UNTUK INDONESIA
DKM Sebut 30 Korban di Dalam Al-Falah Termasuk Ninoy
Pembina DKM Masjid Al Falah Iskandar menyebutkan Ninoy Karundeng termasuk dalam 30 korban yang berada di rumah ibadah itu.
Masjid Al Falah di Pejompongan, Jakarta Pusa, pada Rabu (9/10/2019). (Foto: Antara/Livia Kristianti)

Jakarta - Pembina DKM Masjid Al Falah Iskandar menyebutkan relawan Joko Widodo (Jokowi) Ninoy Karundeng termasuk dalam 30 korban demo berujung ricuh yang berada di rumah ibadah itu pada Selasa dini hari 1 Oktober 2019.

Iskandar membantah Masjid Al Falah menjadi tempat penyekapan Ninoy ketika wilayah demonstrasi di sekitar Kompleks Parlemen Senayan memanas.

"Tidak ada penyekapan. Dokter ada di dalam, paramedis di dalam, korban sebagian di dalam, termasuk si Ninoy," kata dia saat ditemui di Masjid Al Falah, Rabu 9 Oktober 2019, seperti dikutip dari Antara.

Iskandar menceritakan saat aparat menembakan gas air mata para pendemo berbondong-bondong masuk ke fasilitas umum yang paling dekat dengan Jalan Alteri, Pejompongan, Jakarta Pusat yaitu Masjid Al Falah.

Masyarakat yang tergerak untuk membantu para korban pun menjadikan tempat ibadah tersebut menjadi posko pengobatan bagi korban-korban dari gas air mata. Terdapat 30 korban demo dalam masjid tersebut.

"Ada sekitar 30 korban di dalam, Ninoy juga termasuk di dalamnya," kata Fauzan yang merupakan salah satu jamaah aktif di masjid yang terletak dekat DPR itu.

Fauzan pun mengatakan masyarakat dan massa di masjid tidak tahu identitas Ninoy Karundeng pada saat dievakuasi setelah dipukuli massa di luar masjid.

"Setau saya itu bukan disekap, kalaupun dipulangkan pagi hanya untuk menjaga situasi," kata Iskandar.

Sebelumnya, Ninoy Karundeng melaporkan penganiayaan dialami olehnya pada saat merekam pedemo yang terkena gas air mata di daerah Pejompongan pada Senin 30 September 2019.

Dia mengaku dibawa paksa ke sebuah tempat dan dianiaya. Berdasarkan pengakuan tersebut Polda Metro Jaya menetapkan 13 tersangka, salah satunya adalah Sekretaris Umum PA 212 Bernard Abdul Jabbar.

Berita terkait
Kasus Ninoy, Bernard Abdul Jabbar Dibantu 100 Pengacara
Bernard Abdul Jabbar akan dibantu 100 pengacara melawan Ninoy Karundeng atas kasus penganiayaan relawan Jokowi itu.
Mengenal Bernard Abdul Jabbar, Tersangka Penganiaya Ninoy Karundeng
Mengenal Sekjen PA 212 Bernard Abdul Jabbar, mualaf yang ditetapkan menjadi tersangka penganiayan relawan Jokowi, Ninoy Karundeng.
Anggota Ormas Penganiaya Ninoy Tinggal di Tanah Abang
Kepolisian menyebut penganiaya pegiat medsos relawan Jokowi, Ninoy Karundeng tinggal di Jakarta.
0
Antara Joker dan Denny Siregar
Netizen mengekspresikan euforia film Joker dengan membuat status di media sosial. Tak ketinggalan penulis Denny Siregar.