UNTUK INDONESIA
12 Makanan Penguat Stamina Tubuh Selama Berpuasa
Selama menjalani puasa di bulan suci Ramadan, sebaiknya umat Muslim mulai memperhatikan makanan sehat untuk menguatkan stamina tubuh.
Madu. (Foto: Pixabay/fancycrave1)

Jakarta - Selama menjalani puasa di bulan suci Ramadan, sebaiknya umat Muslim mulai memperhatikan makanan sehat dan bergizi untuk menguatkan stamina tubuh. Sehingga, puasa dapat berjalan dengan baik. 

Dalam membangun stamina yang kuat, tubuh harus memiliki energi yang cukup. Salah satu sumber energi berasal dari asupan makanan bergizi. Selama waktu sahur, asupan energi perlu diperhatikan. Jadi, upayakan mengonsumsi makanan bergizi dan tepat agar stamina tetap kuat dan tubuh berenergi ketika menjalani puasa.

Berikut beberapa pilihan makanan yang mampu memperkuat stamina tubuh selama berpuasa, sebagaimana dirangkum Tagar dari berbagai sumber, Selasa, 28 April 2020.

1. Kurma

KurmaKurma. (Foto: Pixabay/EmAji )

Kurma identik dengan bulan puasa. Maka, bukan hal mengherankan jika buah ini banyak beredar selama bulan Ramadan

Selain itu, kurma ternyata juga bermanfaat meningkatkan energi tubuh. Sebab, kandungan nutrisi seperti karbohidrat protein, lemak, serat, dan berbagai vitamin serta mineral yang ada di dalam kurma dapat meningkatkan stamina tubuh. 

Makanan ini sangat cocok dikonsumsi saat sahur dan berbuka agar tubuh tidak lemas ketika menjalani puasa. 

2. Apel

ApelApel. (Foto: Pixabay/pasja1000)

Buah ini kaya akan antioksidan, serat, zat besi, vitamin dan mineral. Apel dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mendetoksifikasi hati, mengendalikan berat badan, dan menjaga kesehatan jantung. Bahkan, seratnya yang mudah larut bisa membuat penikmatnya merasa kenyang lebih lama. 

3. Pisang

PisangPisang. (Foto: Pixabay/jgzelaya)


Karbohidrat, serat, kalium, dan fruktosa yang dimiliki buah pisang mampu memberikan energi instan dan meningkatkan stamina. Buah ini memicu pelepasan dopamin yang mendukung Anda untuk tetap fokus dan konsentrasi.

Selama bulan puasa, Anda disarankan untuk mengonsumsi pisang agar tubuh tetap berenergi karena buah yang satu ini memiliki banyak vitamin dan mineral. 

4. Jagung

JagungJagung. (Foto: Pixabay/furbymama)

Jagung kaya akan vitamin, mineral, antioksidan, dan nutrisi lainnya. Bahkan, buah ini menyediakan kalori yang sehat untuk metabolisme. Tak hanya itu, jagung juga mengandung glikogen yang siap untuk diubah dalam tubuh menjadi energi.

5. Kentang

KentangKentang. (Foto: Pixabay/HolgersFotografie)

Satu dari banyak jenis makanan yang menghasilkan banyak energi adalah kentang. Kandungan karbohidrat di dalam kentang cukup banyak, sehingga jika dikonsumsi akan memberikan banyak energi bagi tubuh. 

Mengonsumsi kentang juga bisa menjaga asupan protein dan menjadi cadangan energi.

6. Kacang Almond

Kacang AlmondKacang Almond. (Foto: Pixabay/stevepb)

Kacang almond dianggap sebagai makanan yang sehat di dunia. Kacang ini kaya akan vitamin E dan asam lemak Omega-3. Asam lemak tersebut menjadi sumber energi yang sangat baik dan tidak menumpuk dalam tubuh.

Selain itu, kandungan protein dan lemak yang cukup tinggi di dalam kacang almond akan memberikan energi. Lemak yang dikandung oleh kacang almond termasuk lemak tidak jenuh, sehingga baik untuk kesehatan.

7. Madu

MaduMadu. (Foto: Pixabay/fancycrave1)

Madu bermanfaat menghasilkan energi. Hal ini lantaran kandungan gizi terbanyak madu yaitu karbohidrat. Seperti diketahui karbohidrat adalah sumber tenaga.

Selain itu, madu juga mengandung vitamin, mineral, dan enzim. Dari kandungan nutrisi yang dimilikinya tersebut, Anda yang sedang berpuasa disarankan untuk konsumsi madu karena dapat meningkatkan imunitas tubuh. 

Kemudian, ada juga manfaat lain dari madu yang menunjang aktivitas ibadah di bulan suci Ramadhan. Madu bisa meningkatkan jumlah sel darah merah dan hemoglobin, sehingga tubuh tidak mudah lemas.

8. Roti Gandum

Roti GandumRoti Gandum. (Foto: Pixabay/manfredrichter)

Terkadang, roti kerap dijadikan camilan atau menu selingan. Biasanya, makanan ini disantap pada pagi hari atau di waktu sarapan.

Namun, banyak yang tidak menyadari jika roti bisa menjadi makanan penambah energi saat puasa, terutama roti gandum utuh.

Roti gandum utuh mampu membuat perut tetap kenyang. Pasalnya, gandum adalah salah satu jenis serealia yang mengandung banyak karbohidrat dan lama dipecah, sehingga bisa mempertahankan rasa kenyang.

9. Susu

SusuIlustrasi Susu Rendah Lemak. (Foto: Pixabay/Couleur)

Selain bermanfaat bagi kesehatan tulang, susu juga bisa menambah energi bagi tubuh. Jenis susu yang cocok dikonsumsi saat puasa adalah susu sapi.

Susu sapi mengandung tinggi protein, lemak, dan kalsium. Tingginya protein dan lemak pada susu sapi akan meningkatkan energi tubuh. Selain itu, susu kambing, susu almond, dan susu kedelai bisa dikonsumsi saat berpuasa sebagai penguat stamina.  Namun, jangan mengonsumsi susu setelah makan berat.

10. Keju

KejuKeju. (Foto: Pixabay/analogicus)

Keju merupakan produk turunan susu yang memiliki rasa lezat dan bisa menjadi makanan penambah energi saat puasa. Kandungan lemak dan protein di dalamnya cukup banyak.

Keju juga dapat dikonsumsi bersama makanan penambah energi lainnya seperti roti gandum atau kentang goreng.

11. Putih Telur

Ilustrasi Putih TelurIlustrasi Putih Telur. (Foto: surabayapagi.com)
Selama bulan puasa, putih telur cocok dijadikan referensi untuk menambah energi tubuh. Sebab, kandungan proteinnya bisa menjadi cadangan energi ketika dibutuhkan. Sebaiknya, konsumsi 2 putih telur dalam satu hari selama bulan puasa agar dapat merasakan manfaatnya yang luar biasa.

12. Daging

Daging SapiIlustrasi Daging Sapi. (Foto: Pixabay/PDPhotos)

Daging merupakan lauk hewani yang memiliki kontribusi terhadap energi karena kandungan nutrisi di dalamnya cukup banyak. Ada beragam jenis daging yang dapat disantap selama bulan Ramadan yaitu, daging sapi, daging kambing, atau daging ayam bagian dada yang banyak proteinnya. []

Baca juga:

Berita terkait
Makanan Terlarang Penderita Sakit Maag Selama Puasa
Para ahli kesehatan mengingatkan penderita maag kronis tidak menyantap makanan yang terlalu asam dan pedas saat berbuka puasa dan sahur.
Lima Makanan Lezat Identik dengan Bulan Puasa
Ada beberapa makanan yang identik dengan bulan puasa atau Ramadan. Makanan tersebut juga tidak asing lagi di tengah masyarakat.
Makanan yang Harus Dihindari Selama Puasa
Ada sederet makanan dan minuman yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat puasa. Berikut ulasannya.
0
Pengakuan Menantu Bunuh Sadis Mertua‎ di Pemalang
Pembunuhan menantu terhadap mertua di Pemalang terungkap jelas. Sang menantu akhirnya membeber penyebab ia menggorok leher mertuanya.