DPR : Pelabelan Teroris Terhadap KKB Tidak Tepat

KKB jauh berbeda dengan kelompok teroris di Poso yang selalu memunculkan teror dalam setiap aksinya.
Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata di Papua. (Foto: Tagar/Ist)

Jakarta - Sebutan teroris sudah melekat pada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Papua. Namun, Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP, Effendi Simbolon, menilai sikap pemerintah yang melakukan pelabelan teroris terhadap KKB tidak tepatlah. Effendi menilai strategi Indonesia untuk mengatasi gerakan referendum di Papua jauh tertinggal.

"Pada dasarnya kalau melihat dari strategi kita saat ini memang jujur saya melihat kita tertinggal, ya, dari gerakan-gerakan referendum itu sendiri," kata Effendi saat menghadiri diskusi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis, 23 September 2021.

Menurut Effendi, seharusnya pemerintah tidak mengkerdilkan kelompok tersebut, karena ia menilai KKB jauh berbeda dengan kelompok teroris di Poso yang selalu memunculkan teror dalam setiap aksinya.

"Kita kadangkala ingin mengeneralisir menghadapi masalah di Papua itu seperti teroris di tempat lain di wilayah Indonesia gitu. Saya kira menurut saya agak keliru lah Mahfud CS itu," tegasnya.

Effendi berpendapat, pelabelan teroris yang dilakukan pemerintah terhadap KKB justru membuat agak sulit untuk menarik simpati publik yang sampai saat ini justru berpihak pada kelompok yang menginginkan referendum. Karena, apabila pemerintah menghadapi KKB dengan cara-cars seperti itu hanya akan membuat pemerintah semakin ketetern dalam menyelesaikan konflik di Papua,

"Jadi mungkin untuk menghilangkan politik dalam negeri tapi sebenarnya kalo kita melihat pola kerja kita untuk menghadapi mereka juga saya kira ya saya melihat dalam waktu ke waktu ini akan semakin keteteran," pungkasnya. []


Baca Juga :


Berita terkait
Nakes Jadi Korban KKB di Papua, Satgas Pemerintah Berduka
Seluruh pihak diharapkan menjaga stabilitas keamanan dan kenyamanan kerja para nakes, mengingat tugas mereka yang sangat berat dan mulia.
Aksi Baku Tembak KKB di Papua, Anggota TNI Tertembak
Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan aksi baku tembak dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Papua dan salah satu TNI tertembak.
Pesawat Rimbun Air Jatuh Bukan karena Ditembak KKB Papua
Polisi telah meminta keterangan warga sekitar dan dipastikan tak ada yang mendengar bunyi gaduh tembakan.
0
Cara Membuat Camilan Manis Turki yang Muncul di Film Narnia
Cemilan Turkish Delight merupakan salah satu cemilan yang muncul dalam film The Chronicles Of Narnia. Berikut resep dan cara membuatnya.