angeles, California. 

Kim dilahirkan di Seoul, Korea Selatan, dan besar di Los Angeles. Ia menyelesaikan pendidikan S1 di University of Pennsylvania dan jenjang S2 bidang hukum di Loyola University. 

Dia juga memiliki gelar Magister Hukum dari London School of Economics dan gelar doktor kehormatan dari Catholic University of Korea. Dubes Kim dan istrinya dikaruniai dua orang anak perempuan. []

Berita terkait
Gambar Jokowi Dibakar, Muannas Beri Peringatan ke Mahasiswa
Ketua Cyber Indonesia Muannas Alaidid memberikan peringatan ke mahasiswa yang membakar baliho gambar Presiden Jokowi saat aksi unjuk rasa.
Wanita Tewas di Sukoharjo Ternyata Kerabat Presiden Jokowi
Wanita tewas di dalam mobil yang terbakar di Sukoharjo ternyata masih kerabat dari Presiden Jokowi
Baliho Jokowi Dibakar Massa, Muannas: Polri Harus Tindak Tegas
Ketua Umum Cyber Indonesia Muannas Alaidid meminta Polri herus bertindak tegas dengan pembakaran baliho Presiden Jokowi oleh pedemonstran.
0
Lima Pesan Risma ke DPRD Jakarta Soal Penanggulangan Banjir
Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta menemui Tri Rismaharini untuk belajar penanggulangan banjir di Kota Surabaya.