UNTUK INDONESIA
Donald Trump di Puncak Tertinggi Kasus Corona
Donald Trump harus menghadapi kenyataan negaranya pemegang rekor tertinggi kasus positif corona Covid-19. Ini profil lengkap Presiden AS tersebut.
Presiden Amerika Serikat, Donald Trump. (Foto: Flickr/The Epoch Times)

Jakarta - Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan puncak kematian akibat terjangkitnya virus corona Covid-19 di AS akan terjadi dalam dua pekan ke depan. Oleh karenanya ia melakukan perpanjangan pedoman menjaga jarak sosial atau social distancing untuk mengantisipasi penyebaran virus hingga 30 April 2020.

"Puncak kematian bisa terjadi saat Hari Paskah (12 April)," kata Trump pada Minggu, 29 Maret 2020 seperti dikutip dari AFP.

Negeri Abang Sam menjadi negara terparah yang terpapar pandemi Covid-19. Angka penderitanya melebihi negara mana pun di dunia, termasuk China, negara asal virus corona. Per Sabtu, 28 Maret 2020, sudah ada lebih dari 103 ribu kasus positif.

Puncak kematian bisa terjadi saat Hari Paskah.

Donald TrumpPresiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan pandemi virus corona Covid-19 sebagai darurat nasional saat Wakil Presiden Mike Pence mneyimak dalam konferensi pers di Rose Garden Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Jumat, 13 Maret 2020. (Foto: Antara/Reuters/Jonathan Ernst)

Profil Donald Trump

Donald John Trump atau lebih dikenal dengan Donald Trump lahir di New York City, Amerika Serikat pada 14 Juni 1946 dari pasangan Fred Trump seorang ahli pembangunan dan pemasaran Real Estate di New York. 

Namanya dikenal masyarakat luas sebagai pengusaha sukses juga sebagai host acara televisi. Selain itu, ia juga seorang penulis, ketua dan presiden The Trump Organization dan pendiri Trump Entertainment Resorts. Kehidupan yang berkecukupan membuat gaya hidupnya boros. Hal itu diakuinya secara terbuka di reality show NBC, The Apprentice. 

Trump menempuh studi di The Kew-Forest School di Forest Hills, Queens. Tetapi karena ada masalah, di usia 13 tahun ia kemudian dikirim ke Akademi Militer New York. Karena didikan sang ayah, Trump mendapatkan beberapa penghargaan akademis serta mampu menjadi kapten tim baseball pada tahun 1964.

Selanjutnya, Trump melanjutkan kuliah di Universitas Fordham, tetapi ia pindah ke Wharton School di Universitas Pennsylvania. Pada tahun 1968, akhirnya ia dapat menyelesaikan gelar sarjana ekonomi dengan bidang konsentrasi keuangan, yang kemudian membuat ia bergabung di perusahaan real estate milik ayahnya.

Menekuni Pengusaha Real Estate

Trump mengembangkan potensinya di perusahaan milik ayahnya The Trump Organization,yang bergerak di bidang penyewaan rumah kelas menengah. Proyek pertama yang Trump tangani yaitu di Cincinnati Ohio untuk melakukan renovasi komplek apartemen Swifton Village.

Donald TrumpPresiden Amerika Serikat ke-45 Donald Trump. (Foto: wbur.org)

Saat Amerika Serikat menghadapi resesi tahun 1990, Trump mengalami kesulitan membayar utang, ia dihadapkan masalah pembayaran pinjaman sebesar 1 miliar dolar untuk kasino ketiganya yakni Taj Mahal dengan bunga yang sangat tinggi. Dan pada tahun 1991 bisnis Trump mengalami kemunduran.

Pada akhir tahun 1992 setelah tidak mampu membayar utang, salah satu usahanya yaitu Trump Plaza Hotel terpaksa merencanakan paket perlindungan dari kebangkrutan. Pada tahun 2004, Donald Trump mengembangkan karier di bidang pertelevisian. Donald Trump menjadi pembawa acara di NBC acara realitas dan produser eksekutif. 

Tahun demi tahun karier Trump di bidang pertelevisian semakin berkembang pesat hingga pada tahun 2007 ia mendapatkan penghargaan atas program The Apprentice dengan menerima sebuah bintang di Hollywood Walk of Fame.

jkw-trumpPresiden Joko Widodo bersama Presiden AS Donald Trump saat bertemu di ruang tunggu INTEX, Osaka Jepang sebelum pertemuan KTT G20 pada Jumat (28/6/2019). (Foto: Antara/Biro pers, Setpres)

Menurut majalah Forbes tahun 2016, kekayaan Donald Trump saat menjadi presiden sekitar 3,7 miliar dollar atau sekitar 49,3 triliun rupiah.

Kehidupan Asmara

Pada tahun 1977, Trump menikah dengan Ivana Zelnickova tapi pada tahun 1992 mereka bercerai. Dari perkawinan itu mereka dikaruniai tiga anak bernama Donald Jr, Ivanka dan Eric. Pada tahun ahun 1992, Donald Trump menikah dengan Marla Maples dan memiliki satu anak bernama Tiffany. 

Pada tahun 2004, Trump melamar seorang wanita bernama Melanija Kanvs yang kemudian menikah pada tahun 2005. Dari pernikahan ketiga ini mereka dikaruniai seorang anak laki-laki.

Terjun ke Politik dan Menjadi Presiden Amerika Serikat

Trump memutuskan untuk terjun ke politik dan mendeklarasikan diri sebagai calon presiden dari Partai Republik pada Juni 2015. Pada Mei 2016, para pesaingnya di Partai Republik resmi menghentikan kampanye untuk melawan Trump. Pada Juli 2016, ia secara resmi dicalonkan sebagai presiden pada Konvensi Nasional Republik 2016.

Ucapan kampanye yang kerap kontroversial menjadikannya mendapat perhatian dari media secara luas di dalam maupun luar negeri. Sejumlah kegiatan kampanye Trump sepanjang pemilihan pendahuluan dibarengi unjuk rasa.

Pada pemilu 2016 itu, Trump menang sebagai presiden Amerika Serikat ke-45 dari calon Partai Demokrat, Hillary Clinton. Ia dilantik pada 20 Januari 2017 yang menjadikannya sebagai orang tertua yang menjabat sebagai presiden Amerika Serikat yaitu pada usia 70 tahun.

Ayah

  • Fred Trump (Ayah)
  • Mary MacLeod Trump (Ibu)

Saudara

  • Fred Trump, Jr 
  • Maryanne 
  • Robert 
  • Elizabeth 

Istri

  • Ivana Trump (Atlet/Model, 1977 - 1992)
  • Marla Maples (Aktris, 1993 - 1999)
  • Melania Trump (Model, Sejak 2005)

Anak-Anak

  • Donald Trump Jr 
  • Ivanka Trump 
  • Eric Trump 
  • Tiffany Trump 
  • Barron Trump

Pendidikan

  • New York Military Academy
  • Fordham University
  • The Wharton School. []

Baca juga:

Berita terkait
Tekan Covid-19, Trump Batasi Perjalanan dari Eropa
Presiden AS, Donald Trump mengeluarkan pengumuman resmi mengenai pembatasan perjalanan ke Eropa untuk menekan penyebaran virus corona Covid-19.
Kronologi AS Minta Bantuan China Atasi Virus Corona
Pandemi virus corona (Covid-19) terjadi saat pasang-surut hubungan Amerika Serikat (AS) dan China. Teranyar Donald Trump telepon Xi Jinping.
Episentrum Covid-19 Pindah ke Amerika Serikat
Prediksi WHO tentang episentrum penyebaran virus corona (Covid-19) dari China ke Eropa yang selanjutnya ke Amerika Serikat (AS) terbukti sudah
0
Pasien Suspek Corona asal Sibolga Meninggal di Medan
Satu orang pasien dalam pengawasan (PDP) Covid-19 asal Kota Sibolga meninggal dunia di Rumah Sakit Martha Friska Medan.