Diberi Semangat Tetap Malas, 7 Ancaman Kesehatan Mengintai

Sahabat dan kekasih sudah memberi semangat, siap-siap 7 masalah kesehatan ini mengancam jika malas tetap jadi kebiasaan.
Ilustrasi malas. (Foto: yourstory.com)

Jakarta - Masih ingin bersikap malas-malasan menghadapi hari? Padahal sahabat dan kekasih sudah memberi semangat. Sepertinya Anda bakal terancam 7 masalah kesehatan jika malas tetap jadi kebiasaan.

Dilansir dari Boldsky, perilaku malas bisa membuat sirkulasi darah memburuk lho Tagarians. Akibatnya akan mengganggu kesehatan jantung dan otak. Kok bisa?

Selengkapnya, berikut 7 ancaman kesehatan yang mengintai orang-orang malas:

1. Stres

Stres bisa menjadi masalah pertama yang dialami oleh orang-orang yang malas. Tidak melakukan apapun hingga enggan berpikir dalam memecahkan masalah ternyata bisa memicu stres. Kondisi itu mengakibatkan hormon endorfin (bahagia) menjadi berkurang.

2. Kesulitan tidur

Aktivitas Anda hanya didisi mengerjakan sedikit hal kemudian lebih banyak untuk malas-malasan, siap-siap terkena gangguan tidur. Karena energi yang disimpan untuk bermalas-malasan tidak habis, dan justru akan membuat Anda masih segar pada waktu malam.

Main ponsel di kelasIlustrasi main ponsel di kelas. (Foto Istimewa)

3. Metabolisme menjadi lambat

Akibat menjadi pemalas adalah melambatnya metabolisme pada tubuh. Energi yang diterima tubuh dari mengonsumsi makanan, sebenarnya digunakan untuk menjalankan aktivitas. Ketika Anda menghabiskannya dengan bermalas-malasan maka metabolisme tubuh akan melambat.

Baca juga:

4. Tekanan darah meningkat

Awal mula tekanan darah meningkat karena stres, bosan, dan jenuh tak beraktivitas. Jadi masih ingin tetap bermalas-malasan?

5. Berat badan cepat bertambah

Akibat dari metabolisme yang melambat, Anda hanya mengisi energi tetapi tidak mempergunakannya dengan baik. Kalori yang berada di tubuh, akhirnya tak terbakar dengan sempurna. Dari situ perubahan pada berat badan akan meningkat.

MalasIlustrasi malas. (Foto: yourstory.com)

6. Tulang menjadi lemah

Jangan sampai ancaman ini terjadi ketika Anda masih muda karena tidak ada yang ingin mempunyai penyakit tulang keropos. Untuk itu, janganlah bermalas-malasan karena akan menyebabkan tulang Anda melemah.

7. Sirkulasi darah menurun

Sirkulasi darah yang baik bergantung pada aktivitas keseharian. Jika tidak melakukan apapun, sirkulasi Anda akan menurun. Jika sirkulasi darah menurun maka banyak bahaya kesehatan mengancam tubuh Anda. (Niswatul Mahmudah)

Berita terkait
Kontroversi dan 3 Fakta Perayaan No Bra Day Tiap 13 Oktober
Setiap tahunnya pada tanggal 13 Oktober diperingati sebagai perayaan No Bra Day atau Hari Tanpa Beha.
Lapor ke Sini saat Ditagih Biaya Pengobatan Virus Corona
Pemerintah menanggung semua biaya masyarakat yang dirawat akibat virus corona. Anda bisa melaporkannya jika ditagih biaya pengobatan Covid-19.
Dokter Bicara Tren Tindik di Dalam Hidung, Bahaya Gak Sih?
Tindik atau piercing di bagian dalam hidung sedang hits. Namun, apakah mengikuti tren ini berbahaya?
0
Surat Terbuka Fahri Hamzah untuk Pegawai KPK
Politikus Fahri Hamzah melayangkan surat terbuka kepada pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sembari ucapkan selamat menempuh hidup baru.