Sering Jadi Campuran Minuman, Ini Lima Manfaat Daun Serai

Di Jawa, daun serai menjadi bahan utama minuman hangat karena memilki khasiat mencegah dan menyembuhkan penyakit.
Daun Serai. (Foto: Tagar/Blibli)

Jakarta - Daun sereh dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan atau minuman, misalnya sebagai campuran teh hangat. Di Jawa, daun serai menjadi bahan utama minuman hangat yang biasa dikenal 'wedang sereh'. Berikut ini lima manfaat daun serai dari berbagai sumber.


Kaya Antioksidan

Menurut Journal of Agriculture and Food Chemistry, sereh memiliki beberapa kandungan antioksidan. Seperti asam klorogenat, isoorientin, dan swertia japonin yang dapat membantu melawan radikal bebas dalam tubuh.

Kamu dapat merasakan khasiat sereh ini dengan meminum teh sereh secara rutin. 


Sebagai Antimikroba

Menurut Studi Vitro pada 2012, minyak esensial yang dihasilkan oleh sereh menunjukkan adanya kemampuan antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri Streptococcus mutans yang menyebabkan kerusakan gigi.

Untuk itu, kamu bisa menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan meminum air rebusan sereh.


Bersifat Antiinflamasi

Menurut Memorial Sloan Kettering Cancer Center, sereh mengandung dua senyawa utama yang dianggap bermanfaat sebagai anti-inflamasi. Senyawa ini adalah sitral dan geraniol.

Kedua senyawa ini dapat membantu menghentikan pelepasan bakteri penyebab peradangan dalam tubuh kamu.


Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sereh terkenal dengan manfaatnya yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Ini karena sereh dapat membantu mengatasi sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Menurut studi yang diterbitkan oleh National Institutes of Health Trusted Source, minyak esensial yang berasal dari daun sereh juga efektif untuk mengatasi asam lambung.


Meringankan Gejala PMS

Tidak ada penelitian khusus terkait manfaat sereh untuk premenstrual syndrome (PMS), namun secara teori teh sereh memiliki manfaat untuk membantu menenangkan kram perut.

Oleh karena itu, teh sereh juga digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi kembung dan kram saat menstruasi. []


Baca juga

Berita terkait
Kerap Dianggap Mistik, Ini Sederet Manfaat Bunga Melati
Karena kandungannya yang baik untuk kecantikan, bunga melati banyak diolah menjadi berbagai produk seperti lotion dan aromaterapi.
Manfaat Air Kelapa dalam Produk Skincare
Air kelapa menyimpan manfaat baik untuk kesehatan baik organ di dalam tubuh maupun untuk kulit termasuk menjadi bahan skincare. Berikut manfaatnya.
Manfaat Labu Kuning untuk untuk Kesehatan
Labu kuning adalah buah asli Amerika Utara, hampir semua bagian labu kuning bisa dimanfaatkan. Berikut manfaat labu kuning untuk kesehatan.
0
Sering Jadi Campuran Minuman, Ini Lima Manfaat Daun Serai
Di Jawa, daun serai menjadi bahan utama minuman hangat karena memilki khasiat mencegah dan menyembuhkan penyakit.