UNTUK INDONESIA
Indonesia dan Jepang Buka Perjalanan Bisnis Mulai November 2020
Indonesia dan Jepang menjalin kerjasama dengan membuka tujuan perjalanan bisnis strategis mulai November 2020.
Presiden Jokowi Sambut PM Jepang Yoshihide Suga Di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa, 20 Oktober 2020 (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Jakarta - Indonesia dan Jepang menjalin kerjasama dengan membuka tujuan perjalanan bisnis strategis. Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Jepang Motegi Toshimitsu sudah berkomunikasi dan akan menyelesaikan detailnya hingga November 2020.

Hal itu disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) usai menerima delegasi Pemerintah Jepang yang dipimpin oleh Perdana Menteri (PM) Yoshihide Suga di Istana Bogor, Selasa 20 Oktober 2020.

"Saya dan Perdana Menteri Suga telah sepakat mengenai pentingnya pembentukan Travel Corridor Arrangement bagi business essential," kata Jokowi, dikutip dari siaran langsung Setpres.

"Kita juga sepakat menugaskan menteri luar negeri Jepang dan Indonesia untuk menegosiasikan detail dan menyelesaikannya dalam waktu satu bulan," sambungnya.

Baca juga:

Kesepakatan tersebut, kata PM Suga, termasuk pelonggaran aturan untuk tenaga medis. "Kami memastikan untuk memulai kembali perjalanan antara kedua negara bagi pebisnis termasuk perawat dan care giver, di bawah kerangka Jepang Indonesia EPA atau EJEPA," ujar PM Suga.

"Sekaligus kami sepakat berkoordinasi secara erat untuk memulai kembali secepat-cepatnya perjalanan bisnis untuk jangka pendek dengan melonggarkan langkah isolasi mandiri selama 14 hari setelah memasuki negara tujuan," sambungnya.

Dalam kesempatan itu, Indonesia-Jepang juga memperkuat kerja sama multilateral. Jokowi menyampaikan, Indonesia menekankan pentingnya spirit kerja sama untuk terus diperkuat terutama di tengah rivalitas yang semakin menajam antara kekuatan besar dunia.

"Spirit kerja sama yang inklusif perlu juga terus dimajukan dalam rangka kerja sama Indo-Pasifik sebagaimana tercermin dalam ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. Saya juga menggarisbawahi harapan agar Laut Cina Selatan dapat terus menjadi laut yang damai dan stabil," tutur Jokowi. 

Berita terkait
Libur Panjang Maulid Nabi, Panduan Aman ke Kafe Cegah Corona
Saat libur panjang Maulid Nabi Anda ingin pergi ke kafe, sebaiknya perhatikan panduan aman ini terlebih dahulu.
Produsen Film Lokal Diminta Syuting di Desa Wisata, Manfaatnya?
Produsen atau komunitas film diminta bersinergi dengan pihak desa wisata.
Danau Cantik Salar de Uyuni di Bolivia dan Cara Menuju ke Sana
Salar de Uyuni dikenal sebagai danau garam sekaligus tempat hunian burung flaminggo di Bolivia. Bagaimana cara menuju ke sana?
0
98,3 Kg Ganja Dimusnahkan Polisi di Payakumbuh
Pemusnahan ganja sebanyak 98,3 kilogram merupakan hasil pengungkapan Polres Payakumbuh. Empat tersangka ditangkap dalam peredaran ganja.