UNTUK INDONESIA
Denny Siregar: Susi yang Dicinta Sekaligus Dibenci
Susi Pudjiastuti sejak kehadirannya sebagai menteri sudah kontroversial. Ia menabrak semua imej tentang pejabat Indonesia. Tulisan Denny Siregar.
Susi Pudjiastuti. (Foto: Instagram/Susi Pudjiastuti)

Oleh: Denny Siregar*

Sosok Susi Pudjiastuti, sejak kehadirannya sebagai menteri, sudah kontroversial.

Susi menabrak semua imej tentang pejabat Indonesia selama ini. Ia merokok, tatoan dan tidak segan tampil apa adanya di depan kamera. Bahkan ia menikmati semuanya.

Dan gebrakan awalnya juga luar biasa.

Susi dikenal karena garangnya dia dalam menenggelamkan kapal-kapal pencuri ikan berbendera asing di laut Indonesia. Susi bahkan mempopulerkan kata "tenggelamkan" sebagai sebuah diksi baru dalam perbendaharaan kata gaul.

Tapi itu di permukaan.

Ternyata di dalam, Susi Pudjiastuti kurang disukai oleh pejabat pengambil kebijakan lain. Ada sisi yang kurang dari seorang Susi di balik kemegahan orkestranya saat penenggalaman kapal.

Permasalahan itu muncul saat Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan bersitegang dengan Susi masalah cantrang. LBP menilai kebijakan Susi tentang pelarangan cantrang sejak 2018 itu merugikan nelayan. Tapi Susi ngotot bahwa penggunaan cantrang itu merusak.

Dengan semua kontroversi, apakah Susi Pudjiastuti kembali diangkat menjadi Menteri oleh Jokowi?

Susi PudjiastutiSusi Pudjiastuti. (Foto: Instagram/Susi Pudjiastuti)

LBP sendiri tidak masalah Susi melarang cantrang, tapi meminta nelayan dikasih pengganti alat menangkap ikan, karena selama ini mereka terbiasa memakai cantrang.

Akhirnya Jokowi mengambil kebijakan bahwa cantrang kembali diperbolehkan dipakai oleh nelayan.

Baru-baru ini bahkan Gubernur Maluku menyatakan perang dengan Susi. Murad Ismail mengecam kebijakan ekspor ikan Susi yang diambil dari Maluku, tapi Maluku tidak dapat apa-apa.

Susi Pudjiastuti memang sejak remaja bergaul dengan laut. Kehidupannya keras. Ia bisa berhari-hari ada di truk untuk menjual hasil tangkapannya ke restoran-restoran besar di Jakarta.

Sekarang Susi Pudjiastuti sudah menjadi pengusaha besar dengan nilai kekayaan mencapai lebih dari 30 miliar rupiah. Meski begitu, gaya Susi yang sekarang menjadi Menteri, tidak berbeda dengan Susi yang dulu hidup bersama ikan tangkapannya. Ia tetap bebas bercanda sambil merokok dengan para nelayan binaannya.

Pertanyaannya, dengan semua kontroversi itu apakah Susi Pudjiastuti kembali diangkat menjadi Menteri oleh Jokowi?

Kita tunggu kabar selanjutnya sambil seruput kopi....

*Penulis buku Tuhan dalam Secangkir Kopi

Berita terkait
Susi Kirim Utusan ke Gubernur Maluku, Mau "Perang"?
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti merespons pernyataan "perang" Gubernur Maluku Murad Ismail terkait kebijakan moratorium kapal ikan.
Susi Pudjiastuti Bikin Banyak Pengangguran di Sibolga
Wali Kota Sibolga Syarfi Hutauruk menduga peningkatan jumlah pengangguran di wilayahnya, merupakan dampak Kebijakan Menteri Susi Pudjiastuti.
Perubahan Regulasi Modal Gubernur Maluku Melawan Susi
Jika ingin ada perubahan skema kewenangan maka harus dilakukan revisi pembagian wewenang tersebut dalam undang-undang.
0
Pelajar Tewas di Danau Toba, Sekolah Abai Pengawasan?
Pihak sekolah membantah jika kematian Putri Margaretty Sinambela di Danau Toba akibat kurang pengawasan guru pendamping.