UNTUK INDONESIA
Dibekukan AS, WHO Dapat dari China 30 Juta Dolar AS
China mengumumkan akan memberikan lagi donasi 30 juta dolar AS kepada wHO dalam membantu penanganan pandemi virus corona Covid-19.
Ilustrasi kantor pusat WHO. (Foto: Reuters|BBC)

Beijing - China pada Kamis, 23 April 2020 mengumumkan akan memberikan donasi lagi senilai 30 juta dolar AS kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dalam membantu penanganan pandemi virus corona Covid-19. Hal itu terjadi beberapa hari setelah Amerika Serikat (AS) menyatakan membekukan pendanaan untuk badan dunia tersebut.

"China memutuskan untuk menyumbang lagi 30 juta dolar AS dalam bentuk tunai kepada WHO, disamping sumbangan sebelumnya 20 juta dolar AS, untuk mendukung perang global melawan Covid-19 dan memperkuat sistem kesehatan negara-negara berkembang," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Geng Shuang pada konferensi pers, seperti diberitakan dari Channel News Asia.

Presiden AS, Donald Trump menuduh WHO menutup-nutupi wabah Covid-19 di China sebelum menyebar ke seluruh dunia.

Baca Juga: Corona, Trump: AS Stop Kasih Dana ke WHO 

Geng menambahkan, kontribusi China kepada badan PBB mencerminkan dukungan dan kepercayaan dari pemerintah dan rakyat China untuk WHO. AS yang merupakan kontribusi terbesar wHO pada pekan lalu menuduh WHO "salah mengatur" dalam penanganan krisis Covid-19. Dalam mengumumkan pembekuan dana pekan lalu, Presiden AS, Donald Trump menuduh WHO menutup-nutupi wabah Covid-19 di China sebelum menyebar ke seluruh dunia.

Saya mengarahkan pemerintahan saya untuk menghentikan pendanaan karena WHO telah salah urus dalam penanganan virus corona.

Trump mengatakan pembayar pajak AS menyediakan antara 400 juta dan 500 juta dolar AS per tahun untuk WHO. "Sementara "sebaliknya, China hanya menyumbang sekitar US $ 40 juta per tahun dan bahkan kurang," tuturnya.

Donald TrumpPresiden Amerika Serikat Donald Trump saat berbicara terkait penanganan virus Corona di Gedung Putih, Amerika Serikat. (Foto: YouTube/Guardian News).

Sebelumnya Presiden AS, Donald Trump menginstruksikan para menterinya untuk menghentikan bantuan pendanaan untuk WHO. Ia menilai WHO telah gagal dalam penanganan pandemi virus corona COvid-19 yang menyerang banyak negara.

Trump menuduh badan PBB itu salah kelola dan menutupi penyebaran virus setelah muncul pertama kali di Tiongkok. Ia sebelumnya menuduh WHO terlalu berpihak pada China.

Simak PulaWHO: Tiga Vaksin Coronavirus Diuji Coba

"Saya mengarahkan pemerintahan saya untuk menghentikan pendanaan karena WHO telah salah urus dalam penanganan virus corona,"kata Trump dalam konferensi pers di Gedung Putih seperti diberitakan dari BBC News, Rabu, 15 April 2020.[]

Berita terkait
Bos WHO Minta Stop Politisasi Virus Corona
Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta politisasi virus corona Covid-19 segera diakhiri.
Donald Trump Tuding WHO Gagal Tangani Virus Corona
Donald Trump memberikan kritik tajam terhadap WHO. Beragam tuduhan dilayangkan oleh orang nomor satu di Amerika Serikat itu.
Corona, Trump: AS Stop Kasih Dana ke WHO
Presiden AS, Donald Trump menginstruksikan menterinya untuk menghentikan pendanaan untuk WHO karena dinilai gagal dalam penanganan Covid-19.
0
Riwayat Kesehatan Bayi Suspek Covid-19 di RSUP Medan
Bayi berusia 40 tahun, suspek Covid-19 di RSUP Haji Adam Malik Medan, sejak lahir ternyata mengalami gangguan pernapasan.