Mengenal 5 Jenis Minuman Anti Ngantuk Selain Kopi

Selama ini kita hanya tahu bahwa minuman anti ngantuk yang paling ampuh adalah kopi. Namun, bukan hanya kopi yang bisa menahan kantuk.
Ilustrasi - Minuman smoothies. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Selama ini, kita hanya tahu bahwa minuman anti ngantuk yang paling ampuh adalah kopi. Namun, bukan hanya kopi yang bisa menahan kantuk melainkan ada beberapa jenis minuman lain yang miliki manfaat yang sama dengan kopi.

Minuman kopi mengandung kafein dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk menyiasati rasa kantuk yang cenderung datang di jam-jam rawan malas. Ternyata minuman anti ngantuk tidak hanya fokus pada kandungan kafein dalam kopi saja. Berikut rekomendasi minuman anti kantuk yang bisa Anda coba.


1. Air putih

Minuman terbaik yang harus senantiasa Anda konsumsi adalah air putih. Ia memiliki banyak sekali manfaat yang diperlukan oleh tubuh. Termasuk manfaat menghilangkan rasa kantuk dan lelah berlebihan yang seringkali dihadapi oleh setiap individu.


2. Smoothies

Minuman sehat harus senantiasa menjadi prioritas utama bagi setiap orang. Baik jus yang terbuat dari satu jenis buah maupun smoothies yang terbuat dari beragam buah-buahan yang berkhasiat, sehat, segar dan lezat.

Dengan kandungan vitamin C dan beragam nutrisi lainnya yang dibutuhkan, smoothies menghasilkan efek yang menyemangati. Dengan begitu, rasa kantuk akan seketika hilang ketika Anda mengonsumsinya dalam takaran yang dibutuhkan. 


3. Teh hijau

Selain kopi, teh merupakan minuman yang tidak jarang hadir sebagai menu sarapan. Terutama penduduk Jepang yang secara tradisi, senang mengonsumsi teh hijau dalam kesehariannya. Siapa sangka, hal tersebut dikarenakan kandungan-kandungan yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia.

Salah satunya adalah kandungan asam amino bernama L-theanine yang diketahui berperan dalam membantu meningkatkan daya konsentrasi. Berdasarkan penelitian, kandungan tersebut juga mampu mencegah potensi kanker sekaligus meningkatkan metabolisme pada diri seseorang.


4. Air lemon

Lemon merupakan salah satu jenis buah yang tidak jauh dari keseharian. Ia cenderung dimanfaatkan sebagai perasa maupun hiasan untuk minuman dan makanan. 

Ternyata, jika lemon diperas hingga menghasilkan air lemon, maka Anda dapat memanfaatkannya sebagai pengganti kopi. Hal tersebut dikarenakan air lemon mengandung antioksidan sekaligus pektin yang bisa membantu seseorang tetap terjaga. 


5. Cokelat hitam

Selain rasanya yang nikmat, cokelat lazim diketahui dapat meningkatkan rasa senang dan bahagia. Begitu juga pada cokelat hitam yang mampu menghilangkan rasa kantuk sekaligus.

Dark chocolate atau cokelat hitam mengandung endorphin yang cukup tinggi. Kandungan tersebut merangsang fungsi otak untuk tetap bekerja dan fokus. []

Berita terkait
Kopi Mampu Kurangi Risiko Paparan Covid, Ini Penjelasan Ahli
Tak hanya bermafaat untuk kecantikan penelitian terbaru kali ini mengkaitkan manfaat minum kopi dengan risiko paparan virus corona.
Resep Es Kopi Aren A La Puguh Kristanto
Es kopi gula aren sedang populer. Ya, sensasi gula aren menjadi keunikan tersendiri, sehingga menyedot animo masyarakat.
Bubuk Kopi Sebagai Alternatif Ampuh Usir Nyamuk
Bau kopi ternyata tidak disukai oleh serangga sehingga dimanfaatkan untuk mengusir serangga. Selain itu kopi juga digunakan untuk mengusir nyamuk.