UNTUK INDONESIA
Donald Trump Tuding WHO Gagal Tangani Virus Corona
Donald Trump memberikan kritik tajam terhadap WHO. Beragam tuduhan dilayangkan oleh orang nomor satu di Amerika Serikat itu.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan pandemi virus corona Covid-19 sebagai darurat nasional saat Wakil Presiden Mike Pence mneyimak dalam konferensi pers di Rose Garden Gedung Putih di Washington, Amerika Serikat, Jumat, 13 Maret 2020. (Foto: Antara/Reuters/Jonathan Ernst)

Jakarta - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump memberikan kritik tajam terhadap Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Trump menuduh WHO terlalu fokus kepada China dan mengeluarkan nasihat buruk selama pandemi virus Corona.

Mengapa mereka memberi kami rekomendasi yang salah seperti itu?

"WHO benar-benar gagal," kata Trump dalam posting Twitter-nya seperti dikutip Reuters.

Trump mengatakan untuk beberapa alasan, (meskipun) sebagian besar didanai oleh AS, (WHO) sangat China-sentris. Ia merasa beruntung menolak saran WHO membuka perbatasan ke China sejak awal. 

"Mengapa mereka memberi kami rekomendasi yang salah seperti itu?" ucap Presiden Amerika itu.

Pada 31 Januari, WHO menyarankan setiap negara membiarkan perbatasannya tetap terbuka meskipun wabah menyebar. Namun, organisasi kesehatan itu menegaskan setiap negara memiliki hak mengambil langkah-langkah guna melindungi warganya.

Pada hari yang sama, pemerintah AS mengumumkan melakukan pembatasan perjalanan dari China.

Kaum konservatif AS kian keras mengkritik WHO selama pandemi global dengan mengatakan badan kesehatan dunia itu mengandalkan data wabah virus Corona yang salah dari China.

Pekan lalu, Senator Marco Rubio menyerukan pengunduran diri Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus, dengan mengatakan, "dia membiarkan Beijing memanfaatkan WHO untuk menyesatkan masyarakat global."[]

Berita terkait
Donald Trump Borong Hidroksiklorokuin Obat Corona
Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan telah membeli Hidroksiklorokuin dalam jumlah besar yang akan digunakan untuk obat pasien Corona.
Donald Trump di Puncak Tertinggi Kasus Corona
Donald Trump harus menghadapi kenyataan negaranya pemegang rekor tertinggi kasus positif corona Covid-19. Ini profil lengkap Presiden AS tersebut.
Bertemu Donald Trump, Jokowi Sewa Pesawat
Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan Presiden Jokowi akan menyewa pesawat untuk bertemu Presiden Amerika Serikat Donald Trump, Maret 2020.
0
Gigi Hadid Positif Hamil, Ibunda Buka Suara
Ibunda Gigi Hadid, Yolanda Hadid, membenarkan bahwa putrinya itu memang tengah hamil muda.