UNTUK INDONESIA
Detik-detik Nenek di Tegal Diserang saat Salat di Musala
Seorang nenek di Tegal diserang oleh orang tak dikeal saat salat di Musala. Akibat penganiayaan itu korban mengalami luka di kepala.
Musala ‎Asshodiqin di Desa Lebeteng, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, tempat nenek Ruminah diserang orang tak dikenal saat sedang salat. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

Tegal - Nenek Ruminah, warga Desa Lebeteng, Kecamatan Tarub, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah menjadi korban penyerangan orang tak dikenal saat sedang salat di musala. Akibatnya, perempuan 60 tahun itu mengalami luka di bagian kepala.

Penyerangan terhadap Ruminas terjadi di Musala‎ Asshodiqin, RT ‎01 RW 01 Desa Lebeteng, pada Senin, 5 Oktober 2020.‎ Peristiwa ini sempat viral di grup-grup WhatsApp‎ pada malam harinya.

Saat ditemui Tagar di rumahnya, Selasa 6 Oktober 2020, Ruminah menuturkan detik-detik penyerangan yang menimpanya itu.

Pagi buta itu, seperti biasa Ruminah mendatangi Musala Asshodiqin yang berjarak sekitar 150 meter dari rumahnya untuk menunaikan salat subuh berjemaah.

Saya baru selesai sujud terus takbir rakaat kedua, tiba-tiba ada yang mukul dari belakang.

Sesampai di musala‎, azan subuh belum berkumandang. Ruminah pun terlebih dahulu menjalankan salat sunah. "Waktu itu masih sepi. Baru ada saya dan yang biasa azan, lagi ngaji. Saya salat sunah dulu, menunggu azan," ujar dia.

nenek tegalNenek Ruminah menunjukkan luka yang diderita di bagian kepala usai dipukul orang tak dikenal saat sedang salat di musala, Selasa, 6 Oktober 2020. (Foto: Tagar/Farid Firdaus)

‎Saat sedang salat sunah Qobliyah itu, tiba-tiba kepala Ruminah dihantam benda tumpul hingga membuat tubuh rentanya roboh. Seketika darah mengucur dari kepala dan membasahi mukena.

"Saya baru selesai sujud terus takbir rakaat kedua, tiba-tiba ada yang mukul dari belakang. Tidak tahu pakai apa. Saya juga tidak sempat lihat pelakunya," ucapnya.

Akibat hantaman benda yang diduga balok kayu itu, bagian belakang kepala Ruminah mengalami luka sobek dan harus mendapat tujuh jahitan. "Saya lalu ditolong sama yang lagi ngaji terus dibawa ke bidan desa," sambungnya.

Baca juga: 

Menurut Ruminah, kejadian serupa sebelumnya pernah terjadi pada Maret lalu. Saat itu korbannya adalah Tarmudi, 65 tahun, marbot musala.

Tarmudi juga dihantam menggunakan benda tumpul dar‎i arah belakang saat sedang mengaji menunggu azan subuh. "Pelakunya juga tidak tahu siapa," ujar Ruminah.‎

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Tegal Ajun Komisaris Polisi Heru Sanusi mengatakan pihaknya masih menyelidiki kasus tersebut.

Menurut dia, pelaku yang diduga melakukan penyerangan sudah dikantongi. Namun dia belum dapat menyampaikan identitasnya. "Pelaku masih kami dalami. Seseorang yang kami duga, kami curigai sudah ada, tapi ini masih kami lakukan penyelidikan," tukas dia. []

Berita terkait
Gadis di Jepara Tewas Dibunuh Usai Salat
Polres Jepara mengungkapkan Selain dibunuh usai salat, motor dan handphone milik Sintiya hilang dirampok.
Imam Masjid di Pinrang Diserang saat Salat Duhur
Imam masjid bernama Asgan, 47 tahun, diserang oleh emak-emak saat salat duhur berjemaah di Kabupaten Pinrang Sulsel.
Maling Gasak Uang Milik Marbot Masjid di Yogyakarta
Aksi pencurian di Masjid Jami Al Inayah, Yogyakarta terekam CCTV. Sebelum kejadian, terduga pelaku beberapa kali terlihat di masjid.
0
Tanggal Lahir Samaan dengan Jokowi, Neno Warisman: Apes
Neno Warisman menjawab singkat saat ditanyai Politisi Gerindra Fadli Zon, karena Neno dan Presiden Jokowi ulang tahunnya samaan tanggal 21 Juni.