UNTUK INDONESIA
Dinkes Kabupaten Cirebon Siap Pakai Vaksin Covid-19
Dinkes Kabupaten Cirebon, Jabar, menyatakan siap menggunakan vaksin Covid-19 bilamana terdapat aturan yang jelas
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon Enny Suhaeni. (Foto: Charles/Tagar)

Cirebon - Vaksin Covid-19 asal Tiongkok, Sinovac, saat ini sedang diuji klinis oleh PT Bio Farma dan Unpad Bandung. Rencana uji coba vaksin tersebut pun akan dilakukan oleh sejumlah relawan di wilayah Bandung Raya, Jawa Barat, mulai Agustus 2020. Jika uji coba vaksin ini berhasil maka vaksin tersebut akan dibagikan kepada masyarakat.

Atas dasar rencana itu, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, mengatakan siap menggunakan vaksin bilamana terdapat aturan yang jelas terkait dengan pemanfaatan vaksin Covid-19. "Jika vaksin udah ada dan itu diharuskan oleh Kemenkes kita siap manfaatkan vaksin," kata Kepala Dinkes Kabupaten Cirebon, Enny Suhaeni, 6 Agustus 2020.

Menurut Enny, vaksin yang sedang direncanakan oleh pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Barat dimaksudkan untuk melindungi masyarakat dari penularan virus SARS-COV-2. "Vaksin itu kan mau diuji coba dan dimaksudkan buat ngelindungi masyarakat," ujarnya.

Ketika ditanya soal sasaran yang nantinya akan diberikan vaksin, sambung Enny, pihaknya belum mengetahui secara pasti sasaran yang akan diberikan vaksin. "Secara pasti kita belum tahu sasaran masyarakat yang nantinya diberikan vaksin," tutur Enny.

Pasalnya, pihaknya belum menerima arahan apapun karena sejauh ini masih dalam proses uji coba. "Jika Pemprov menginstruksikan maka kami siap menjalankan apa yang diinstruksikan," ujar Enny.

Enny menegaskan apa yang menjadi kebijakan pemerintah akan membawa kebaikan bagi masyarakat. Sehingga masyarakat tidak perlu khawatir. "Apapun yang jadi kebijakan itu akan membawa kebaikan bagi masyarakat," tutur Enny. []

Berita terkait
Kang Emil Pasang Badan Relawan Uji Vaksin Covid-19
Jika pemeriksaan kondisi tubuhnya lancar dan tidak ada penyakit penyerta dan masuk kriteria usia 20-59 tahun Kang Emil relawan uji vaksin Covid-19
Vaksin Covid-19 Normalkan Kehidupan Warga Jabar
Vaksin asal Indonesia masih membutuhkan proses yang lama. Sehingga hanya ada satu yang sudah siap yakni dari Tiongkok
Erick Thohir Jamin Vaksin Covid-19 Bio Farma Halal
Menteri BUMN Erick Thohir mengajak masyarakat untuk tidak meragukan kualitas dan kehalalan vaksin Covid-19 produksi Bio Farma.
0
Dinkes Kabupaten Cirebon Siap Pakai Vaksin Covid-19
Dinkes Kabupaten Cirebon, Jabar, menyatakan siap menggunakan vaksin Covid-19 bilamana terdapat aturan yang jelas