Daftar 5 Asupan yang Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi

Hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Kekurangan cairan sulit untuk berkonsentrasi.
Ilustrasi. (Foto: stocksnap.io)

Jakarta - Ada banyak makanan sehat yang dapat menyumbangkan sejumlah besar air untuk tubuh. Sebagaimana direkomendasikan oleh para ahli, daftar makanan di bawah ini membuat tubuh tetap terhidrasi.

Hidrasi adalah proses di mana ion dikelilingi oleh molekul-molekul air yang tersusun dalam keadaan tertentu. Hidrasi membantu menstabilkan ion-ion dalam larutan dan mencegah kation untuk bergabung kembali dengan anion. Hidrasi berbeda dengan Hidrolisis.

Hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Kekurangan cairan akan menyebabkan Anda sulit untuk berkonsentrasi dan bekerja.

Bahkan beberapa gangguan kesehatan seperti sakit kepala dan keletihan yang berlebihan dapat Anda alami.

Berikut jenis makanan sehat yang membuat tubuh tetap terhidrasi yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kubis

Kubis adalah sayuran yang rendah kalori, tetapi tinggi serat dan nutrisi serta mengandung 92% air. Kubis juga kaya akan vitamin C, vitamin K, folat dan beberapa mineral yang memiliki berbagai efek kesehatan.

Misalnya, vitamin C terkenal karena perannya dalam mengurangi peradangan dan telah terbukti menurunkan risiko penyakit kronis seperti diabetes dan penyakit jantung.

Selain itu, kubis menyediakan glukosinolat, yang merupakan antioksidan yang dianggap membantu melindungi tubuh kita dari beberapa jenis kanker, seperti kanker paru-paru. Selain itu, kubis yang difermentasi juga kaya akan air dan dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

2. Kembang Kol

Kembang kol adalah sayuran yang sangat bergizi dan menghidrasi. Dalam 100 gram kembang kol, terdiri dari 59 ml air.

Kandungan airnya yang tinggi berkontribusi pada jumlah kalori yang rendah, dengan hanya 25 kalori.

Selain itu, kembang kol terdiri dari lebih dari 15 vitamin dan mineral yang berbeda, termasuk kolin, yang tidak ditemukan dalam banyak makanan. Kolin adalah nutrisi penting untuk mendukung kesehatan otak dan metabolisme.

3. Paprika

Paprika adalah sayuran lain yang sangat sehat dan lebih dari 90% berat paprika berasal dari air. Mereka kaya akan serat, vitamin dan mineral, seperti vitamin B dan kalium. Paprika juga mengandung antioksidan karotenoid, yang dapat mengurangi risiko kanker dan penyakit mata tertentu.

Terlebih lagi, paprika mengandung jumlah vitamin C tertinggi, dibandingkan dengan buah-buahan dan sayuran lainnya.

Vitamin C tidak hanya bermanfaat bagi sistem kekebalan tubuh kamu,tetapi juga membantu tubuh untuk menyerap zat besi lebih efektif,meningkatkan kesehatan tulang dan melindungi sel-sel kamu dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas. Paprika juga sangat rendah kalori dan hanya terdapat 46 kalori per 149 gramnya.

4. Selada

Selada memiliki kandungan air sebanyak 96% dengan satu porsi selada (72 gram) menyediakan lebih dari 59 ml air dan 1 gram serat. Selada juga menyediakan 5% dari kebutuhan folat harian kamu. Folat sangat penting bagi wanita hamil, karena dapat membantu mencegah bayi terlahir cacat.

Selain itu, selada tinggi akan vitamin K dan A yang berperan dalam menjaga tulang dan sistem kekebalan tubuh. Kombinasi air dan serat dalam selada akan membuatmu kenyang dengan jumlah kalori yang rendah, yaitu hanya 10 kalori dalam 72 gramnya.

5. Stroberi

Karena sekitar 91% dari berat stroberi berasal dari air, makan buah ini akan berkontribusi pada asupan air harian kamu. Selain itu, stroberi menyediakan banyak serat, antioksidan, vitamin dan mineral, termasuk vitamin C, folat dan mangan.

Makan stroberi secara teratur telah terbukti mengurangi peradangan, yang dapat membantu melindungi kita dari penyakit jantung, diabetes, Alzheimer dan berbagai jenis kanker. Kamu bisa mengonsumsi stroberi dengan membuatnya menjadi smoothie atau memasukkannya ke dalam salad.

6. Semangka

Semangka memiliki kandungan air sebanyak 92%. Dalam 154 gram semangka mengandung lebih dari 118 ml air.

Semangka juga memiliki beberapa serat dan nutrisi penting, termasuk vitamin C, vitamin A, magnesium dan kaya akan antioksidan kuat, termasuk lycopene.

Senyawa ini telah dipelajari karena kemampuannya untuk mengurangi kerusakan oksidatif pada sel, yang telah dikaitkan dengan penyakit seperti penyakit jantung dan diabetes.

Semangka adalah buah yang menghidrasi dan padat nutrisi yang dapat memberikan beberapa manfaat kesehatan, termasuk penurunan risiko penyakit kronis.

Buah ini cocok bagi kamu yang sedang diet karena rendah kalori atau hanya memiliki 46 kalori per porsinya.

Kandungan airnya yang tinggi berarti bahwa sebagian besar semangka mengandung sangat sedikit kalori. Makanan dengan kepadatan kalori rendah telah terbukti membantu menurunkan berat badan dengan mengurangi nafsu makan.[]

Baca Juga:

Berita terkait
Tips Menjaga Kesehatan Tiroid Secara Alami
Tiroid adalah kelenjar berbentuk kupu-kupu, organ kecil, terletak di depan leher, tampak membungkus tenggorokan (trakea).
Tips Konsumsi Daging Merah Tetap Sehat
Beberapa pihak masih memperdebatkan tentang konsumsi daging merah yang diduga memiliki sejumlah masalah kesehatan ketimbang manfaatnya.
Tips Menjaga Kesehatan dengan Mengatur Jam Tidur
Mengatur jam tidur dan bangun yang teratur dapat meningkatkan produktivitas yang lebih baik di sekolah atau di tempat kerja.
0
Daftar 5 Asupan yang Membuat Tubuh Tetap Terhidrasi
Hidrasi atau pemenuhan kebutuhan cairan tubuh menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan. Kekurangan cairan sulit untuk berkonsentrasi.