UNTUK INDONESIA

DPRD Bulukumba Minta Desa Miliki Perpustakaan

DPRD) Bulukumba, H. Rijal sangat berharap setiap Pemerintah Desa di Kabupaten Bulukumba memiliki perpustakaan sebagai pusat belajar bersama.
Ketua DPRD Bulukumba, H. Rijal Didampingi Wakil Ketua I DPRD Bulukumba, Aminah Syam (Foto:Tagar/Humas DPRD Bulukumba)

Jakarta - Perpustakaan memang memiliki peranan penting dalam menumbuhkan minat baca masyarakat. Keberadaannya turut mencerdaskan kehidupan bangsa, termasuk dalam perpustakaan desa (perpusdes).

Olehnya itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba, H. Rijal sangat berharap setiap Pemerintah Desa di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan (Sulsel) memiliki perpustakaan sebagai pusat belajar bersama.

"Kami harap setiap desa di Bulukumba memiliki perpustakaan sebagai rumah baca guna pusat belajar bersama masyarakat masing-masing desa," kata H. Rijal, Senin 14 September 2020.

Menurut Rijal, pembentukan perpustakaan setiap desa merupakan bentuk dalam rangka memfasilitasi dan memajukan peradaban melalui peningkatan minta baca masyarakat.

"Minimal satu perpustakaan satu desa. Tempatnya bisa kita tempatkan di masjid atau dimana saja, yang jelas tempatnya bagus. Sehingga kalau ada waktu luang, mereka kumpul dan belajar," kata dia.

Ia berharap setelah perpustakaan dibentuk oleh masing-masing desa di Bulukumba, masyarakat selalu membiasakan diri untuk berkunjung ke perpustakaan desa da menggalakkan kebiasaan membaca.

"Masa covid begini, kegiatan belajar formal dibatasi. Berkunjung ke perpustakaan atau tempat rumah baca merupakan media pendidikan alternatif untuk saat ini," ungkapnya.

Diketahui, tahun 1995 hampir semua perpustakaan baik yang berada di pusat ataupun di berbagai daerah, mengadakan kegiatan untuk memeriahkan perayaan hari kunjung perpustakaan.

Bahkan sampai saat ini perayaan tersebut masih terus digaungkan oleh lembaga perpustakaan ataupun penggiat literasi. []

Baca juga:

Berita terkait
Satpol PP di Rumah Wakil Ketua DPRD Bulukumba Dianiaya
Polres Bulukumba sudah menangkap enam orang terduga pelaku penganiayaan terhadap anggota Satpol PP yang bertugas di rumah dinas Wakil Ketua DPRD.
Aktivis Apresiasi DPRD Bulukumba Soal Perda Pemuda
Sejumlah aktivis di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan mengapresiasi Ranperda yang digagas oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bulukumba
Delapan Fraksi DPRD Bulukumba Menolak UU Cipta Kerja
Sejumlah anggota DPRD Bulukumba menyatakan menolak Undang-Undang Cipta Kerja yang disahkan DPR RI.
0
Pria Pencuri Sepeda Motor di Padang Diringkus Polisi
Seorang pencuri sepeda motor di Kota Padang diringkus polisi.