UNTUK INDONESIA
Doa Saat Potong Rambut Gimbal Nenek Sukiyah Semarang
Ada doa yang dipanjatkan Ardian, saat memotong rambut Sukiyah, nenek asal Kabupaten Semarang yang tak mandi 27 tahun.
Ardian Kurniawan Santosa, penolong nenek Sukiyah saat di rumah Sukiyah. (Foto: Tagar/Sigit AF)

Semarang - Aksi penyelamatan Ardian Kurniawan Santosa terhadap Sukiyah 50 tahun, warga Getasan, Kabupaten Semarang hingga sekarang masih banjir pujian. Aksi itu memang terbilang heroik mengingat Sukiyah hidup terabaikan secara sosial hampir 27 tahun terakhir. 

Bismillahirohmannirrohim, agar apa yang saya kerjakan dapat berjalan lancar.

Saat ditemui Tagar, Ardian Kurniawan Santosa mengungkapkan doa yang dibacanya sebelum masuk ke rumah Sukiyah pada Rabu, 22 Januari 2020. Doa itu juga dipanjatkan ketika hendak memotong rambut gimbal sang nenek. 

"Bismillahirohmannirrohim, agar apa yang saya kerjakan dapat berjalan lancar. Itu doa yang saya baca sebelum masuk rumah beliau," ungkap dia, Selasa, 28 Januari 2020.

Ia menceritakan, saat pertama memasuki rumah Sukiyah sempat merasa takut dan ragu karena tidak ada lampu yang menerangi. Bahkan, ruangan tempat Sukiyah tidur mampak kotor dengan aroma bau tak sedap.

"Saat pertama takut, sorot matanya terlihat beda. Namun dengan niat yang tulus akhirnya saya beranikan diri," katanya.

Awalnya Ardian juga susah untuk berkomunikasi dengan Sukiyah. Hampir selama 30 menit ia mencoba untuk terus berkomunikasi hingga akhirnya Sukiyah mau diajak komunikasi.

"Iya Ibu Sukiyah ini awalnya tidak mau berbicara dengan orang. Baru dengan saya ini dia mau berbicara," jelas pria yang keseharian aktif di Masyarakat Relawan Indonesia Aksi Cepat Tanggap (MRI-ACT) ini.

Ardian juga mengungkapkan, meski tak pernah keluar rumah, nenek bertubuh kurus itu sedikit banyak tahu dunia luar. Ia mengatakan, Sukiyah tahu soal destinasi wisata Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

"Bu Sukiyah itu kalau ngobrol tau apa yang ada di luar. Padahal dia kan tak pernah keluar rumah ya. Akhirnya yang saya lakukan saat itu hanya menyambung apa yang dia bicarakan hingga akhirnya Bu Sukiyah nyaman," paparnya.

Untuk diketahui, Sukiyah sempat viral lantaran ditemukan tak mandi selama 27 tahun. Tak heran rambut gimbalnya memanjang hingga dua meter. Malah pernah dijadikan tempat bersarang ulat dan tikus. Saat ini kondisi Sukiyah telah membaik dan dirawat di Rumah Pemulihan Efata di Getasan, Kabupaten Semarang. []

Baca juga: 

Berita terkait
Kondisi Sukiyah, Nenek Semarang Tak Mandi 27 Tahun
Sukiyah, nenek asal Kabupaten Semarang, tak mandi selama 27 tahun. Bagaimana kondisinya sekarang?
Nenek 96 Tahun Ini Akhirnya Masuk SMA, Alasannya Bikin Terharu
Meski rambutnya sudah beruban dan kulitnya berkerut tak membuatnya patah semangat.
Mengunjungi Mbah Ngatini, Nenek Viral di Semarang
Mbah Ngatini berusia 90 tahun mendadak viral di media sosial khususnya Twitter. Ada yang menyangkanya gila atau pengemis. Siapa dia?
0
Orang Tua Ajari Anak Jaga Kebersihan Cegah Corona
Dampak dua warga Depok terinfeksi virus Corona, membuat orang tua murid SDN Anyelir 1 Depok resah dan khawatir.