5 Manfaat Memliki Hewan Peliharaan

Hewan peliharaan membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan dan meningkatkan kekebalan tubuh
Ilustrasi hewan peliharaan. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta – Memiliki hewan peliharaan merupakan suatu hal yang menyenangkan, kita bisa menghabiskan waktu luang kita dengan bermain bersama mereka. Meskipun terkadang menyebalkan, tetapi tingkah laku gemas mereka selalu membuat kita nyaman bermain dengan mereka.

Faktanya, selama hampir 25 tahun, penelitian telah menunjukkan bahwa hidup dengan hewan peliharaan memberikan manfaat kesehatan tertentu. Hewan peliharaan membantu menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan dan meningkatkan kekebalan tubuh. Melansir dari berbagai sumber, berikut manfaat memiliki hewan peliharaan.


1. Membuat tubuh lebih banyak bergerak

Dari jalan-jalan harian hingga bermain di sekitar rumah, hewan peliharaan dapat memotivasi Anda untuk bangun dan aktif setiap hari. Mereka juga akan membuat akhir pekan Anda tidak hanya berdiam di sofa. Pasalnya, hewan peliharaan membutuhkan aktivitas sehari-hari, dan mereka tidak malu mengajak Anda untuk bermain. Anjing dan kucing terutama, mereka akan membuat tubuh Anda bergerak lebih banyak. Mulai dari jalan-jalan, berlarian, hingga permainan lempar tangkap, anjing dapat membantu Anda menghabiskan lebih banyak waktu untuk berdiri, meningkatkan kesehatan mereka secara keseluruhan.


2. Kesehatan jantung

Peningkatan aktivitas karena memiliki hewan peliharaan berarti bagi kesehatan kardiovaskular yang baik secara keseluruhan. Penelitian ilmiah sebenarnya telah menunjukkan bahwa memiliki hewan peliharaan menurunkan risiko serangan jantung. Studi ini menyimpulkan bahwa memiliki hewan peliharaan menurunkan tekanan darah dan kolesterol, yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung.


3. Mengurangi tingkat stres

Hewan peliharaan selalu ada untuk Anda, mereka memberikan cinta tanpa syarat serta membantu mengurangi tingkat stres Anda. Mereka dapat membuat pemilik melupakan hari yang berat di tempat kerja dalam beberapa saat. Penelitian telah menunjukkan bahwa membelai anjing ataupun kucing dapat menurunkan kadar kortisol, yaitu hormon yang menyebabkan stres. Anjing dan kucing juga dapat mengurangi dampak kecemasan dan depresi. Secara keseluruhan, mereka menawarkan cara yang sehat dan menyenangkan untuk menghilangkan stres.


4. Memberikan efek positif dalam hal sosial

Saat Anda mengadopsi hewan peliharaan secara tidak langsung Anda sudah masuk ke dalam komunitas dalam lingkup yang besar. Sebab, jika dalam lingkungan Anda mayoritas memiliki setidaknya satu hewan peliharaan. Kemungkinannya mereka akan mengajak hewan peliharaannya bermain di sekitar lingkungan atau ke taman dan hal tersebut adalah salah satu cara untuk bertemu orang baru. Biasanya hewan peliharaan yang berpapasan seperti anjing contohnya akan menggonggong dan membuat pemilik saling tersenyum atau menyapa. Hal tersebutlah yang membuat Anda meningkatkan cara bersosialisasi Anda.


5. Memulihkan mental

Tidak semua pahlawan memakai jubah, beberapa memiliki bulu. Hewan peliharaan memainkan peran penting dalam kehidupan mereka yang berjuang dengan berbagai masalah kesehatan mental dan fisik. Dari veteran yang menderita PTSD, hingga lansia yang berjuang dengan fungsi kognitif, hewan peliharaan memiliki kemampuan khusus untuk memperkaya kehidupan manusia. Mereka membantu kestabilan emosional atau pendamping untuk anak yang berjuang dengan gangguan sosial. hewan peliharaan juga dapat memainkan peran integral dalam membantu menyembuhkan dan mengatasi masalah mental.


(Fadhil Ramadhan)


Baca Juga :









Berita terkait
4 Fakta Ilmiah Tentang Anjing Peliharaan
Anjing yang menjadi lebih agresif atau sering menggigit bisa menjadi tanda bahwa anjing kurang nyaman atau mengalami gangguan kesehatan.
Berikut 9 Tanda Hewan Peliharaan Terpapar Covid-19
Sama seperti orang yang terinfeksi, kucing Anda mungkin tidak menunjukkan semua gejala ini secara bersamaan atau tidak sama sekali.
Taksi Khusus Hewan Peliharaan Beroperasi di Kairo Mesir
Sepasang suami istri di Kairo, Mesir, menyediakan layanan Aleefcom Paxi yaitu taksi khusus untuk hewan peliharaan
0
Minum di Sela-Sela Makan Ternyata Tidak Baik
Menurut penelitian minum segelas air sebelum makan adalah strategi yang bagus bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan.