Deretan Ular yang Paling Berbahaya di Dunia

Ada banyak jenis spesies ular di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada sekitar 600 spesies ular berbisa yang ditemukan di bumi.
Ilustrasi Ular Berbisa (Foto: Tagar/Pixels/Pixabay/

Jakarta - Ular termasuk hewan jenis reptil yang buas dan paling berbahaya. Beberapa jenis ular memiliki bisa beracun sebagai alat perlindungan diri namun sangat mematikan bagi yang terkena. 

Ada banyak jenis spesies ular di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada sekitar 600 spesies ular berbisa yang ditemukan di bumi, namun hanya 200 spesies yang dapat menyebabkan bahaya nyata bagi manusia.

Berikut deretan ular yang paling berbahaya di dunia.


1. Ular harimau

Ular harimau (Notechis scutatus) terdapat di wilayah Australia selatan dan Tasmania. Ular harimau dapat mematikan korbannya karena dapat mengeluarkan bisa yang mengandung campuran neurotoksin yang kuat, koagulan, hemolisin, dan mikotoksin.


2. Ular Taipan pedalaman

Ular Taipan pedalaman (Oxyuranus microlepidotus) juga termasuk jenis ular yang mematikan. Gigitan dari ular Taipan pedalaman disebut dapat membunuh manusia hanya dalam waktu kurang dari satu jam.

Termasuk ular yang paling berbahaya di dunia, racun ular Pedalaman Taipan ini melumpuhkan mangsanya dengan menyebabkan pendarahan di pembuluh darah dan jaringan otot.


3. Ular viper bersisik gergaji

Ular viper bersisik gergaji (Echis carinatus) memiliki racun yang sangat berbahaya. Ular ini banyak ditemukan daerah-daerah kering seperti Timur Tengah, Asia Barat Daya hingga India dan Sri Lanka. 

Ular yang sangat mematikan ini aktif pada malam hari untuk berburu makanan. Bisa dibilang ular viper bersisik gergaji bertanggung jawab atas lebih banyak kematian manusia setiap tahun dibandingkan jenis ular lainnya.


4. Ular king cobra

Salah satu jenis ular yang paling populer adalah king cobra atau Ophiophagus hannah. Ular king kobra mempunyai neurotoksin yang cukup untuk membunuh seekor gajah Asia dan sekitar 50 persen manusia yang digigitnya. 

Panjang ular ini bisa mencapai 5,5 meter dan menjadi salah satu ular berbisa terpanjang di dunia. Ular king cobra banyak hidup di wilayah India dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Habitat asli ular ini adalah hutan, rawa-rawa, hingga daerah bersemak.


5. Ular laut belcheri

Deretan ular paling berbahaya di dunia selanjutnya adalah ular laut belcheri (Hydrophis belcheri). Saking mematikannya, gigitan ular ini dianggap 100 kali lebih mematikan dibandingkan ular pedalaman Taipan. 

Meskipun begitu, ular yang berasal dari Samudra Hindia dan Pasifik ini jarang diketahui menggigit manusia.[]


(Ratu Mitha Amelia)

Baca Juga:

Berita terkait
Membaca Karakter Manusia Lewat Astrologi Hewan Celtic
Bangsa Celtic merayakan dan menyembah dunia di sekitar mereka, termasuk pohon dan hewan, baik yang nyata maupun yang supernatural.
Fakta Hewan Trenggiling yang Banyak Diperdagangkan di Dunia
Perdagangan satwa liar dan hilangnya habitat telah membuat trenggiling menjadi salah satu kelompok mamalia yang paling terancam di dunia.
5 Fakta Unik Koala, Hewan Menggemaskan yang Hobi Tidur
Koala juga pandai berenang, hewan ini dapat bergerak dengan kecepatan sekitar 18 mil per jam.
0
Deretan Ular yang Paling Berbahaya di Dunia
Ada banyak jenis spesies ular di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyebut ada sekitar 600 spesies ular berbisa yang ditemukan di bumi.