UNTUK INDONESIA
Dua Hektare Ladang Ganja Ditemukan di Madina
BNNP BNNK Mandailing Natal menemukan ladang ganja seluas dua hektare di wilayah perbukitan Tor Sihite, Desa Banjar Lancat, Mandailing Natal.
Tim gabungan menemukan ladang ganja di perbukitan Tor Sihite, Desa Banjar Lancat, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal. (Foto: Tagar/Istimewa)

Mandailing Natal - Tim gabungan dari Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Sumatera Utara bersama Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Mandailing Natal (Madina), BNNK Tanjung Balai dan BNNK Asahan dan Polres Madina, menemukan ladang ganja dengan luas sekitar dua hektare di wilayah perbukitan Tor Sihite, Desa Banjar Lancat, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara, Minggu 3 November 2019.

Temuan ladang ganja dengan luas sekitar dua hektare yang ditumbuhi ribuan tanaman ganja ini merupakan tindak lanjut dari hasil lidik yang dilaksanakan sebelumnya oleh tim pemberantasan BNNK Mandailing Natal.

Kepala BNNK Madina, AKBP Ramlan menyebutkan, operasi tersebut merupakan tindak lanjut penyelidikan dari sejumlah kasus yang pernah ditangani sebelumnya.

Tim gabungan menemukan dua hektare ladang yang berisi tanaman ganja sekitar 7.500 batang.

"Operasi dimulai pada Minggu pagi sekitar pukul 7.00 Wib hingga sore sekitar pukul 17.00 Wib. Dengan menyusuri perbukitan Tor Sihite di Desa Bandar Lancat, Kecamatan Panyabungan Timur, Kabupaten Madina, ujar Ramlan, Senin 4 November 2019.

"Tim gabungan menemukan dua hektare ladang yang berisi tanaman ganja sekitar 7.500 batang. Dengan ketinggian 1 meter hingga 3 meter, dan usia tanaman sekitar lima bulan dan telah siap panen," sambungnya.

Dalam operasi itu, kata dia, tim gabungan tidak menemukan pemilik ladang ganja tersebut. Namun AKBP Ramlan menegaskan akan terus memburu pemiliknya.

Dia mengharapkan peredaran gelap narkotika khususnya ganja dapat diminimalisir di wilayah Kabupaten Madina.

"Kesadaran masyarakat akan bahaya narkotika sangat kita harapkan. Khususnya para penanam ganja sadar bahwa usaha tanam ganja merupakan tindakan ilegal, dan para penanam ganja ini kiranya mau mengalihkan jenis tanamannya ke tanaman holtikultura, sehingga predikat Kabupaten Madina sebagai penghasil ganja nomor 2 di Indonesia dapat dihilangkan," katanya. []

Baca juga:

Berita terkait
Pencarian Korban Banjir Mandailing Natal Masih Dilakukan
“Jumlah korban yang hilang masih dapat berubah karena belum dapat dipastikan," ujar Sutopo.
Gordang Sembilan Mandailing Iringi Jokowi Sambut Presiden Federasi Serikat Mikronesia
Gordang Sembilan Mandailing iringi Jokowi sambut Presiden Federasi Serikat Mikronesia Peter M Christian. Selain iring-iringan pasukan drum band Paspampres diikuti pasukan berkuda dan pasukan berpakaian prajurit kerajaan, para siswa berpakaian adat terlihat mengibarkan bendera kedua negara.
Lagi, TNI Temukan Ladang Ganja 1,5 Hektare di Mandailing Natal
Penemuan ladang ganja di Pegunungan Torsihite bukan kali ini saja. Personel TNI sudah berulang kali menemukan ladang ganja di sana.
0
Data Bansos Dampak Covid-19 Kemensos di Bantul Kacau
Lurah di Bantul, Yogyakarta, dipusingkan data penerima bansos dampak Covid-19 dari Kemensos.