12 Makanan Kaya Vitamin A Terbaik untuk Kesehatan

Kekurangan vitamin A yang parah menyebabkan peningkatan risiko infeksi tenggorokan, penglihatan buruk, bahkan keguguran.
Ilustrasi. (Foto: Tagar/iStock)

Jakarta - Vitamin A penting untuk kesehatan mata dan kulit yang sehat serta membantu melawan infeksi. Sumber vitamin A yang sangat baik adalah hati hewan. Jumlah asupan vitamin A harian yang direkomendasikan pada pria dewasa adalah 0,7 mg dan 0,6 mg untuk wanita.

Kekurangan vitamin A terjadi ketika jumlah vitamin A dalam makanan Anda tidak mencukupi. Faktor lainnya adalah asupan alkohol berlebihan yang berkepanjangan, pola makan vegan yang ketat, penyakit Crohn, antara lain. Ini dapat menyebabkan berkembangnya masalah dengan penglihatan dan kurang mampu melawan infeksi.

Meskipun kekurangan vitamin A yang ringan mungkin tidak memiliki gejala, hal itu dapat menyebabkan kelelahan. Kekurangan vitamin A yang parah menyebabkan peningkatan risiko infeksi tenggorokan dan dada, infertilitas, keguguran, penglihatan yang buruk dan kulit kering.

Dilansir dari Boldsky, inilah daftar 12 makanan kaya vitamin A terbaik untuk mengatasi kekurangan vitamin A pada tubuh.


1. Ikan

Dapatkan dosis harian vitamin A Anda dari ikan. Memasukkan ikan dalam makanan Anda dapat membawa Anda menuju kesehatan yang jauh lebih baik untuk kedepannya. Ikan seperti salmon kaya akan vitamin A dan mengonsumsinya akan meningkatkan asupan vitamin A. Jika Anda tidak bisa makan ikan, Anda bisa menggunakan suplemen minyak ikan. Minyak hati ikan kod akan memenuhi kebutuhan vitamin A harian Anda.


2. Tomat

Tomat biasanya digunakan dalam masakan India dan merupakan salah satu sumber antioksidan dan vitamin terbaik. Lycopene yang ada dalam tomat dilaporkan dapat mengontrol pertumbuhan sel kanker dan juga akan meningkatkan asupan vitamin A. Satu tomat bisa memberi Anda 20 persen vitamin A. Anda bisa menambahkan tomat dalam salad atau masakan.


3. Paprika Merah

Warna merah cerah pada paprika merah juga menjadi salah satu alasan mengapa dianggap baik untuk kesehatan. Itu dikemas dengan karotenoid dan memiliki sifat antioksidan. Masukkan paprika ke dalam salad Anda atau padukan dengan sayuran lain di tumis.


4. Susu

Segelas susu tidak hanya merupakan sumber kalsium terbaik, tetapi juga mengandung vitamin seperti A dan D dan magnesium. Pilih susu murni daripada susu skim karena lebih enak dan memiliki nilai gizi lebih. Susu murni juga mengandung lemak yang dapat dikonsumsi dalam jumlah sedang.


5. Herbal

Jika Anda suka menghiasi hidangan Anda dengan peterseli dan ketumbar di hampir semua makanan yang Anda makan, maka Anda sangat membantu. Selain memberi rasa pada hidangan, herba mengandung vitamin A. Basil, ketumbar, dan timi adalah beberapa herba yang dapat Anda tambahkan ke dalam makanan untuk mendapatkan dosis vitamin A.


6. Hati Hewan

Hati ayam atau kambing mengandung vitamin A. Jika diminum dalam jumlah kecil, dikatakan baik untuk kesehatan Anda. Hati ayam kaya akan protein dan folat yang penting untuk kesuburan. Hati kambing juga memiliki sejumlah kecil mineral seperti tembaga, seng, fosfor dan selenium dan juga mengandung sejumlah besar protein berkualitas tinggi.


7. Labu

Labu adalah sumber nutrisi dan rasanya manis saat dimakan. 100 gram labu memberi Anda 170 persen dari kebutuhan vitamin A harian. Anda bisa mengonsumsi labu kuning dalam bentuk sup, pie, snack, atau bahkan mencampurkannya dengan sayuran lain.


8. Sawi Hijau (Sarson Ka Saag) 

Sayuran sawi banyak dikonsumsi di India, terutama di utara. Daun hijaunya yang pedas dan beraroma memiliki kandungan nutrisi yang paling maksimal dibandingkan dengan sayuran berdaun hijau lainnya. Daun mustard akan memberi Anda 118 persen dari kebutuhan harian vitamin A.


9. Kentang Manis

Rasanya enak, manis dan bergizi tinggi. Satu ubi jalar akan memberikan 438 persen dari kebutuhan harian vitamin A. Coba gunakan dalam sup dan salad.


10. Wortel

Wortel paling kaya kandungan vitamin A. Satu cangkir wortel cincang mengandung 334 persen dari kebutuhan vitamin A harian Anda. Sayuran ini digunakan dalam kari dan hidangan manis. Tapi, cara terbaik makan wortel untuk mendapatkan nutrisi yang terbaik adalah dengan memakannya mentah atau sebagai jus.


11. Mangga

Mangga adalah buah yang paling disukai selama musim panas karena memiliki rasa manis dan bisa ditambahkan ke hidangan utama atau makanan penutup. Mangga dikemas dengan nutrisi penting. Satu cangkir mangga akan memberi Anda 36 persen dari jumlah vitamin A yang dibutuhkan harian.


12. Pepaya

Pepaya kaya akan mineral, enzim, vitamin, dan antioksidan. Satu cangkir pepaya dapat memberi Anda 29 persen dari kebutuhan harian vitamin A. Anda dapat mengonsumsi pepaya dengan berbagai cara, baik mentah, salad, atau smoothie. []


Baca Juga :

Cegah Osteoporosis, 5 Vitamin untuk Tulang dan Otot

7 Vitamin untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Konsumsi Vitamin C Berlebihan. Ini Resikonya

Lima Vitamin Ampuh Tingkatkan Daya Tahan Tubuh









Berita terkait
Makanan Kaya Vitamin E Terbaik untuk Wanita Hamil
Tunjangan harian yang dianjurkan (AKG) vitamin E untuk ibu hamil adalah 770 mikrogram/hari.
Vitamin C Alami untuk Imunitas Hadapi Covid-19
Menjaga imunitas tubuh saat pandemi salah satunya dengan mengonsumsi vitamin C, baik suplemen ataupun vitamin C alami.
Mengenal 7 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin C
Ada beberapa jenis buah yang mengandung vitamin C yang memiliki manfaat bagi tubuh selain jeruk. Berikut ulasannya.
0
5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Hunian di Sentul
Selain Bekasi dan Tangerang Selatan, Bogor menjadi kota incaran para pemburu hunian di sekitar Jakarta. Simak 5 hal ini yang perlu diperhatikan.