UNTUK INDONESIA
Danang Wihatmoko Mantan Kiper Persijap Ditangkap Polisi
Mantan penjaga gawang Persijap Jepara yang sempat seleksi tim nasional ditangkap polisi karena memakai narkoba.
Danang Wihatmoko saat diperiksa di Satuan Narkoba Polres Jepara. Beberapa kali ia nampak menyeka air mata, yang meleleh di pipinya, Rabu 11 September 2019. (Foto: Tagar/Padhang Pranoto)

Jepara - Danang Wihatmoko mantan kiper Persijap Jepara yang pernah masuk seleksi timnas, ditangkap polisi karena menggunakan narkoba jenis sabu-sabu, Rabu, 11 September 2019. Pria yang pernah mengikuti seleksi Timnas Indonesia ini, sudah menjadi incaran Direktorat Narkoba Polda Jawa Tengah sejak lama.

Tagar berkesempatan melakukan wawancara terhadap pria bertinggi 180 cm itu.

Di ruang penyidikan, Danang memakai kaus biru dan celana pendek jeans sobek. Pakaiannya nampak lusuh. Ia terduduk di bangku yang disediakan penyidik. Badannya yang besar nampak meringkuk tak berdaya. Sesekali tangannya menyeka air mata yang menetes membasahi pipinya.

"Eling anak ku, aku mas (saya ingat anak saya). Sebenarnya wis meh mandeg tapi kok. Wis saya sudah kapok (sebenarnya sudah mau berhenti tapi kok begini)" ujarnya kepada penyidik, Rabu siang.

Ia mengaku mengonsumsi narkoba sejak lama. Ia bahkan mengaku sudah tak ingat lagi, kapan pertama kali menggunakan barang haram itu.

Danang yang pernah dua kali masuk seleksi timnas sepakbola itu, pertama kali mencoba sabu-sabu ketika ditawari temannya.

"Saya vakum dari dunia sepak bola itu sekitar lima tahun lalu. Mulai menggunakan setelah tidak bermain bola. Kini saya menjadi supir truk dam, pergi kemana-mana, ya mengangkut pasir, pokoknya apa saja sesuai order yang ada. Dulu ditawari teman," kata dia.

Dalam penangkapan yang dilakukan oleh polisi diketahui alot, lantaran Danang sempat bersembunyi. Ia bahkan mengaku sempat tidur di areal persawahan, di daerah Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara - Jawa Tengah.

"Awakku gatel kabeh, iki bar ndelik sambi turu (badan saya gatal semua. saya bersembunyi sambil tidur)," kata pria 37 tahun itu.

Kini, dia harus menjalani pemeriksaan lanjutan di Mapolres Jepara karena menyalahgunakan narkoba.

Karir Danang di dunia sepakbola dimulai dari Persijap Japara. Kemudian sempat melanglang ke Persibo Bojonegoro, Deltras Sidoarjo dan terakhir membela klub Persijap, sampai kemudian cedera lutut membekapnya.

"Pas waktu ISL dan IPL saya pernah seleksi timnas. Entah itu tahun kapan, saya sudah lupa. Sekarang saya sudah tidak mengikuti perkembangan sepak bola, termasuk nasib Persijap seperti apa tidak tahu. Memang sekarang masuk liga berapa sih?," pungkasnya.

Kapolres Jepara, AKBP Arif Budiman, membenarkan hal tersebut. Ia menjelaskan, pihaknya memberikan back up pada Polda Jateng.

"Iya kita sifatnya melakukan back up bagi Ditresnarkoba Polda Jateng. Tertangkapnya di Jepara," ujarnya kepada pewarta Rabu 11 September 2019.

Adapun barang bukti yang berhasil disita dari tersangka, adalah sebuah paket sabu-sabu sebesar 500 miligram. Kini kasus tersebut sedang dalam pengembangan oleh Polres Jepara. []

Baca juga:

Berita terkait
Krisis Air, Warga di Jepara Jarang Mandi
Musim kemarau mencapai puncaknya di Jepara, sehingga banyak warga yang hanya mandi sekali dalam sehari
Hakim Penerima Suap dari Bupati Jepara Divonis 4 Tahun
Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi mengganjar hakim Lasito hukuman empat tahun penjara.
Tangis Emak-emak Sambut Vonis Bupati Jepara
Tangis pecah usai vonis Bupati Jepara nonaktif Ahmad Marzuqi dijatuhkan hukuman oleh Pengadilan Tipikor Semarang.
0
Kabut Asap Kebakaran Hutan Mulai Mengepung Aceh
Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di sejumlah daerah di Pulau Sumatera mulai meluas ke Banda Aceh. Diharapkan masyarakat memakai masker.