Makassar, (Tagar 4/9/2018) - PSM Makassar menghajar Juara Liga 3  regional Sulawesi Selatan, Palopo United 16-1, pada laga uji coba di Stadion Andi Mattalata Mattoanging Makassar, Selasa (4/9).

Laga uji coba ini dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana fisik pemain setelah melakukan libur panjang Asian Games 2018

Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts ditemui usai laga, mengatakan bahwa ia menganggap hasil uji coba tersebut tidak dijadikan acuan kekuatan timnya. Karena menurutnya Palopo United bukan lawan sepadan PSM Makassar.

"Kami memainkan permainan kami. Di uji coba ini bukan skor yang dilihat, tapi sejauh mana para pemain menjalankan instruksi pelatih. Kalau melihat skor yang cukup mencolok, susah juga untuk menilai, karena itu tadi, Palopo United bukan lawan sepadan PSM Makassar," ujar Robert.

Ia sengaja memasang para pemain utamanya di laga uji coba ini. Alhasil Palopo United menjadi bulan-bulanan pemain PSM Makassar.

PSM - Palopo UnitedPSM Makassar vs Palopo United dalam laga uji coba di Stadion Andi Mattalata Mattoanging Makasssar, Selasa (4/9/2018). (Foto: Tagar/Rio Anthony)

Willem Jan Pluim menjadi bintang dengan memborong lima gol. Masing-masing pada menit ke-20, 31, 45, 58, dan 68. Sementara M Rahmat empat gol, masing-masing pada menit ke-11, 26, 30, dan 55. Marc Anthony Klok juga sukses mencetak empat gol, masing-masing menit ke-9, 38, 47, dan 73.

Zulham Zamrun juga tak mau ketinggalan dengan mencetak satu gol pada menit 36. Striker lainnya, Ferdinand Sinaga mencetak dua gol, masing-masing menit ke-49 dan 85. Skor akhir 16-1 untuk kemenangan PSM Makassar.

Terlihat jelas level kedua tim sangat jauh berbeda. Walaupun demikian, Robert tetap mengapresiasi perlawanan yang diberikan Palopo United.

"Buktinya mereka mencetak satu gol. Dan itu bagus untuk mereka," puji Robert.

Manager Palopo United, Abdul Syukur bangga atas usaha pemainnya. Meski kebobolan banyak dari PSM Makassar, mencetak satu gol merupakan prestasi, uji kemampuan tim terutama organisasi penyerangan.

"Secara level kami pasti kalah kelas, tapi saya melihat permainan tim sangat bagus. Ini jadi modal bagus buat tim pelatih menatap babak berikut nanti," ujarnya. []