Daftar Minuman Jitu Penurun Berat Badan

Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa minuman yang mampu menurunkan berat badan?
Ilustrasi matcha (Foto: Tagar/Unsplash)

Jakarta - Banyak orang yang menginginkan tubuh ideal. Beberapa diantaranya rela melakukan diet ekstrem agar tubuh dapat terlihat langsing atau idel. Pasalnya, masih banyak cari lain untuk menurunkan berat badan selain diet ekstrem.

Olahraga misalnya, dengan berolahraga secara rutin akan membuat tubuh menjadi bugar dan membakar kalori yang ada. Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa minuman yang mampu menurunkan berat badan?

Dilansir dari Healthline, berikut 8 minuman ampuh dan jitu yang dapat menurunkan berat badan.


1. Air Mineral

Minum air putih atau mineral secara rutin adalah cara paling sederhana dalam menurunkan berat badan. Penelitian menunjukkan bahwa minum air sebelum makan dapat mengurangi kalori dan menurunkan berat badan. 

Minum air dingin juga mampu meningkatkan pengeluaran energi saat istirahat atau membakar kalori saat beristirahat.


2. Teh Hijau

Teh hijau rupanya menjadi salah satu minuman ampuh penurun berat badan. Hal ini karena teh hijau dikemas dengan antioksidan dan nutrisi yang bermanfaat. Perlu dicatat bahwa manfaat ini terkait dengan teh hijau yang mengandung katekin dalam jumlah tinggi, antioksidan yang dapat meningkatkan pembakaran lemak dan meningkatkan metabolisme. Matcha adalah salah satu jenis teh hijau yang mengandung katekin.


3. Teh Hitam

Sama halnya seperti teh hijau, the hitam mengandung senyawa yang dapat merangsang penurunan berat badan. Teh hitam adalah jenis teh yang lebih banyak mengalami oksidasi (paparan udara) dibandingkan jenis teh lainnya, sehingga menghasilkan rasa yang lebih kuat dan warna yang lebih gelap.

Dengan kandungan polinefol yang tinggi, meningkatkan penurunan berat badan dengan mengurangi asupan kalori, merangsang pemecahan lemak dan meningkatkan pertumbuhan bakteri usus yang ramah.


4. Kopi

Selain manfaatnya yang mampu meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati, rupanya kopi juga ampuh sebagai penurun berat badan. Hal ini karena kopi mengandung kafein yang bertindak sebagai stimulan dalam tubuh dan dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. 

Asupan kafein juga telah terbukti meningkatkan metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak dalam beberapa penelitian lain.


5. Teh Jahe

Jahe telah dikenal masyarakat luas sebagai penambah bumbu pada makanan dan sebagai obat herbal utuk mengobati beberapa penyakit. Satu studi pada 10 pria yang kelebihan berat badan menemukan bahwa ketika mereka minum 2 gram bubuk jahe yang dilarutkan dalam air panas saat sarapan. 

Mereka mengalami peningkatan rasa kenyang dan penurunan rasa lapar dibandingkan dengan hari-hari tanpa mengonsumsi teh jahe.


6. Minuman Cuka Sari Apel

Cuka sari apel mengandung asam asetat. Kandungan tersebut dapat merangsang penurunan berat badan dengan menurunkan kadar insulin, meningkatkan metabolisme, menekan nafsu makan dan membakar lemak. 

Cuka sari apel memperlambat pengosongan perut, yang membantu kamu kenyang lebih lama dan dapat mengurangi makan berlebihan.


7. Jus Sayuran

Bila jus buah dikaitkan dengan penambahan berat badan, berbanding terbalik dengan jus sayuran yang mampu menurunkan berat badan. Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang minum 16 ons jus sayuran rendah sodium saat mengikuti diet rendah kalori, kehilangan berat badan secara signifikan lebih banyak daripada mereka yang tidak.


8. Minuman Tinggi Protein

Minuman dengan protein yang tinggi mampu menahan rasa lapar, meningkatkan rasa kenyang, dan mengurangi nafsu makan. Terdapat banyak sekali bubuk protein yang tersedia untuk dipilih. 

Protein meningkatkan kadar hormon pengurang rasa lapar seperti GLP-1 serta menurunkan ghrelin, hormon yang mendorong nafsu makan.[]

(Rafi Fairuz)

Baca Juga:

Berita terkait
4 Jenis Minuman untuk Lancarkan Siklus Menstruasi
Setiap wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda-beda. Ada beberapa jenis minuman yang bisa dikonsumsi untuk melancarkan siklus menstruasi.
Mengenal 5 Jenis Minuman Anti Ngantuk Selain Kopi
Selama ini kita hanya tahu bahwa minuman anti ngantuk yang paling ampuh adalah kopi. Namun, bukan hanya kopi yang bisa menahan kantuk.
Sering Jadi Campuran Minuman, Ini Lima Manfaat Daun Serai
Di Jawa, daun serai menjadi bahan utama minuman hangat karena memilki khasiat mencegah dan menyembuhkan penyakit.
0
Daftar Minuman Jitu Penurun Berat Badan
Namun tahukah kamu bahwa ada beberapa minuman yang mampu menurunkan berat badan?