UNTUK INDONESIA
Waspadai, Faktor Penyebab Pori-pori Wajah Membesar
Pori-pori wajah membesar bisa menyebabkan berbagai masalah lainnya. Sehingga penting untuk mengetahui faktornya agar bisa ditangani.
ilustrasi pori-pori kulit besar. (Foto: skinkraft.com)

Jakarta - Pori-pori wajah membesar sering dialami sebagian besar orang khususnya kaum hawa. Selain jenis kulit dan genetika, ternyata ada beberapa faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab timbulnya masalah kulit tersebut.

Meski terkesan sepele, nyatanya pori-pori yang membesar bisa membuat kulit menjadi rentan mengalami masalah seperti jerawat, pori-pori tersumbat, hingga luka permanen. Sehingga, ada baiknya Anda mengenal penyebab timbulnya masalah kulit ini agar cepat teratasi dan kesehatan kulit tetap terjaga.

Dilansir dari laman Boldsky, berikut Tagar rangkum sejumlah faktor penyebab kulit wajah memiliki pori-pori besar.

1. Sinar Matahari Berlebih

Sengatan sinar matahari yang berlebihan menjadi salah satu faktor penyebab timbulnya masalah pori-pori besar. Ketika kulit wajah terkena sinar matahari dalam waktu yang lama, produksi kolagen di kulit menjadi berkurang dan jaringan bawah lapisan atas kulit mengembang. Inilah yang menyebabkan pori-pori membesar.

2. Kulit Berminyak

Kelenjar sebaceous yang terlalu aktif menjadi penyebab utama pori-pori membesar. Kulit menghasilkan minyak alami untuk membantunya tetap lembab dan sehat.

Ketika produksi minyak di kulit lebih dari yang dibutuhkan, nantinya kulit menjadi berminyak. Kelenjar yang terlalu aktif ini membuat kulit rentan terhadap kotoran dan polusi, sehingga bisa menyebabkan pembengkakan dan pori-pori menjadi besar seiring waktu nantinya.

3. Perawatan Kulit Tidak Tepat

Kebiasaan perawatan kulit yang buruk juga bisa menjadi penyebab pori-pori membesar. Misalnya, memencet jerawat dan mengeluarkannya, menggosok berlebihan dan terus-menerus menekan komedo tentu bisa berdampak pada pori-pori kulit nantinya.

4. Tanda Penuaan

Penuaan menjadi salah satu alasan paling umum yang menyebabkan pori-pori membesar. Sebab, kulit akan ikut menua seiring bertambahnya usia.

Nantinya, kulit akan kehilangan elastisitasnya sehingga menjadi lebih rentan dan kapasitas regenerasi sel kulit juga ikut berkurang. Sehingga berdampak pada penumpukan kotoran di kulit dan menjadi pemicu pori-pori kulit membengkak, serta membesar.

5. Genetik

Faktor genetik menjadi alasan kulit tidak bisa terbebas dari masalah pori-pori besar. Dalam kasus ini, Anda tidak bisa melakukan apa pun untuk mencegah pori-pori tidak menjadi besar.

Namun mengurangi penampilan pori-pori besar, Anda bisa mencoba melakukan rutinitas perawatan kulit yang sehat. Sebab, membersihkan, mengelupaskan, dan menjaga kulit tetap lembap merupakan cara perawatan kulit yang sangat penting guna memastikan kulit tetap halus dan tanpa cacat.

Nah, itulah beberapa faktor yang bisa menyebabkan pori-pori menjadi besar. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan perawatan kulit dengan menggunakan bahan alami atau ke tempat perawatan kecantikan agar kesehatannya tetap terjaga.

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Wajah Glowing dan Flawless Tanpa Polesan Makeup
Tampil cantik dan terlihat glowing serta flawless bisa didapatkan tanpa menggunakan polesan makeup dan skincare. Berikut penjelasannya.
Manfaat Mentega untuk Mempercantik Diri
Selain digunakan sebagai bahan makanan, mentega ternyata bermanfaat untuk mempercantik diri. Berikut sejumlah khasiat mentega yang menakjubkan.
Manfaat Baking Soda untuk Kulit Wajah
Baking soda memiliki beragam manfaat dalam merawat wajah agar tampak lebih cantik dan berikilau. Berikut ini penjelasannya.
0
Manajemen Bioskop di Yogyakarta Berhitung Untung Rugi
Managemen bioskop di Yogyakarta belum bisa memastikan kapan mulai beroperasi lagi. Saat ini masih berhitung untung dan rugi jika beroperasi.