UNTUK INDONESIA
Produsen Film Lokal Diminta Syuting di Desa Wisata, Manfaatnya?
Produsen atau komunitas film diminta bersinergi dengan pihak desa wisata.
Aktor laga Iko Uwais di tampil total kala berakting dalam proses produksi film Hollywood, Stubber. (Foto: 20ThFoxCentury)

Jakarta - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meminta produsen atau komunitas film bersinergi dengan pihak desa wisata. Sehingga desa wisata bisa dimanfaatkan dengan maksimal sebagai lokasi syuting film.

Direktur Industri Kreatif Film, Televisi, dan Animasi Kemenparekraf, Syaifullahm mengatakan, sinergi tersebut telah banyak dipraktikkan di negara lain. Manfaatnya , kata dia, potensi ekonomi dari lokasi syuting bisa mengembangkan industri pariwisata dan Intellectual Property (IP).

"Saya harap sinergi antara filmmaker dan pengelola desa wisata dapat menjadi pengungkit bagi optimalisasi lokasi syuting," ujar Syaifullah di acara bertajuk IN-FRAME (Indonesia Film Course and Incubation Programme), dikutip dari keterangan tertulisnya, Selasa 20 Oktober 2020.

Syuting Iron ManIlustrasi syuting film produksi Marvel Cinematic Universe, Iron Man. (Foto: dok Marvel)

Saya melihat lokasi syuting memberikan value tersendiri yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut.

Syaifulah mengatakan, lokasi film dapat memberikan efek emosional yang berpotensi menjadi pengungkit roda perekonomian dengan menghidupkan industri pariwisata dan pengembangan aspek ekonomi kreatif lainnya.

Sutradara film nasional Hanung Bramantyo yang turut hadir dalam acara itu menambahkan, ada potensi yang dapat disorot dari desa wisata menjadi lokasi produksi film permanen. Dari situ, kata Hanung, keuntungan bisa diraih juga oleh masyarakat sekitar desa.

"Membangun set lokasi bukan hal yang mudah dalam proses pembuatan film. Sayang sekali apabila set tersebut harus dihancurkan setelah proses syuting usai," ujar Hanung.

"Dari beragam referensi dan pengalaman pribadi, saya melihat lokasi syuting memberikan value tersendiri yang potensial untuk dikembangkan lebih lanjut. Untuk itu saya bersama warga desa Gamplong menginisiasi ini sekaligus sebagai penggerak perekonomian warga di sekitar," tuturnya.

Berita terkait
Jangan Nyasar, Ini Panduan ke Desa Nglanggeran Yogyakarta
Desa Nglanggeran masih menjadi destinasi yang tergolong hits di Daerah Istimewa Yogyakarta.
Danau Cantik Salar de Uyuni di Bolivia dan Cara Menuju ke Sana
Salar de Uyuni dikenal sebagai danau garam sekaligus tempat hunian burung flaminggo di Bolivia. Bagaimana cara menuju ke sana?
516 Arouca, Jembatan Terpanjang di Dunia Bikin Jantung Mau Copot!
Melewati jembatan gantung terpanjang di dunia bernama 516 Arouca, maka siap-siap jantung berdetak kencang serasa mau copot.
0
Video Viral: Fans Asal Indonesia Menangisi Kematian Naruto
Sebuah video berisi adegan seorang perempuan menangisi kematian karakter anime Naruto, viral di media sosial.