UNTUK INDONESIA
Dampak Libur Panjang pada Kenaikan Positif Corona Nasional
Masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah sepanjang libur panjang pekan depan berkaca kepada kenaikan positif corona nasional tempo lalu.
Ilustrasi liburan. (Foto: Pixabay)

Jakarta - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat mempertimbangkan dampak dari libur panjang pada pekan depan. Masyarakat diimbau untuk tidak keluar rumah sepanjang long weekend berkaca kepada kenaikan kasus positif corona secara nasional saat libur panjang Idul Fitri 2020 dan libur kemerdekaan Agustus 2020.

Hal itu dikatakan Juru Bicara Satgas Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito saat konferensi pers laporan media harian di Media Center Covid-19 pada Selasa 20 Oktober 2020.

Jadi, selama 10-14 hari kemudian, kita melihat dampaknya [kenaikan kasus].

"Hal ini dipicu terjadinya kerumunan di berbagai lokasi yang dikunjungi masyarakat selama masa liburan dan ketidakpatuhan masyarakat menerapkan protokol kesehatan," kata Wiku, disiarkan di kanal YouTube Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Wiku menjelaskan, pada libur Idul Fitri, kasus kumulatif harian dan mingguan naik sebesar 69-93 persen sejak libur Idul Fitri dengan rentang waktu 10-14 hari. Selain itu, kenaikan absolut positif rate atau hasil tes positif sebesar 3,9 persen dalam dua minggu secara nasional.

"Jadi, selama 10-14 hari kemudian, kita melihat dampaknya [kenaikan kasus]," ujarnya.

Baca juga:

Sedangkan pada libur kemerdekaan kasus kumulatif harian dan mingguan naik sebesar 58-118 persen sejak libur panjang pada pekan ketiga Agustus dengan rentang waktu 10-14 hari.

Wiku mengimbau bagi masyarakat mendesak harus berada di luar rumah selana liburan maka selalu patuhi protokol kesehatan menjaga jarak, menggunakan masker, mencuci tangan dan hindari kerumunan.

"Keputusan untuk keluar rumah harus diputuskan secara matang dan mempertimbangkan risiko yang ada," tutur Wiku.

Satgas juga mendorong agar masyarakat yang menerima tamu selama liburan untuk menjalankan protokol 3M, menjaga jarak, menggunakan masker dan mencuci tangan di rumah. 

Berita terkait
Danau Cantik Salar de Uyuni di Bolivia dan Cara Menuju ke Sana
Salar de Uyuni dikenal sebagai danau garam sekaligus tempat hunian burung flaminggo di Bolivia. Bagaimana cara menuju ke sana?
7 Tempat Wisata Gratis di Depok, Ngedate Gak Bikin Dompet Jebol
Tempat wisata gratis di Depok ini bisa menjadi pilihan liburan keluarga. Bisa untuk ngedate juga karena gak bikin dompet pasangan jadi jebol.
One Day Trip ke Tangerang Selatan, Bisa Wisata ke Mana Saja?
Tangerang Selatan menyimpan banyak ragam wisata yang bisa dikunjungi, termasuk untuk para traveler yang ingin one day trip.
0
98,3 Kg Ganja Dimusnahkan Polisi di Payakumbuh
Pemusnahan ganja sebanyak 98,3 kilogram merupakan hasil pengungkapan Polres Payakumbuh. Empat tersangka ditangkap dalam peredaran ganja.